3 Cara Mengetahui HP Disadap Paling Akurat

Cara Mengetahui HP Disadap – HP android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Hampir bisa dipastikan semua orang punya yang namanya HP android. HP android juga bisa digunakan oleh semua umur, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Pasalnya mengoperasikannya sangat mudah dibandingkan perangkat teknologi lain seperti PC atau komputer.

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Pengguna android yang semakin banyak justru menjadi ladang empuk bagi hacker. Mereka melakukan penyadapan ke sebuah ponsel android dengan tujuan tertentu. Mulai dari untuk mencuri data pengguna, mengendalikan ponsel pengguna dan lain sebagainya. Selain hacker, terkadang para pasangan yang over protektif sering melakukan sadap HP milik pasangannya yang menurutnya bertujuan untuk melindungi si pasangan.

Baca Juga:

Lain dari itu, tetap saja langkah penyadapan HP bukanlah suatu tindakan yang dibenarkan. Selain merugikn, cara ini juga sering membuat pemilik HP merasa tidak nyaman akan tindakan tersebut. Apalgi jika sampai data-data penting di HP androidnya yang berhasil dicuri, tentu ini sudah menjadi salah satu tindakan kriminal. Sebelum hal tersebut terjadi, ketahui tanda-tanda HP disadap untuk melakukan pencegahan. Lantas, bagaimana cara mengetahui HP disadap oleh  hacker atau orang lain tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengetahui HP Disadap Paling Mudah dan Akurat

Cara Mengetahui HP Dihack
Cara Mengetahui HP Dihack

Untuk mengetahui HP kamu disadap bisa dengan beberapa cara, mulai dari melihat tanda-tanda disadap dengan aplikasi, melalui frekuensi telepon dan juga menggunakan kode dial. Adapun langkah-langkah selengkapnya, antara lain:

1. Cara Ketahui HP Disadap oleh Aplikasi Hacker

Ketika sebuah perangkat android disadap dengan sarana aplikasi tertentu, akan tampak tanda-tanda yang bisa kamu kenali dengan mudah. Adapun tanda-tanda HP android disadap oleh sebuah aplikasi hacker, di antaranya:

  • Baterai terkesan boros. Jika baterai HP sangat boros bahkan dalam penggunaan normal, kamu patut mencurigai kondisi tersebut. Bisa jadi borosnya HP disebabkan oleh HP yang disisipi aplikasi hacker. Aplikasi hacker akan terus berjalan dengan megirimkan semua informasi terbaru ke server aplikasi penyadap. Jadi, tidak heran baterai HP terus terkuras karena memang aplikasi yang terus berjalan.
  • Pulsa atau kuota internet cepat habis. Tanda-tanda HP disadap oleh aplikasi selanjutnya adalah pulsa operator yang sering terpotong dengan sendirinya. Atau juga kuota internet yang cepat habis tanpa diketahui sebabnya. Sama seperti sebelumnya, aplikasi penyadap membutuhkan koneksi internet untuk hal mengirimkan informasi ke server pusatnya.
  • HP cepat panas dan lemot. Masih karena sebab di atas, aplikasi yang terus berjalan dan mengirimkan informasi secara real-time membuat HP cepat panas meski tidak sedang digunakan. Selain itu, saat digunakan untuk aktivitas lainnya HP juga terasa sangat lemot.
  • Sering terputus saat digunakan untuk teleponan. Beberapa kasus HP yang disadap menggunakan aplikasi mengalami permasalahan saat digunakan untuk menelpon. Misalnya saja telepon sering terputus dengan sendirinya.
  • Terdapat suara aneh saat teleponan. Selain sering terputus, saat teleponan biasanya terdengar suara-suara aneh dan berisik seperti berada di dekat perangkat teknologi lain (televisi, radio, dll). Hal ini bisa terjadi karena HP yang disadap difungsikan sebagai receiver atau transmitter oleh si penyadap.

2. Cara Ketahui HP Disadap dengan Kode Dial

Selain tanda-tanda di atas, cara mengatahui HP disadap bisa juga dengan mengetesnya menggunakan kode dial khusus. Cara ini bisa dibilang paling mudah dan akurat dalam menentukan apakah HP tersebut disadap atau tidak. Adapun langkah-langkahnya mengetahuinya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Dial atau Panggilan di HP android.
  • Selanjutnya kamu ketikkan kode dial *#21# atau juga *#61# sebagai kode alternatifnya.
  • Klik tombol Panggil, maka nanti akan muncul halaman informasi seputar perangkat androidmu, seperti Voice, Data, FAKS, SMS, dan lain sebagainya.
  • Jika pada halaman informasi tersebut tertera tulisan Tidak diteruskan, itu berarti HP androidmu aman dari tangan hacker. Tetapi jika sebaliknya atau terdapat tulisan Diteruskan, bisa dipastikan HP androidmu sudah disadap atau dihack.

Lantas, bagaimana caranya agar HP terbebas dari hacker? Cukup mudah, ketik kode dial *#002# kemudian klik Panggil. Secara otomatis informasi yang diteruskan akan segera dihapus sehingga hacker tidak lagi mencuri informasi perangkatmu.

3. Cara Ketahui HP Disadap Melalui Frekuensi Telepon

HP yang disadap oleh orang lain juga bisa diketahui dengan mengenali tanda-tanda di frekuensi telepon. Tanda-tandanya tersebut hampir sama dengan tanda-tanda yang disebutkan pada poin pertama di atas. Adapun tanda-tanda HP disadap melalui frekuensi telepon, di antaranya:

  • Sering terputus saat digunakan teleponan. Saat melakukan panggilan ke suatu nomor tertentu, panggilan tersebut akan putus tiba-tiba dalam durasi waktu beberapa menit. Padahal koneksi atau sinyal di HP dalam keadaan stabil.
  • Suara seperti bergema. Selain sering terputus, biasanya juga suara yang diterima seperti bergema layaknya lawan bicara berada di lorong panjang.
  • Susah untuk tersambung saat melakukan panggilan. HP yang disadap melalui frekuensi telepon biasanya juga susah untuk melakukan suatu panggilan ke nomor tertentu.
  • Sering salah sambung. Tanda-tanda HP di sadap melalui frekuensi telepon berikutnya yakni panggilan sering dialihkan ke nomor lain, bukan nomor yang dituju sebelumnya.
  • SMS sering gangguan. Saat mengirim SMS, pesan biasanya lama terkirimnya. Terkadang juga pesan tersebut tidak terkirim sama sekali, padahal sinyal HP cukup bagus.
  • Terdapaat suara aneh dan bising saat menelfon. Hal ini juga sering dialami HP yang disadap, di mana suara di telepon terdengar aneh bahkan bising.

Penutup

Itulah tadi cara mengetahui HP disadap yang paling akurat bisa kamu terapkan. Jika mengalami beberapa tanda di atas, segera lakukan pencegahan agar hacker tidak lagi mengambil alih ponsel dan data penting kamu.