Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android – Internet sudah menjadi salah satu bagian terpenting di kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Internet ini sendiri mampu memberikan banyak sekali kemudahan bagi pengguna. Tidak hanya bagi pengguna smartphone, tapi juga pengguna perangkat lain. Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah kebutuhan internet pada smartphone android.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android
Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android

Seperti yang kita tahu, dengan internet kita bisa melalukan banyak hal. Mulai dari mencari informasi, untuk urusan bisnis online (jual beli online), atau bahkan hanya sekedar bermain game. Lain dari itu semua, internet justru tidak memberikan kemudahan selama koneksinya yang lelet. Hal seperti ini tidak hanya membuat geram pengguna, segala sesuatu juga bisa jadi berantakan.

Baca Juga:

Langsung ke intinya, pada artikel kali saya akan memberikan informasi penting mengenai kecepatan internet. Bukan cara mempercepat koneksi internet atau semacamnya, melainkan cara mengetahui kecepatan internet di android. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui, agar nanti lebih mudah saat membandingkan satu kartu provider dengan yang lainnya. Atau juga bisa dijadikan acuan untuk keperluan lainnya.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android Semua Merek

Umumnya setiap merek HP android menyediakan fitur khusus yang memungkinkan kamu mengetahui kecepatan koneksi internet. Biasanya kecepatan internet di sebuah android akan ditampilkan dalam satuan Kbps atau Mbps. Tapi demikian, cara mengetahui kecepatan internet di android tidak sama untuk setiap merek HP. Ada pula beberapa HP yang tidak dibekali fitu tersebut. Biasanya kamu butuh menginstall aplikasi cek kecepatan internet khusus yang bisa didapatkan melalui Google Play Store.

Cara mengetahui kecepatan internet di Xiaomi secara real time

Yang pertama adalah cara mengetahui kecepatan internet secara real time di HP Xiaomi. Xiaomi telah menyematkan fitur khusus yang memungkinkan kamu menampilkan kecepatan internet di bagian status bar. Kecepatan internet yang ditampilkan tersebut akan dibuat dalam bentuk satuan K/s. “K” disini berarti kilobyte, sementara untuk “s” adalah second atau detik. Jika di status bar smartphone-mu tertulis 1000 K/s, itu berarti kecepatan internetnya sama dengan 1MB per detik.

Untuk langkah-langkah menampilkan presentase kecepatan internet di status bar Xiaomi, silahkan lihat di bawah ini:

  1. Pertama  kamu masuk ke menu “Setelan / Setting”.
  2. Setelah itu, klik pada opsi “Notification & Status Bar”.
  3. Pada tampilan selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan tampilan kecepatan internet pada opsi “Show Internet Speed”. Lakukan geser ke arah kanan pada ikon bundar.
  4. Selesai, dibadian status bar akan langsung muncul presetase kecepatan internet secara real time.

Meski cukup memudahkan kamu mengetahui kecepatan internet HP, tapi cara ini ternyata punya sedikit kekurangan. Kekurangannya adalah tampilan status bar yang kurang rapi, agak boros daya baterai, dan sedikit menyebabkan HP cepat panas.

Cara mengetahui kecepatan internet di HP Oppo

Sama seperti Xiaomi, Oppo juga menyedikan fitur khusus yang bisa menampilkan kecepatan internet secara real time. Kecepatan internet android akan ditampilkan di bagian status bar. Kecepatan internet tersebut nantinya juga akan ditampilkan dalam satuan KB/s atau K/s. Untuk cara mengetahui kecepatan internet di android Oppo, bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Pertama kamu masuk ke menu “Pengaturan / Setting”.
  2. Setelah itu, klik pada opsi “Notification & Status Bar”.
  3. Baru setelah itu tampilkan kecepatan internet di status bar dengan cara aktifkan opsi “Display real-time network speed”.
  4. Selesai, kecepatan internet android sudah tampil di status bar.

Cara mengetahui kecepatan internet di HP Lenovo

Tidak jauh berbeda dengan cara mengetahui kecepatan internet di android sebelumnya, disini kamu juga bisa menampilkannya di bagian status bar. Tapi pada HP Lenovo tampilan speed network di status bar-nya terlihat lebih rapi. Meskipun kekurangan dari penggunaanya masih sama. Untuk langkah-langkahnya simak di bawah ini:

  1. Pertama masuk ke menu “Pengaturan / Setting”.
  2. Setelah itu, klik pada opsi “Notification Center”.
  3. Lalu kemudian kamu pilih opsi “Icon Status Bar”.
  4. Baru tampilkan kecepatan android dengan mengaktifkan “Network Speed”. Kamu tinggal geser ke kanan untuk mengaktifkan.
  5. Selesai.

Cara mengetahui kecepatan internet di semua merek HP android

Untuk cara mengetahui kecepatan internet di android satu ini work untuk semua merek HP. Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk test speed network di HP android. Aplikasi tersebut diberi nama Network Speed – Monitoring yang dikembangkan oleh Evozi. Cara penggunaannya cukup gampang dan juga ringan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi Network Speed – Monitoring di HP androidmu.

2. Jalankan aplikasinya, pada tampilan pertama kamu bisa pilih “SKIP” atau lewati dengan cara swipe ke kanan. Selanjutnya klik pada tombol “Done” di pojok kanan bawah aplikasi.

3. Pada tampilan utama aplikasi nantinya akan ditampilkan kecepatan Download dan Uploud internet di androidmu. Selain itu, di bawahnya juga akan tertera kecepatan internet android pada saat ini. Di sampingnya ada tertera kecepatan internet paling tinggi dan juga jaringan yang sedang digunakan android.

4. Sampai disini sebenarnya kamu sudah bisa mengetahui kecepatan internet android secara real time. Namun untuk pengaturan tambahan, kamu bisa menuju ke menu setting dengan tap pada icon gear.

Penutup

Itulah tadi bagaimana cara mengetahui kecepatan internet di android semua merek paling mudah dan cepat. Kamu bisa mengetahui kecepatan internet android secara real-time. Baik dengan cara memanfaatkan fitur khusus di smartphone atau memanfaatkan aplikasi speed test network, itu sama saja. Jangan lupa share informasi ini ke akun sosial media kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.