Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang Paling Ampuh

1183
Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang
Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang

Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang – Smartphone sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan sekarang ini. Hampir semua orang pasti memiliki perangkat HP tersebut, mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa. Fungsi utama dari HP sendiri sebagai alat komunikasi, namun seiring berkembangnya jaman fungsi ponsel pintar ini semakin beragam. Perangkat smartphone ini bahkan dapat membantu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Yang menarik lagi, menggunakan smartphone android khususnya kita memungkinkan untuk mendapatkan uang tambahan. Bahkan tidak jarang beberapa orang memiliki bisnis utama melalui perangkat smartphone tersebut.

Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang
Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang

Berbicara mengenai smartphone android, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya penggunaan internet. Pasalnya, hampir semua aktivitas yang dilakukan di perangkat smartphone tersebut pasti membutuhkan koneksi internet agar berfungsi maksimal. Misalnya saja menjalankan aplikasi berbasis online atau juga bermain game online. Beberapa aplikasi diharuskan untuk terus terhubung ke server yang disediakan oleh developer untuk menjalankan fungsinya. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa penggunaan internet di HP sangat penting. Untuk terhubung ke internet, kebanyakan pengguna memanfaatkan kuota data dari operator seluler.

Baca Juga:

Salah satu operator seluler yang menyediakan layanan paket data tersebut yakni Axis. Beberapa pilihan paket data disediakan di dalamnya dan bisa dipilih oleh pengguna sesuai kebutuhannya. Selain paket data, ada pula layanan paket lainnya yang bisa dibeli, seperti paket nelpon, paket SMS, paket roaming dan lain sebagainya. Untuk pembelian layanan paket Axis tersebut bisa dengan menggunakan pulsa. Berbicara mengenai pulsa Axis, ada kalanya pulsa yang kita miliki sering hilang atau tersedot tanpa diketahui penyebabnya. Hal ini tentunya membuat kita kesal, apalagi saat ini kita sedang membutuhkan pulsa. Lantas, bagaimana cara mengembalikan pulsa Axis yang hilang tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Pulsa Axis Tersedot dan Hilang

Sebelum lanjut ke cara pengembalian pulsa Axis yang hilang, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab utamanya. Dengan mengetahui penyebabnya ini kita bisa lebih mudah untuk mengatasi permasalahan pulsa yang sering hilang tersebut, bahkan bisa melakukan pencegahan sekaligus.

Penyebab utama pulsa Axis tersedot yakni karena penggunaan lanjutan setelah layanan paket yang kamu miliki habis kuotanya. Misalnya saja kamu memiliki paket internet dengan kuota yang menipis. Dan saat ini kamu sedang menggunakan internet, kemudian saat kuota internet sudah habis maka secara otomatis ini akan menggunakan pulsa yang kamu miliki. Selain paket internet, hal ini juga bisa terjadi pada layanan paket lain seperti, paket nelpon, SMS, dan yang lainnya.

Penyebab lainnya pulsa Axis sering hilang yakni karena kamu berlangganan layanan paket tertentu. Misalnya saja layanan paket internet dengan perpanjangan langganan otomatis. Ketika layanan paket internet tersebut sudah habis, maka sistem akan melakukan perpanjangan secara otomatis dengan memotong pulsa yang kamu miliki.

Selain layanan paket internet, bisa juga karena kamu sedang berlangganan layanan SMS premium. Coba kamu lihat di menu Pesan, apakah sering ada SMS penawaran atau berisi informasi tertentu yang masuk di nomor Axismu. Jika benar, berarti kemungkinan besar kamu memang berlangganan SMS premium tersebut. Pulsa akan langsung terpotong ketika ada SMS premium yang masih di nomor Axis tersebut.

Di Axis juga ada pilihan layanan RBT atau nada sambung yang mengharuskan pengguna untuk membayar biaya layanan. Mungkin dengan sengaja atau tidak sengaja kamu telah ikut berlangganan RBT tersebut. Umumnya RBT ini memiliki masa aktif 7 hari, dan akan diperpanjang secara otomatis jika pulsa yang dimiliki mencukupi untuk digunakan perpanjangan.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, kemungkinan ada juga layanan berbayar lainnya yang mungkin kamu gunakan. Dalam hal ini biaya layanan akan secara otomatis memotong pulsa Axis yang kamu miliki.

Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Hilang Paling Ampuh

Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Tersedot
Cara Mengembalikan Pulsa Axis yang Tersedot

Pulsa Axis yang sudah hilang atau tersedot, apakah masih bisa dikembalikan? Jawabannya bisa. Akan tetapi, peluang keberhasilan untuk pengembalian pulsa Axis yang sering hilang ini 50:50, tergantung dengan penyebab yang membuat pulsa tersebut hilang.

Hanya ada satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembalikan pulsa Axis sering tersedot, yakni dengan datang langsung ke service center XL. Kenapa service center XL? Karena Axis sendiri sudah diakuisisi oleh XL, sehingga untuk layanan customer servicenya menjadi satu di XL Center.

Datangi bagian customer service yang bertugas dan beritahukan masalahmu, yang mana pulsa di kartu Axis terus hilang dan tanpa diketahui penyebabnya. Pihak customer service akan melakukan pengecekan pada nomor Axis milikmu.

Jika ditemukan adanya kesalahan sistem atau penyebab yang tidak diketahui pengguna yang membuat pulsanya menghilang, kemungkinan besar pulsa yang sudah hilang tersebut akan dikembalikan.

Akan tetapi, jika hilangnya pulsa Axis dikarenakan beberapa yang sudah disebutkan di atas, maka pulsa akan tetap hilang alias tidak dapat dikembalikan lagi.

Cara Mengatasi Pulsa Axis Terus Hilang atau Tersedot

Cara Mengatasi Pulsa Axis Terus Hilang
Cara Mengatasi Pulsa Axis Terus Hilang

Sebagai alternatifnya kamu perlu melakukan beberapa hal agar pulsa Axis tidak terus-menerus hilang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yang pasti cara ini bisa kamu sesuaikan dengan penyebab hilangnya pulsa tersebut. Adapun cara mengatasi pulsa Axis hilang selengkapnya, sebagai berikut:

1. Berhenti Langganan Paket Perpanjangan Otomatis

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk berhenti berlangganan paket di Axis, yakni dengan menggunakan kode dial dan lewat aplikasi AXISNet. Berbagai jenis langganan dengan perpanjangan otomatis bisa kamu hentikan dengan cara ini sehingga pulsa tidak akan lagi hilang sia-sia.

Metode 1. Berhenti Langganan Paket Axis dengan Kode Dial

  1. Langkah yang pertama buka menu Panggilan di HP.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad.
  3. Ketik kode dial *123*7*4# lalu tekan tombol Panggil.
  4. Selanjutnya kamu pilih layanan paket langganan yang ingin dihentikan.
  5. Kemudian pilih berhenti langganan dan konfirmasi dengan pilih Ya atau OK.
  6. Selesai.

Metode 2. Berhenti Langganan Paket Axis Lewat Aplikasi

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi AXISNet dan login menggunakan nomor Axis milikmu. Jika belum punya aplikasinya, maka kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Detail pada bagian informasi layanan aktif yang kamu miliki.
  3. Selanjutnya pilih layanan paket yang ingin dihentikan atau dinonaktifkan.
  4. Kemudian pilih Berhenti Langganan. Dan lakukan konfirmasi dengan pilih YA atau OKE.
  5. Selesai.

2. Mengaktifkan Fitur Lock Button

Fitur Lock Button dihadirkan untuk melindungi pulsa agar tidak tersedot karena penggunaan lanjutan dari layanan paket lain yang sudah habis kuotanya. Fitur ini bisa kamu temukan di aplikasi AXISNet dan mengaktifkannya juga dari aplikasi tersebut. Untuk langkah-langkah mengaktifkan fitur Lock Button di aplikasi AXISNet tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi AXISNet di perangkat smartphone.
  2. Kemudian login ke akun AXISNet dengan memasukkan nomor Axis milikmu.
  3. Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya kamu klik pada bagian nominal pulsa Axis yang kamu miliki.
  4. Selanjutnya klik ikon Gembok Ungu yang ada di sebelah nominal pulsa Axismu.
  5. Sekarang kamu pilih layanan paket yang ingin kamu kunci sehingga tidak secara otomatis menggunakan pulsa ketika kuotanya sudah habis. Baik itu, pilih layanan Internet, Telepon, SMS atau Paket Lainnya.
  6. Selanjutnya konfirmasi penguncian dan simpan.
  7. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan pulsa Axis yang hilang beserta mencegah agar pulsa Axis tidak hilang lagi yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Transfer Paket Data Axis Terbaru 2023
Artikel SelanjutnyaCara Registrasi Kartu Axis Tanpa KK, Apakah Bisa?
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini