Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi – HP Xiaomi merupakan pilihan yang paling pas bagi kalian yang mencari smartphone murah namun dengan dukungan spesifikasi mumpuni. Sejak pertama kali kemunculannya brand Xiaomi memang langsung menggemparkan dunia smartphone android. Bagaimana tidak, mereka menjual smartphone android dengan harga di bawah rata-rata. Padahal, untuk dukungan spesifikasi yang disematkan di dalamnya terbilang cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang memuaskan.

Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi
Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi

Produksi dan penyebaran HP Xiaomi juga terbilang sangat cepat, khususnya di Indonesia. Meski begitu, ternyata banyak pula beredar HP Xiaomi tidak resmi sekarang ini. Di mana harga banderolnya jauh lebih murah dibandingkan yang sudah terdaftar secara resmi. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membelinya meskipun ini merupakan tindakan ilegal. Sayangnya, ada banyak masalah yang dirasakan pengguna yang terlanjur membeli HP Xiaomi BM atau Black Market. Salah satunya sinyal 4G yang hilang sehingga pengguna tidak bisa mengakses internet dengan cepat.

Baca Juga:

Xiaomi sebenarnya sedang gencar-gencarnya melakukan update MIUI untuk para pengguna setianya. Namun, dikarenakan suatu hal terkadang Xiaomi harus menghilangkan salah satu fitur di dalamnya. Mungkin karena hal inilah yang menyebabkan sinyal 4G di Xiaomi menghilang sesaat setelah update MIUI. Lantas, bagaimana cara mengembalikan sinyal 4G Xiaomi yang hilang setelah update MIUI tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengembalikan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Cara Memunculkan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang
Cara Memunculkan Sinyal 4G Xiaomi yang Hilang

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengembalikan sinyal 4G di HP Xiaomi yang hilang. Tidak sulit kok, bahkan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kendala. Adapun cara mengembalikan sinyal 4G Xiaomi yang hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Kode Dial

Cara yang pertama agar sinyal 4G di HP Xiaomi muncul lagi yakni dengan menggunakan kode dial khusus. Cara ini diklaim yang paling mudah, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu cabut SIM Card pada smartphone Xiaomi.
  • Sekarang buka menu Dial Up atau Panggilan di smartphone android.
  • Kemudian ketik kode dial *#*#4636#*#*
  • Nantinya akan tampil halaman baru di layar, selanjutnya kamu pilih Phone Info 1.
  • Scroll ke bawah, kemudian kamu klik ikon dropdown pada opsi Sel Prefered Network Type. Selanjutnya kamu atur ke mode CDMA Only.
  • Sekarang pasang lagi SIM Card pada HP Xiaomi tersebut. Sebaiknya kamu pasang kartu SIM di bagian SIM1 saja.
  • Selanjutnya buka menu Setting atau Setelan di HP Xiaomi, lalu masuk ke opsi SIM Card and Mobile Network.
  • Masuk ke opsi Prefered Network, kemudian atur ke opsi Global atau Prefered 4G (CDMA). Dengan begitu sinyal 4G di HP Xiaomi akan muncul lagi dan kamu bisa internetan dengan nyaman.
  • Selesai.

2. Mengganti Lokasi di HP Xiaomi

Alternatif lain untuk memunculkan lagi sinyal 4G di HP Xiaomi yakni dengan mengganti lokasi di dalam HP. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dikarenakan terkendala regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri, sehingga mau tidak mau Xiaomi menghilangkan dukungan jaringan 4G di Indonesia.

Untuk bisa memunculkan jaringan 4G tersebut, kamu perlu mengganti atau set lokasi HP Xiaomi ke negara lain. Misalnya saja bisa menggantinya ke Negara Malaysia. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Settings atau Setelan di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Additional Settings atau Setelan Tambahan.
  • Sekarang kamu klik pada opsi Locale atau Lokasi, dan atur ke Negara Malaysia.
  • Untuk memperbaruinya kamu aktifkan dulu Airplane Mode atau Mode Pesawat. Tunggu beberapa saat, lalu nonaktifkan lagi Airplane Mode tersebut.
  • Biasanya dengan cara ini sinyal 4G akan muncul lagi di HP Xiaomia.
  • Selesai.

3. Melakukan Downgrade MIUI

Kasus hilang sinyal 4G di HP Xiaomi terkadang dialami sesaat setelah melakukan update MIUI ke versi baru. Untuk itu, agar masalah sinyal 4G hilang tersebut teratasi maka kamu bisa melakukan download MIUI ke versi sebelumnya. Cara ini tentu akan membuat semua data di HP hilang. Karena itulah kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya.

  • Langkah yang pertama kamu perlu download ROM Xiaomi sesuai tipe HP Xioami yang kamu miliki melalui LINK INI.
  • Pastikan file ROM yang kamu download tersebut berbentuk file ZIP. Jika tidak maka kamu perlu mengubahnya secara manual dan memberinya nama update.zip agar lebih mudah.
  • Letakkan file ROM tersebut di lokasi yang mudah ditemukan, lebih tepatnya di memori internal.
  • Sekarang buka aplikasi Updater yang ada di HP Xiaomi.
  • Pada aplikasi tersebut kamu klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian klik Choose Update Package.
  • Selanjutnya kamu pilih file ROM yang dibuat dalam bentuk ZIP tadi. Kemudian tunggu sampai proses pemasangan selesai.

Catatan: Cara ini mungkin akan memakan waktu agak lama. Untuk itu, pastikan sisa baterai HP masih banyak, minimal tersisa 50%.

4. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Dan cara mengembalikan sinyal 4G Xiaomi yang hilang terakhir yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dimaksud di sini adalah aplikasi penguat sinyal 4G di HP android.

Ada banyak sekali jenis aplikasi penguat sinyal yang bisa kamu install di Google Play Store. Salah satunya adalah aplikasi bernama Signal Guard Pro. Cara ini bisa digunakan jika sinyal 4G Xiaomi yang hilang diakibatkan jaringan 4G yang lemah atau tidak terjangkau dengan baik.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan sinyal 4G Xiaomi yang hilang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini