5 Cara Jitu Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada HP

5 Cara Jitu Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada HP – Walaupun teknologi sudah tergolong maju pada masa sekarang ini, tapi tidak menutup kemungkinan kalau masih banyak terdapat para pengguna smartphone yang tidak mengetahui cara mengembalikan file yang mereka hapus secara tidak sengaja. Sebagai salah satu perangkat yang banyak di gandrungi oleh masyarakat dunia, smartphone kini telah menjadi suatu wadah penyimpanan file yang paling sering di pakai oleh para pengguna nya ketimbang dengan perangkat lain seperti laptop atau pun komputer, baik itu hanya sekedar foto – foto yang mereka simpan setiap hari nya, sampai beberapa file penting dari pekerjaan maupun dokumen penting lainnya.

5 Cara Jitu Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada HP

Tidak selamanya memang foto yang ada pada smartphone android yang kita miliki tersimpan dengan baik, ada masa nya dimana file foto tersebut di hapus ataupun terhapus secara tidak sengaja. Yang mana ketika foto yang kita simpan tersebut terhapus secara tidak sengaja akan membuat kita kesal dan panik sekali, sebab pada sistem ponsel sendiri telah kita ketahui jika ada file yang di hapus tidak akan masuk terlebih dulu kedalam folder atau fitur kotak sampah jika belum kita setting sebelumnya.

Baca Juga :

Akan tetapi, perlu untuk kalian ketahui bahwa sebenarnya foto yang terhapus itu belum lah benar – benar hilang pada sistem penyimpanan hp kita sesaat setelah di hapus, karena yang di hapus itu pertama kali adalah index yang tertuju ke data bersangkutan, sehingga kalau anda bisa menemukan foto yang terhapus itu maka anda dapat mengembalikan data itu kembali. Oleh karena itu untuk dapat mengembalikan nya anda perlu bergerak cepat agar file tersebut dapat terselamatkan.

5 Cara Jitu Mengembalikan Foto Yang Terhapus Pada HP

Bagi sobat Bukandroid yang tidak sengaja atau pun secara sengaja menghapus file foto kesayangan tidak lagi perlu untuk cemas akan kehilangan foto tersebut, oleh karena itu lah pada kesempatan kali ini Mimin akan memberikan beberapa trick jitu agar file tersebut bisa kembali utuh seperti semula. Berikut di bawah ini 5 cara jitu mengembalikan foto yang terhapus pada smartphone android tanpa membutuhkan akses root.

1. Menggunakan Aplikasi Restore Image

Restore Image adalah salah satu aplikasi yang mempunyai fungsi untuk melakukan pengembalian ulang pada foto yang sebelum nya sudah di hapus dan kamu ingin kembalikan seperti sedia kala. Jadi pada inti nya aplikasi Restore Image ini akan siap melakukan restoring pada setiap foto yang ingin di kembalikan secara mudah dan cepat. Sekali lagi saya tegas yang perlu kalian ketahui jika ingin menggunakan aplikasi ini tidak lah di perlukan akses root, bahkan aplikasi ini sendiri juga tidak memerlukan bantuan dari perangkat PC untuk dapat membantu nya mengembalikan foto yang terhapus.

Restore Image

Oke baiklah tanpa basa – basi lagi silahkan simak tata cara pemakaian nya di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstall aplikasi Restore Image di PlayStore secara gratis.
  2. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi tersebut dan memilih folder dimana letak lokasi foto itu sebelum nya.
  3. Kemudian lanjutkan dengan memilih atau mencari foto yang ingin kamu kembalikan.
  4. Kalau foto yang bersangkutan sudah di pilih, maka klik opsi Restore Image.
  5. Selamat, sampai disini kalian sudah berhasil mengembalikan kembali foto tersebut.

2. Memakai Aplikasi Photo Recovery

Dengan menggunakan aplikasi bernama Photo Recovery ini akan menjamin para pengguna nya dalam hal pengembalian file foto yang ingin di kembalikan sesaat setelah terhapus di dalam smartphone android kesayangan. Selain itu juga dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa merestore kembali video yang di hapus, jadi jangan khawatir untuk tidak bisa mengembailkan foto kesayangan anda karena memiliki format BMP, TIFF atau lain sebagai nya, sebab dari aplikasi ini sendiri telah mensupport segala format foto dan juga video tanpa harus khawatir lagi, seperti format PNG, JPEG, GIF, TIF, BMP, JPG, 3GP, dan MP4.

