Cara Mengetahui HP Sudah Di-root atau Belum

42
Cara Mengetahui HP Sudah Di-root
Cara Mengetahui HP Sudah Di-root

Cara Mengetahui HP Sudah Di-root – HP android hadir dengan segala kecanggihannya, membuatnya mampu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. HP android bisa digunakan untuk mengolah data kantoran, berkomunikasi, mengakses dan mencari informasi secara online, berjualan online, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak lain karena beberapa brand semakin gencar menghadirkan fitur canggih terbaru pada perangkat smartphone android besutannya. Meskipun demikian, harga banderol dari perangkat smartphone android tersebut masih bisa dibilang cukup terjangkau.

Cara Mengetahui HP Sudah Di-root
Cara Mengetahui HP Sudah Di-root

Daya tarik lain dari HP android dibandingkan jenis smartphone lainnya yakni soal kebebasan pengguna. Pengguna HP android memungkinkan untuk menginstall aplikasi apa saja di dalamnya, serta ada banyak jenis aplikasi yang disediakan khususnya di Google Playstore. Lebih lanjut, pengguna memungkinkan untuk melakukan oprek sistem android untuk mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone yang berbeda dari lainnya. Untuk melakukan oprek sistem android ini sendiri biasanya pengguna harus melakukan rooting terlebih dahulu pada perangkat smartphone androidnya tersebut.

Baca Juga:

Melakukan root HP android umumnya memang dilakukan untuk mendapat akses super atau akses penuh terhadap sistem android. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan modifikasi apa pun terhadap sistem dari android tersebut. Namun, tentu ada risiko yang menghantui jika HP android diroot. Salah satunya adalah sistem keamanan yang rentan sehingga mudah terkena virus, malware atau bahkan hack. Untuk itu, sebaiknya cek sekarang juga HP android Kamu apakah memang sudah diroot atau belum. Jika masih belum tahu, berikut cara mengetahui HP sudah di-root atau belum yang mudah dan akurat bisa diterapkan.

Cara Mengetahui HP Sudah Di-root atau Belum

Cara Mengetahui HP Sudah Diroot
Cara Mengetahui HP Sudah Diroot

Untuk mengecek HP sudah diroot atau belum setidaknya ada 2 metode yang bisa Kamu terapkan. Kedua metode tersebut cek HP root atau belum dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Metode ini tentunya sama mudahnya untuk diterapkan, bahkan bagi Kamu yang masih awam. Adapun cara mengetahui Hp sudah di-root atau belum yang akurat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek HP Sudah Di-root Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengetahui apakah HP android sudah diroot atau belum yakni dengan tanpa penggunaan aplikasi tambahan. Caranya sangat simpel, kamu hanya perlu melihat dan mengecek aplikasi yang terinstall di peragkat HP androidmu. Umumnya melakukan root HP android membutuhkan aplikasi tambahan, di mana ini bisa dijadikan indikator HP sudah diroot atau tidak.

Di sini kamu perlu tahu dulu beberapa aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan rooting HP android, di antaranya:

  • SuperSu
  • KingRoot
  • FramaRoot
  • iRoot
  • TowelRoot
  • Root Genius
  • Key Root Master
  • KingoRoot
  • Zenfone Root Kit
  • One Click Root
  • Dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengecek apakah di perangkat HP androidmu terpasang salah satu dari aplikasi di atas yang serupa lainnya. Jika benar ada, kemungkinan besar HP androidmu sudah diroot. Untuk mengecek aplikasi apa saja yang terinstall di perangkat HP android, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  3. Di sana kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang terinstall di perangkat HP androidmu.
  4. Selesai.

2. Cek HP sudah Di-root dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara di atas mungkin kurang efektif untuk mengetahui apakah pengguna sudah mendapatkan akses root atau belum pada perangkat smartphonenya. Kali ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan untuk lebih akurat mengetahui hal tersebut. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan dan fungsinya tersebut diklaim sangat akurat dalam menampilkan hasil pengecekan root HP.

Mengenai cara mengecek HP sudah diroot atau belum menggunakan aplikasi tambahan tersebut, yakni:

Cara 1. Menggunakan Aplikasi Root Checker

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Root Checker melalui Google Playstore.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Verify Root. Aplikasi akan melakukan pengecekan apakah perangkat HP androidmu sudah diroot atau tidak.
  4. Nantinya akan langsung muncul hasilnya di laman aplikasi tersebut. Jika HP sudah diroot, maka akan muncul tulisan “Congratulation! Root Access is properly installed on this device” dengan warna hijau. Sementara jika HP belum diroot, maka notifikasinya tertulis “Sorry! Root access is not properly installed on this device” dan berwarna merah.
  5. Selesai.

Cara 2. Menggunakan Aplikasi Root Check

  1. Langkah yang pertama kamu donwload dan install aplikasi Root Check di HP androidmu.
  2. Kalau sudah terpasang, selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut.
  3. Secara otomatis aplikasi akan melakukan scanning dan pengecekan apakah HP sudah memiliki akses root atau tidak.
  4. Jika sudah, pada tab Root kamu akan menemukan opsi Root Check Result di sana. Apabila HP sudah diroot, hasilnya akan tertulis “This (tipe HP) is Rooted”. Sementar jika tidak memiliki akses root atau belum diroot, maka tulisannya “This (tipe HP) is not Rooted”.
  5. Selesai.

Cara 3. Menggunakan Aplikasi Terminal Client

  1. Untuk cara ini kamu memerlukan perangkat PC atau laptop untuk melakukan pengecekannya. Pada perangkat PC atau laptop pastikan sudah terpasang Terminal ADB.
  2. Sekarang kamu install dulu aplikasi Terminal Client di perangkat HP android.
  3. Kemudian sambungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel data atau kabel USB. Lebih lanjut biasanya kamu perlu mengaktifkan USB Debugging di HP yang bisa dilakukan melalui menu Developer Option.
  4. Jika sudah berhasil terhubung dan terdeteksi oleh PC/laptop, sekarang jalankan Terminal ADB di perangkat PC atau laptop.
  5. Pada jendela terminal ADB tersebut, jika terdapat tanda # maka bisa dipastikan HP sudah diroot. Atau lebih jelasnya bisa kamu ketik perinta su lalu tekan Enter.
  6. Selesai.

Sebenarnya masih ada aplikasi lainnya yang juga berfungsi untuk mengetahui HP android sudah diroot atau belum. Yang pasti beberapa aplikasi pengecekan root tersebut gratis untuk digunakan di perangkat android. Sementara untuk akurasinya bisa dibilang hampir sama dan mudah untuk digunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengetahui HP sudah di-root atau belum yang mudah dan akurat bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Stop Motion Ringan di Android Terbaik
Artikel Selanjutnya7 Aplikasi untuk Mengubah Video ke MP3 Terbaik
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini