Cara Mengetahui MAC Address di Android Paling Mudah

Cara Mengetahui MAC Address di Android – Bisa dipastikan hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perangkat smartphone android. Smartphone sendiri merupakan salah satu perangkat gadget yang cukup banyak diminati sekarang ini. Pengoperasiannya yang mudah, membuat HP android bisa digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa, mereka banyak yang sudah memiliki HP android. Ditambah lagi dengan segala kecanggihan yang diusungnya, tentunya semakin menarik minat banyak orang untuk memilikinya.

Cara Mengetahui MAC Address di Android
Cara Mengetahui MAC Address di Android

HP android rasanya tidak terlalu berguna jika tidak dihubungkan dengan jaringan internet. Ya, karena sebagian besar aktivitas di android pasti memerlukan sambungan internet agar bisa berjalan dengan maksimal. Agar bisa terhubung ke internet, kita bisa menggunakan kuota seluler atau menggunakan jaringan wifi yang tersedia. Jaringan wifi ini sendiri biasanya tersedia secara gratis di tempat-tempat umum, seperti taman, warung kopi, lembaga atau instansi dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Berbicara mengenai jaringan wifi, sekarang kamu bisa melakukan pengaturan dan pengecekan jaringannya lewat HP android lho. Tidak perlu perangkat PC, HP android sudah dibekali beragam fitur canggih yang fungsinya hampir setara dengan perangkat PC. Untuk hal pengaturan pengecekan jaringan di Wifi, kamu membutuhkan MAC Address di HP. Sayangnya tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengetahui MAC Address di android tersebut. Tenang saja, di bawah ini saya sudah merangkumkan langkah-langkahnya untuk kalian terapkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengetahui MAC Address di Android Paling Mudah

Cara Mengetahui MAC Address di HP Android
Cara Mengetahui MAC Address di HP Android

Bagi kalian yang masih belum tahu, MAC Address sendiri merupakan sekumpulan nomor unik yang umumnya digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan. MAC Address inilah yang akan menjadi identitas sebuah perangkat sehingga bisa dikenali oleh router. Jika sudah dikenali, maka nantinya perangkat tadi bisa terhubung ke internet. MAC Address pada setiap perangkat berbeda-beda pastinya. Karena kalau sama, router pasti akan kesulitan untuk mengenali perangkat yang ingin terhubung, dan akhirnya mengalami error.

Kembali ke pembahasan utama yakni cara mengetahui MAC Address di android, sebenarnya cara ini sangatlah mudah. Pasalnya, setiap perangkat HP android sudah dibekali fitur khusus untuk pengguna agar bisa melihat MAC Address dengan mudah dan cepat. Adapun cara melihat MAC Address di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek MAC Address dengan Kode USSD

Cara yang pertama untuk mengetahui MAC Address di HP android yakni dengan menggunakan kode dial atau USSD. Cara satu ini bisa dibilang yang paling mudah dan cepat untuk mengetahui MAC Address HP android. Cukup dengan mengetikkan kode rahasia di menu dial up, maka kamu bisa langsung mengetahuinya.

Untuk langkah-langkah melihat MAC Address di smartphone dengan kode dial selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau dial up. 
  • Pada kolom yang tersedia kamu ketik kode dial *#*#232338#*#* atau ##29889##  lalu klik dial.
  • Nantinya akan muncul halaman baru di layar yang berisi informasi mengenai MAC Address di HP androidmu.
  • Catat nomor tersebut dan gunakan untuk keperluan pengaturan dan pengecekan jaringan di Wifi.
  • Selesai.

Cara satu ini memang terbilang mudah, tapi sayangnya kode tersebut mungkin hanya bisa digunakan pada beberapa jenis atau tipe HP saja. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada alternatif lain untuk mengetahui MAC Address di HP android.

2. Cek MAC Address Lewat Menu Pengaturan

Jika cara di atas ternyata tidak berhasil dilakukan di HP androidmu, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Tenang saja, cara ini bisa dilakukan di semua perangkat HP android. Pasalnya, di sini kamu bisa melakukan pengecekan nomor MAC Address langsung melalui menu Pengaturan atau Setelan di HP android. Meski demikian, mungkin langkah-langkahnya agak berbeda untuk satu perangkat HP dengan yang lainnya. Karena setiap brand punya tata letak tersendiri untuk opsi di Pengaturannya.

Adapun langkah-langkah melihat MAC Address melalui menu Pengaturan selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Scroll ke bawah dan pilih opsi Tentang Ponsel atau About Phone / About System.
  • Pada halaman Tentang Ponsel kamu akan melihat banyak sekali menu yang berisi tentang informasi mengenai HP androidmu. Sekarang kamu klik opsi Status untuk melanjutkan.
  • Di halaman ini kamu bisa langsung mengetahui MAC Address android. Letaknya pada bagian Alamat Wi-fi MAC, di mana terdiri dari beberapa angka dan huruf yang unik.
  • Selesai.

3. Cek MAC Address Lewat Pengaturan Wifi

Cara mengetahui MAC Address di android selanjutnya bisa dilakukan melalui pengaturan jaringan Wifi di perangkat HP. Cara satu ini sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya. Akan tetapi, cara cek MAC Address lewat pengaturan Wifi ini mungkin hanya work di beberapa perangkat HP saja. HP keluaran terbaru mungkin sudah tidak memberikan fitur yang menampilkan MAC Address di pengaturan Wifi.

Adapun langkah-langkah melihat MAC Address di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pangaturan di HP android.
  • Selanjutnya klik pada opsi Koneksi, lalu pilih opsi Wi-Fi.
  • Atau langkah cepatnya bisa dengan menekan dan tahan pada icon Wifi yang ada di status bar HP.
  • Pada halaman pengaturan Wifi, sekarang kamu klik pada jaringan Wifi yang terhubung di perangkat HP androidmu.
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Pengaturan Lanjutan atau Tingkat Lanjutan. Di sana kamu bisa langsung melihat MAC Address dengan mudah.
  • Selesai.

4. Cek MAC Address dengan Aplikasi

Selain cara di atas, kamu juga memungkinkan melihat MAC Address di HP android menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang memudahkan kamu mengetahui informasi mengenai jaringan Wifi yang terhubung di perangkat HP androidmu. Di dalamnya juga terdapat informasi mengenai MAC Address jaringan Wifi tersebut.

Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk mengetahui MAC Address yakni What’s My MAC Address. Cukup kamu install aplikasi tersebut dan hubungkan perangkat ke sebuah jaringan Wifi. Sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut dan secara otomatis aplikasi akan menampilkan informasi seputar jaringan Wifi tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengetahui MAC Address di android yang paling simple dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?