Photo Recovery

Silahkan simak beberapa langkah cara pemakaian dari Photo Recovery tersebut di bawah berikut :

  1. Unduh dan install terlebih dulu aplikasi Photo Recovery di dalam PlayStore dengan gratis.
  2. Kalau sudah terinstall, maka bukalah aplikasi tersebut dan tekan Start Recovery. Maka secara otomatis akan tampil banyak foto yang sebelum nya telah di hapus.
  3. Kemudian cari dan pilih lah foto mana yang nanti nya akan anda kembalikan.
  4. Lalu klik Restore Photo atau Kembalikan Foto.

3. Aplikasi DiskDigger

Baiklah cara jitu ketiga ini saya akan menggunakan aplikasi DiskDigger yang di khusus kan hanya kepada para pengguna hp android yang sudah melakukan atau memiliki akses root terhadap android nya. Jika ponsel yang anda miliki tidak mempunyai hak akses root atau belum di root maka bisa melewat kan langkah ini dan mencoba menggunakan beberapa cara jitu lain nya.

DiskDigger

Simak beberapa ulasan berikut di bawah ini untuk langkah cara penggunaan dari aplikasi DiskDigger :

  1. Install dan unduh terlebih dulu aplikasi DiskDigger di dalam PlayStore dengan gratis.
  2. Setelah kalian membuka nya dan muncul notif yang berisikan pengizinan akses root, maka ijinkan saja.
  3. Lalu akan muncul notif lagi yang berisikan “Upgrade to Pro” abaikan saja dengan cara memilih “No Thanks“.
  4. Lalu cari lah folder berisikan foto yang mau anda kembalikan lagi pada memori eksternal maupun internal.
  5. Jika sudah maka tentukan lah formatnya dan klik OK. seketika aplikasi akan melakukan scan pada file yang akan di restore.
  6. Pilih foto tersebut dan klik Save, selesai.

4. Deleted Image Recovery

GreatStuffApps sebagai developer juga tidak mau kalah dengan developer lainnya sehingga mereka juga mengeluarkan aplikasi pengembalian foto dengan nama Deleted Image Recovery. Aplikasi yang satu ini di klaim mampu mengembalikan gambar yang telah di hapus dengan sangat jitu jika berformat JPEG, PNG, dan JPG. Yang terpenting adalah dalam penggunaan nya ia tidak memerlukan akses root.

Deleted Image Recovery

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara penggunaan nya :

  1. Unduh dan install aplikasi Deleted Image Recovery dari dalam PlayStore.
  2. Buka lah apl tersebut, maka secara otomatis ia akan melakukan scan pada semua gambar terhapus yang ia temukan.
  3. Jika proses scan telah selesai, lalu pilih lah gambar yang akan di kembalikan.
  4. Kemudian klik tombol Restore yang berada di toolbar untuk mengembalikan nya.

5. Undeleter Recover Files & Data

Jika ingin menggunakan aplikasi satu ini kalian perlu melakukan proses rooting terlebih dulu. Selain bisa mengembalikan foto, aplikasi ini juga dapat mengembalikan file lain nya, seperti sms, txt, dan untuk membuka semua fitur format file yang bisa di kembalikan lain nya kalian perlu membeli atau mengupgrade ke versi pro nya terlebih dahulu.

Undeleter Recover Files & Data

Silahkan simak beberapa langkah cara pemakaian dari Undeleter Recover Files & Data tersebut di bawah berikut :

  1. Jika sudah kalian mengunduh nya di PlayStore, maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut dan berikan ijin jika muncul notif yang terdapat permintaan akses root.
  2. Pilih opsi Restore Data / Restore File. Kemudian cari lah letak folder dari foto tersebut sebelumnya.
  3. Maka setelah itu akan muncul 2 pilihan opsi, langsung saja pilih opsi Deep Scan dan klik tombol Scan.
  4. Lalu tunggu hingga proses scan selesai dan lihat lah file tersebut telah kembali seperti semula.

Penutup

Itu lah tadi 5 aplikasi jitu yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan file berupa foto atau lain sebagai nya dengan sangat mudah. Semoga artikel ini membantu kalian dan juga bisa bermanfaat bagi orang lain dengan cara membantu kita membagikan nya ke dalam akun sosial media yang kamu punya dengan menekan piliha opsi share pada bawah artikel ini.