Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan – Hampir semua pengguna smartphone pasti memiliki aplikasi WhatsApp. Tidak heran karena WhatsApp memang memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dalam hal berkomunikasi. Selain bisa digunakan untuk mengirim chat berbasis teks, pengguna juga memungkinkan untuk mengirim pesan suara dan juga file media. Bahkan berbagi lokasi via Google Maps juga memungkinkan dilakukan di aplikasi WhatsApp.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan
Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

WhatsApp menyediakan banyak sekali fitur menarik di dalamnya, sehingga membuat pengguna semakin tidak bisa terlepas dari aplikasi chatting terpopuler tersebut. Fitur baru terus ditambahkan untuk semakin menarik minat pengguna. Salah satunya adalah fitur untuk membackup riwayat chat di WhatsApp, di mana dengan fitur riwayat chat pengguna tidak akan hilang. Fitur backup biasanya diperlukan ketika pengguna ingin berpindah perangkat dan tidak ingin chattingan di WA miliknya terhapus. Ada dua pilihan untuk menggunakan fitur backup WhatsApp, yakni backup manual dan otomatis.

Baca Juga:

Backup data otomatis di WhatsApp sudah bisa dinikmati sekarang ini. Adanya fitur tersebut tentunya akan mencegah pengguna kehilangan riwayat chat di WA yang tidak sengaja dilakukan. Pengguna tidak perlu lagi membackup data WhatsApp secara manual yang tentunya akan menghabiskan banyak waktu. Kamu yang sedang mencari cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan, bisa memanfaatkan fitur backup otomatis dari WhatsApp ini. Untuk langkah-langkah menggunakannya, kalian bisa simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Mengembalikan riwayat chat WhatsApp yang hilang sebelum di cadangkan menurut beberapa orang adalah hal mustahil. Padahal, ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur backup otomatis dari WhatsApp. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan untuk me-restore chat WhatsApp yang hilang tanpa di cadangkan tersebut.

Adapun cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat Google Drive

WhatsApp memanfaatkan Google Drive sebagai sarana untuk menyimpan data penggunanya, mulai dari riwayat chat hingga file media yang terlampir dalam chat. Seperti yang dijelaskan di atas, fitur backup dari WhatsApp ini ada dua mode yakni manual dan otomatis.

Syarat utama untuk mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum dicadangkan, yakni kamu harus mengaktifkan fitur backup otomatis WhatsApp. Jadi, WhatsApp akan selalu memperbarui data cadangan secara otomatis. Apabila kamu tidak atau dengan sengaja menghapusnya dan ingin mengembalikannya lagi, maka data cadangan otomatis ini bisa dimanfaatkan. Untuk mengaktifkan fitur backup otomatis WhatsApp tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Kemudian klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Di sana akan muncul beberapa opsi, selanjutnya kamu pilih opsi Setelan.
  • Klik pada opsi Chat, lalu pilih opsi Cadangkan Chat.
  • Pada halaman cadangkan chat tersebut kamu tautkan dulu WhatsApp ke akun Google Drive. Klik pada opsi Akun Google, kemudian pilih akun Google Drive yang ingin kamu gunakan.
  • Untuk mengatur backup otomatis, kamu klik pada opsi Cadangkan ke Google Drive. Kemudian pilih durasi pencadangan otomatis sesuai keinginan, bisa harian, mingguan atau bulanan.
  • Dengan demikian riwayat chat beserta data WA lainnya akan dibackup atau dicadangkan secara otomatis sesuai pengaturan yang kamu lakukan.

Diasumsikan kamu sudah mengaktifkan fitur backup otomatis WA sebelum akhirnya ada chat yang dihapus dan ingin dikembalikan. Cara mengembalikan chat WA yang terhapus tanpa dicadangkan secara manual sangat mudah, yakni:

Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat Google Drive
Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat Google Drive
  1. Langkah yang pertama kamu hapus aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  2. Jika sudah, sekarang lakukan restart HP android.
  3. Ketika sudah menyala, selanjutnya kamu install lagi aplikasi WhatsApp melalui Google Playstore.
  4. Kemudian jalankan aplikasi WhatsApp dan klik Saya Setuju dan Lanjutkan.
  5. Masukkan nomor WhatsApp yang kamu gunakan sebelumnya, kemudian verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor tersebut.
  6. Di layar akan muncul notifikasi untuk memulihkan data WhatsApp yang tersimpan di Google Drive sebelumnya. Klik Pulihkan dan tunggu sampai proses pengembalian data WhatsApp selesai.
  7. Jika sudah, di WhatsApp akan ditampilkan semua chat yang sudah tercadangkan secara otomatis di Google Drive.
  8. Selesai.

Catatan: Cara ini hanya berlaku jika kamu sudah mengaktifkan fitur bakcup otomatis di WhatsApp sebelumnya. Kemungkinan untuk mendapatkan kembali chat yang hilang hanya 50%, tergantung dari pemilihan jadwal backup otomatis yang kamu atur.

Apakah chat WhatsApp yang hilang sudah berhasil kamu kembalikan? Jika tidak, maka kamu bisa memanfaatkan alternatif kedua di bawah ini.

2. Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat File Manager

Kamu yang tidak mengaktifkan fitur cadangkan file otomatis di WhatsApp, sebenarnya masih berpeluang untuk restore chat WA yang hilang atau terhapus. Pasalnya, WhatsApp sudah menyediakan fitur backup otomatis tanpa perlu pengguna mengaktifkannya. Pencadangan ini dilakukan oleh WhatsApp setidaknya seminggu sekali setiap pukul 02.00.

Mencadangkan data WhatsApp otomatis tersebut tidak memanfaatkan Google Drive sebagai penyimpanannya, melainkan langsung di memori internal HP. Kamu bisa mencari data cadangan WhatsApp tersebut di File Manager. Adapun langkah-langkah untuk mengembalikan data cadangan WhatsApp lewat File Manager selengkapnya, yakni:

Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat File Manager
Mengembalikan Chat WA Hilang Lewat File Manager
  1. Langkah yang pertama kamu buka menu File Manager atau File Berkas di HP android.
  2. Kemudian kamu cari dan klik pada folder WhatsApp.
  3. Masuk ke folde Database, di sana kamu akan melihat file chat yang dicadangkan secara otomatis oleh WhatsApp.
  4. Selanjutnya kamu cari file chat bernama msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12. Kamu ubah nama file tersebut menjadi msgstore.db.crypt12 dengan cara tekan dan tahan pada file, kemudian ubah namanya. Pada beberapa tipe HP ada yang diakhiri dengan crypt14, kamu bisa menyesuaikannya sendiri.
  5. Jika sudah sekarang keluar dari File Manager dan lakukan uninstall pada aplikasi WhatsApp.
  6. Restart HP android, kemudian install lagi aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  7. Buka aplikasi dan masukkan nomor WhatsApp yang kamu gunakan sebelumnya.
  8. Di layar HP akan muncul notifikasi pop up yang menawarkan kamu untuk pemulihan data WhatsApp. Setujui dengan klik tombol Pulihkan dan tunngu sampai prosesnya selesai.
  9. Sekarang kamu akan menemukan lagi chat yang terhapus sebelumnya tanpa dicadangkan.

Penutup

Itulah tadi cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini