Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus – HP android merupakan salah satu perangkat multitasking yang mana bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sebagai sarana browsing internet, sarana bisnis hingga sebagai hiburan bagi para penggunanya. Fungsinya yang cukup beragam, menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang tertarik untuk memiliki HP android tersebut. Apalagi dengan semakin canggihnya fitur yang disematkan ke dalam HP android, semakin menjadi daya tarik bagi semua orang.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Adanya HP android juga memudahkan pengguna untuk menyimpan foto kenangan atau momen tertentu. Seperti yang kita tahu, hampir semua HP android keluaran terbaru sekarang ini dibekali dengan memori internal yang cukup luas. Hal ini pastinya akan semakin memudahkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dalam jumlah yang banyak, khususnya untuk file foto. Meskipun demikian, pastikan ruang kosong di memori internal masih ada. Karena jika sudah penuh maka akan membuat kinerja HP menurun dan kamu tidak bisa lagi menginstall atau menambah file di dalamnya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai file di HP android, terkadang kita tidak sengaja menghapus file penting, seperti foto misalnya. Atau bisa juga kita menghapus foto dengan sengaja, namun ternyata foto tersebut dibutuhkan lagi di lain waktu. Jika sudah seperti ini, apakah foto yang sudah dihapus tersebut bisa dikembalikan lagi? Jawabannya tentu bisa. Berikut ini cara mengembalikan foto yang terhapus di android paling mudah dan cepat bisa kamu terapkan.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Tidak perlu langsung panik saat foto penting tidak sengaja kamu hapus dari memori internal HP android. Pasalnya masih ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus tersebut. Di sini kamu bisa memanfaatkan yang namanya aplikasi khusus yang memang diciptakan khusus untuk tugas tersebut. Aplikasi semacam ini biasa dikenal dengan sebutan aplikasi recovery photos.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus di smartphone android. Namun, dari sekian banyaknya aplikasi yang tersedia, hanya beberapa saja yang dianggap paling bagus dan memiliki fitur lengkap. Adapun cara mengembalikan foto yang terhapus di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melalui Google Photos

Melalui Google Photos
Google Photos

Sebagai pengguna HP android kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan android satu ini. Sesuai namanya, aplikasi satu ini memang dibuat oleh Google dan dijadikan aplikasi bawaan di HP android. Jadi, pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tersebut secara manual. Fungsi utama dari aplikasi ini yakni sebagai manajemen file, baik dalam bentuk foto maupun video.

Yang menarik dari aplikasi Google Foto yakni memiliki kemampuan untuk menyimpan ribuan foto dengan aman. Bahkan foto yang sudah dihapus melalui galeri sekalipun masih bisa kamu kembalikan lagi. Mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di HP melalui Google Photos, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Photos di HP android.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas.
  • Berikutnya klik tombol Trash, maka nantinya akan ditampilkan list foto yang pernah disimpan sebelumnya.
  • Kamu tinggal pilih foto mana yang ingin dikembalikan hingga muncul preview foto.
  • Pada foto yang ditampilkan, kamu klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Restore.
  • Secara otomatis foto akan dikembalikan ke menu Galeri HP.
  • Selesai.

2. Melalui Aplikasi Dumpster

Melalui Aplikasi Dumpster
Aplikasi Dumpster

Selain Google Photos, aplikasi lain yang juga tidak kalah handal digunakan untuk mengembalikan foto terhapus yakni bernama Dumpster. Aplikasi satu ini mampu mengembalikan foto bahkan sudah lama terhapus dari memori internal. Dumpster bekerja dengan cara melakukan scanning memori, kemudian menampilkan list foto yang sudah terhapus.

Aplikasi Dumpster juga bisa diibaratkan sebagai recycle bin-nya HP android. Ya, di sini kamu bisa mengatur sekaligus mengornanisir file-file yang sudah kamu hapus dari memori HP. Untuk mengembalikan foto terhapus menggunakan aplikasi Dumspster terbilang sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu perlu menginstall aplikasi Dumpster di HP androidmu.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi, di sini kamu pilih opsi Deep Scan Recovery.
  • Setelah proses scan selesai, nantinya aplikasi Dumpster akan menampilkan list file foto yang pernah tersimpan dan sudah dihapus dari memori.
  • Sekarang kamu tinggal pilih foto mana saja yang ingin kamu kembalikan.
  • Foto yang dipilih tadi akan di-preview, selanjutnya klik Restore to Gallery untuk menyimpan foto tersebut di Galeri kembali.
  • Selesai.

3. Melalui Aplikasi DiskDigger photo recovery

Melalui Aplikasi DiskDigger photo recovery
Aplikasi DiskDigger photo recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di smartphone android berikutnya yakni dengan menggunakan aplikasi DiskDigger photo recovery. Aplikasi satu ini juga tidak kalah ampuh untuk mengembalikan file foto yang terhapus. Bahkan kualitas foto akan tetap terjaga meskipun sudah agak lama dihapus dari memori.

Aplikasi DiskDigger photo recovery mengusung tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga tidak membutuhkan akses root sehingga kamu tidak perlu melakukan rooting HP android. Namun, aplikasi ini akan semakin lengkap fiturnya jika dijalankan di HP android yang sudah di-root. Untuk menggunakan aplikasi ini terbilang mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi DiskDigger photo recovery di HP androidmu.
  • Selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, sekarang kamu lakukan scanning file untuk menemukan file foto yang sudah terhapus.
  • Nantinya akan ditampilkan list foto yang sudah terhapus dari memori. Kamu bisa mencari dan memilih foto mana saja yang ingin dikembalikan. Kamu juga memungkinkan menandai beberapa foto untuk dikembalikan sekaligus.
  • Setelah ditandai, selanjutnya klik ikon yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya klik Recover selected file.
  • Secara otomatis file foto yang ditandai tadi sudah berhasil kamu kembalikan ke menu Galeri HP android.
  • Selesai.

Penutup

Sangat mudah bukan cara mengembalikan foto yang terhapus di android di atas? Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung jika memang tidak sengaja menghapus file foto penting dari galeri HP. Cukup manfaatkan salah satu aplikasi di atas untuk mengembalikannya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?