Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Telkomsel Finder

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang – Dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya hingga sekarang ini. Berbagai teknologi terbaru dihadirkan, pastinya tujuannya untuk memudahkan aktivitas harian pengguna. Salah satu perangkat teknologi yang bisa dibilang paling canggih sekarang ini yakni smartphone. Smartphone ini sendiri sepertinya sudah menjadi perangkat yang paling dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat modern. Buktinya hampir semua pengguna tidak bisa lepas dari penggunaan HP pintar tersebut.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang

Berbicara mengenai smartphone, khususnya smartphone android sekarang ini sudah dibekali dengan banyak fitur canggih. Ini berkat inovasi dari berbagai brand atau vendor yang menyematkannya pada produk smartphone. Salah satu fitur canggih dari HP android khususnya yakni memungkinkan untuk melacak lokasi seseorang. Kita bisa dengan mudah mengetahui lokasi di mana seseorang yang kita lacak berada. Caranya bahkan tidaklah sulit, pemula pun bisa melakukannya dengan mudah.

Baca Juga:

Untuk melacak keberadaan seseorang dengan HP android, kita masih membutuhkan bantuan alat khusus. Alat yang dimaksud tersebut yakni Telkomsel Finder yang merupakan salah satu layanan terbaik dari Telkomsel. Layanan ini sendiri diklaim mampu mengetahui keberadaan seseorang dengan cepat dan akurat. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini cara mengetahui lokasi seseorang lewat Telkomsel Finder yang bisa kamu terapkan.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Telkomsel Finder

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Telkomsel Finder
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Telkomsel Finder

Sesuai dengan namanya, Telkomsel Finder memang dihadirkan khusus oleh Telkomsel untuk memudahkan pelacakan lokasi seseorang. Layanan ini sendiri mampu melacak lokasi seseorang dengan sangat akurat. Setidaknya ada 4 metode pelacakan yang disediakan di dalam Telkomsel Finder tersebut, yakni lcak melalui SMS, dial number, aplikasi dan situs resmi.

Adapun cara melacak lokasi seseorang dengan Telkomsel Finder selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cara Menggunakan Telkomsel Finder Via SMS

Cara yang paling mudah untuk mengetahui lokasi seseorang dengan Telkomsel Finder yakni melalui layanan SMS. Di sini kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format tertentu untuk dikirimkan ke pusat Telkomsel. Nantinya mereka akan memberi balasan yang berisi informasi lokasi seseorang yang kamu lacak.

Mengenai cara menggunakan Telkomsel Finder melalui layanan SMS selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu SMS di HP androidmu.
  • Kalau sudah, sekarang klik tombol untuk mengirimkan pesan baru.
  • Pada kolom nomor tujuan, kamu isi dengan nomor 2500.
  • Sementara untuk bagian kolom isi SMS, kamu isi dengan format TEMAN (spasi) nama teman (spasi) nomor telepon teman.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim SMS.
  • Dan kamu tinggal menunggu SMS balasan dari pihak Telkomsel Finder.
  • Selesai.

2. Cara Menggunakan Telkomsel Finder Via Dial Up

Selain melacak lokasi seseorang melalui SMS, kamu juga bisa mengakses layanan Telkomsel Finder melalui dial up. Caranya juga sama mudahnya, kamu hanya perlu memasukkan kode dial untuk mulai melakukan pelacakan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial atau Panggilan di HP androidmu.
  • Setelah itu, ketik kode dial *250# untuk mulai melakukan pelacakan dengan Telkomsel Finder.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Panggil.
  • Nantinya di layar akan ditampilkan opsi untuk kelanjutan dari langkah pelacakan dengan Telkomsel Finder. Kamu tinggal ikuti instruksi yang ditampilkan di layar HP hingga kamu berhasil mengetahui keberadaan seseorang yang kamu cari.
  • Selesail.

3. Cara Menggunakan Telkomsel Finder Via Aplikasi

Telkomsel selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik untuk para penggunanya, termasuk dalam urusan melacak keberadaan seseorang. Telkomsel Finder yang merupakan layanan dari Telkomsel juga memungkinkan diakses melalui aplikasi MyTelkomsel. Pastinya kamu perlu menginstall aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu agar bisa melakukan cara ini.

Adapun cara melacak lokasi pengguna Telkomsel dengan Telkomsel Finder lewat MyTelkomsel, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store. Tenang saja, aplikasi ini gratis untuk semua pengguna setia Telkomsel.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut. Beri persetujuan jika aplikasi meminta izin akses.
  • Selanjutnya kamu login ke akun MyTelkomsel dengan menggunakan nomor Telkomsel yang kamu miliki.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman dasboard aplikasi, sekarang waktunya untuk melakukan pelacakan.
  • Selanjutnya kamu cari layanan Telkomsel Finder di dalam aplikasi MyTelkomsel tersebut.
  • Nantinya kamu bisa langsung melakukan pelacakan lokasi seseorang melalui layanan Telkomsel Finder di aplikasi MyTelkomsel tadi.
  • Selesai.

4. Cara Menggunakan Telkomsel Finder Via Situs Resmi

Dan cara yang terakhir untuk mengakses Telkomsel Finder yakni melalui situs resmi Telkomsel. Situs resmi Telkomsel Finder dari Telkomsel ini sendiri diberi nama Ibs Telkomsel Finder. Sebenarnya situs ini sudah ada sejak lama, namun memang tidak banyak pengguna Telkomsel yang mengetahuinya.

Untuk cara satu ini bisa kamu lakukan di perangkat apapun, baik itu perangkat HP android ataupun PC. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu.
  • Kemudian kunjungi situs Ibs Telkomsel Finder melalui link ini >> http://lbs.telkomsel.com/telkomselfinder
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk mulai melakukan pelacakan.
  • Tinggal kamu ikuti saja instruksi yang diberikan oleh situs dalam melakukan pelacakan lokasi seseorang.
  • Selesai.

Sudah melakukan semua cara mengetahui lokasi seseorang lewat Telkomsel Finder di atas? Bagaimana hasilnya? Saat saya mencoba menerapkan cara di atas satu per satu, ternyata langkah tersebut tidak membuahkan hasil sama sekali. Fitur Telkomsel Finder sudah tidak bisa diakses lagi dengan 4 metode di atas.

Mungkin saja layanan Telkomsel Finder sudah dinonaktifkan oleh Telkomsel dengan alasan tertentu. Mungkin juga penonaktifan layanan tersebut hanya bersifat sementara atau justru selamanya tidak bisa diakses. Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan langkah yang diambil oleh Telkomsel.

Penutup

Itulah tadi cara mengetahui lokasi seseorang dengan menggunakan layanan Telkomsel Finder. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?