3 Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus – SMS merupakan salah satu cara lama untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh melalui pesan teks. Di era modern seperti sekarang ini SMS mungkin sudah tidak terlalu menjadi pilihan oleh sebagian besar orang. Kebanyakan dari mereka lebih memilih chattingan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp misalnya. Meski begitu, masih ada kok para pengguna yang memilih mengirim pesan dengan SMS untuk menghubungi orang yang jauh.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus
Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Berbicara mengenai SMS, terkadang kita tidak sengaja menghapus semua pesan yang ada di dalam HP. Atau bisa juga dengan sengaja menghapus SMS, namun ingin mengembalikannya kembali dengan alasan tertentu. Pertanyaannya, apakah bisa SMS yang sudah dihapus dikembalikan lagi seperti semula? Jawabannya tentu bisa, namun tidak semua orang tahu mengenai cara mengembalikan SMS yang telah dihapus tersebut.

Baca Juga:

Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan untuk kamu bagaimana cara mengembalikan SMS yang terhapus dengan mudah di HP android. Di sini kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk merestore SMS yang terhapus tersebut. Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

3 Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android

Untuk mengembalikan SMS yang sudah dihapus di android, selain menggunakan software khusus kita juga memerlukan perangkat PC. Pasalnya, software untuk mengembalikan SMS terhapus tersebut hanya bisa dijalankan melalui perangkat PC atau laptop. Adapun langkah-langkah mengembalikan pesan yang terhapus di HP android, sebagai berikut:

1. Mengunakan MyJad Android SMS Recovery

MyJad Android SMS Recovery
MyJad Android SMS Recovery

Cara untuk mengembalikan SMS yang terhapus pertama adalah dengan menggunakan software bernama MyJad Android SMS Recovery. Software PC satu ini memang diciptakan khusus sebagai alat restore SMS di HP android maupun iOS. Cara penggunaannya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi MyJad Android SMS Recovery di perangkat PC atau laptopmu. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Sekarang kamu tinggal menghubungkan HP android yang ingin dikembalikan SMS terhapusnya dengan menggunakan kabel data atau kabel USB. Namun sebelum menghubungkan HP ke PC atau laptop, pastikan kamu sudah mengaktifkan USB Debugging yang ada pada Developer Option.
  • Biasanya opsi Developer Option tidak aktif secara default, jadi kamu perlu diaktifkan secara manual. Caranya dengan masuk ke menu Settings >> About Phone >> ketuk opsi Build Number beberapa kali hingga muncul tulisan You Are Now Developer.
  • Setelah mode USB Debugging diaktifkan, nantinya software di PC akan mendeteksi HP android yang dihubungkan tersebut. Secara otomatis nantinya software akan melakukan scan HP android, tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Message, nantinya akan muncul history SMS yang sudah terhapus dari HP android. Sekarang kamu tinggal memberi centang pada SMS yang ingin kamu kembalikan atau restore.
  • Jika dirasa sudah cukup, langsung klik tombol Recover yang berada di pojok kanan bawah.
  • Secara otomatis SMS sudah berhasil dikembalikan.

2. Menggunakan Software Wondershare Dr.Fone

Wondershare Dr.Fone
Wondershare Dr.Fone

Selain software di atas, Wondershare Dr.Fone juga punya kemampuan untuk mengembalikan pesan SMS yang sudah dihapus dari HP android. Tidak hanya restore SMS saja, software PC satu ini juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan atau bahkan menemukan berbagai jenis file yang hilang/terhapus. Mulai dari file foto, video, dokumen dan jenis file lainnya.

Menariknya lagi, software Wondershare Dr.Fone sudah support dengan berbagai merk HP android yang ada saat ini. Mulai dari HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Nokia dan jenis HP android lainnya. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall software Wondershare Dr.Fone di perangkat PC atau laptopmu.
  • Sama seperti sebelumnya, kamu perlu mengaktifkan USB Debugging melalui Developer Option.
  • Sekarang jalankan software Wondershare Dr.Fone tersebut, kemudian hubungkan HP android dengan perangkat PC atau lapotop menggunakan kabel data. Nantinya PC atau laptop akan melakukan deteksi terhadap HP android tersebut.
  • Pada Hp android mungkin akan muncul notifikasi pop up, klik Allow untuk melanjutkan.
  • Pada wondershare Dr.Fone, kamu klik Next untuk mulai melakukan scanning pada perangkat HP android. Biasanya proses scanning ini akan membutuhkan waktu cukup lama karena software akan mencari file-file yang terhapus atau hilang secara keseluruhan.
  • Jika scanning sudah selesai, selanjutnya kamu masuk ke tab Messaging. Nanti di kolom list akan muncul daftar SMS yang sudah dihapus dari perangkat androidmu.
  • Sekarang kamu tinggal pilih SMS yang ingin direstore dengan cara memberi tanda centang. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Recover yang ada di sebelah kanan bawah tampilan.

3. Menggunakan Mobikin Doctor For Android

Mobikin Doctor For Android
Mobikin Doctor For Android

Cara mengembalikan SMS yang terhapus dari HP android yang terakhir adalah dengan menggunakan software bernama Mobikin Doctor For Android. Software satu ini tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan pesan saja, melainkan juga jenis file lain seperti foto, video, dokumen dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya Mobikin Doctor For Android termasuk software berbayar, yakni dibanderol seharga $49.95 atau sekitar Rp 700 ribuan. Sebelum membeli kamu juga bisa merasakan versi trialnya secara gratis. Adapun cara menggunakan Mobikin Docto For Android untuk mengembalikan pesan yang terhapus, sebagai berikut:

  • Pertama kamu unduh dan install Mobikin Doctor For Android di perangkat PC atau laptopmu.
  • Jalankan software tersebut, kemudian hubungkan HP android ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel USB. Sebelumnya kamu perlu mengaktifkan USB Debugging melalui Developer Option di HP android.
  • Tunggu hinga HP terdeteksi oleh software tersebut, kemudian lakukan scanning HP android.
  • Jika sudah selesai proses scanning, selanjutnya masuk ke tab Messages.
  • Beri centang pada pesan atau SMS yang ingin kamu kembalikan. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Recover yang ada di pojok bawah sebelah kanan.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengembalikan SMS di android yang sudah terhapus di atas? Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?