3 Cara Mengetahui Alamat IP HP Android Paling Mudah

Cara Mengetahui Alamat IP HP Android – Menurut beberapa orang mungira alamat IP atau IP Address hanya tersedia untuk perangkat PC atau laptop saja. Padahal tidak demikian, semua perangkat teknologi yang memungkinkan terhubung ke jaringan internet pasti memiliki alamat IP tersebut. Alamat IP ini sendiri merupakan sekumpulan angka yang menjadi identitas sebuah perangkat. Alamat IP untuk masing-masing perangkat pastinya berbeda-beda.

Cara Mengetahui Alamat IP HP Android
Cara Mengetahui Alamat IP HP Android

Mengetahui alamat IP sebuah perangkat HP khususnya, memang dibutuhkan oleh beberapa pengguna. Tujuannya cukup bervariasi, baik itu untuk melakukan diagnosis jaringan, mengecek lokasi perangkat, mencari informasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Alamat IP dari perangkat HP ini sendiri biasanya tidak ditampilkan secara langsung. Ada langkah-langkah khusus untuk bisa mengetahui IP Address atau alamat IP tersebut.

Baca Juga:

Untuk mengetahui alamat IP di PC atau laptop mungkin cukup mudah dilakukan. Tetapi, bagaimana untuk perangkat mobile atau HP android? Sama mudahnya kok, cukup dengan langkah-langkah sederhana kamu sudah bisa mengetahui alamat IP perangkat HP androidmu tersebut. Meski demikian, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengecek alamat IP di HP android tersebut. Jika juga salah satunya, berikut ini cara mengetahui alamat IP HP android yang bisa coba diterapkan.

Cara Mengetahui Alamat IP HP Android Paling Mudah

Cara Mengetahui Alamat IP Android
Cara Mengetahui Alamat IP Android

Cara mengecek alamat IP di HP android bisa dilakukan dengan beberapa metode. Setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu terapkan untuk cara ini. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Cek Alamat IP HP Android Lewat Pengaturan

Cara untuk mengetahui alamat IP HP android yang pertama bisa kamu lakukan melalui menu Pengaturan HP. Namun cara satu ini bukanlah untuk menunjukkan alamat IP HP itu sendiri, melainkan IP Wifi yang terhubung dengannya. Jadi, untuk menerapkan cara ini kamu perlu memastikan HP sudah terhubung ke jaringan Wifi.

Adapun langkah-langkah mengetahui alamat IP Wifi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Koneksi.
  • Pada halaman tersebut, selanjutnya kamu pilih opsi Wifi.
  • Di sini kamu akan melihat jaringan Wifi yang tersedia. Selanjutnya kamu klik jaringan wifi yang terhubung di perangkat HP androidmu.
  • Di sana akan langsung terlihat IP Address Wifi untuk HP androidmu tersebut.
  • Selesai.

2. Cek Alamat IP HP Android Lewat Situs

Jika yang kamu butuhkan adalah alamat IP asli dari HP androidmu, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kamu akan mengunjungi situs khusus yang menyediakan layanan untuk cek alamat IP sebuah perangkat, termasuk perangkat HP android. Ada beberapa situs untuk mengecek alamat IP yang bisa kamu pilih dan kunjungi. Salah satunya yakni situs bernama LocallHost.

Melalui situs tersebut kamu akan langsung melihat alamat IP atau IP Address perangkat HP androidmu. Mengenai langkah-langkahnya sendiri sangatlah mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi browser di HP androidmu. Bisa browser apapun, tapi yang paling direkomedasikan yakni Google Chrome.
  • Buka halaman pencarian baru di browser tersebut.
  • Pada kolom Search, kamu ketik alamat situs LocallHost, atau lebih mudah dengan klik LINK INI.
  • Tunggu sebentar sampai halaman situs ditampilkan di browser.
  • Secara otomatis kamu bisa mengetahui alamat IP HP androidmu di halaman tersebut.
  • Selesai.

Selain situs LocallHost, ada situs lain yang juga memungkinkan untuk kamu mengetahui IP Address HP dengan mudah dan praktis. Situs yang dimaksud tersebut yakni IPSaya. Untuk cara menggunakannya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi browser di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang kunjungi situs IPSaya dengan cara klik LINK INI.
  • Tunggu beberapa saat sampai situs menampilkan sesutu.
  • Kamu bisa langsung melihat alamat IP perangkat di bagian kolom IP Address. Selain itu, kamu juga bisa melihat informasi lain mengenai perangkat HP androidmu.
  • Selesai.

3. Cek Alamat IP HP Android dengan Aplikasi Tambahan

Dan cara mengetahui alamat IP HP android yang terakhir bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa jenis aplikasi yang memang memungkinkan untuk pengguna mengetahui alamat IP pada perangkat HP androidnya. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan bernama IP Tools: Wifi Analyzer.

Aplikasi satu ini punya fitur yang cukup lengkap untuk urusan pengecekan alamat IP perangkat HP android. Baik itu untuk mengecek alamat IP Wifi perangkat ataupun jaringan selulernya. Adapun langkah-langkah cek IP Address dengan aplikasi IP Tools selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install aplikasi IP Tools: Wifi Analyzer di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman aplikasi akan secara otomatis menampilkan informasi mengenai jaringan HP, termasuk juga alamat IP-nya. Alamat IP perangkat HP android tertera pada kolom IP Bawaan.
  • Selesai.

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi khusus yang dihadirkan untuk mempermudah mengecek alamat IP perangkat HP android. Masing-masing aplikasi punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan juga cukup beragam yang pastinya ditujukan untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi jaringan pada HP android.

Namun perlu kamu perhatikan, jangan sembarangan menginstall aplikasi pengecekana alamat IP perangkat HP. Apalagi kamu menginstallnya tidak dari Google Play Store, melainkan dari situs penyedia aplikasi lain. Hal ini akan mempebesar risiko HP terkena serangan virus atau malware.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengetahui IP Address HP android yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?