Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes Paling Cepat

14
Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes
Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes

Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes – HP Samsung masih menjadi idaman bagi banyak orang, khususnya masyarat di Indonesia. HP dari brand Samsung ini terkenal dengan ketangguhannya, di mana performa kinerja HP tetap cepat dan stabil meskipun sudah digunakan bertahun-tahun. Komponen yang digunakan juga cukup tangguh, bahkan HP tetap dapat berfungsi normal meskipun pernah terjatuh. Dan lagi HP Samsung ada banyak varian tipenya dengan keunggulan masing-masing.

Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes
Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes

Pada HP Samsung dibekali pula dengan beragam fitur canggih yang akan memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Fitur-fitur ini terdiri dari berbagai macam, ada yang berbentuk aplikasi mobile. Misalnya saja aplikasi Catatan Samsung atau Samsung Notes yang fungsinya untuk mencatat apa pun yang diinginkan. Catatan yang dibuat di Samsung Notes akan tetap tersimpan dengan aman, apalagi jika kamu telah mengaktifkan sinkronisasi Samsung Notes ke akun Samsung Cloud. Namun, untuk melakukannya kamu perlu login ke akun Samsung Account terlebih dahulu di HP Samsungmu. Jika masih belum punya Akun Samsung, maka bisa mendaftar akun terlebih dahulu.

Baca Juga:

Membuat catatan di Samsung Notes, ada kalanya catatan yang disimpan di dalamnya tersebut hilang atau terhapus. Baik disengaja atau tidak disengaja, yang pasti catatan di Samsung Notes saat ini sudah terhapus. Bisa juga karena telah melakukan reset atau flash HP Samsung, sehingga semua data di dalamnya akan hilang, termasuk dokumen di Samsung Notes. Lantas, bagaimana cara mengembalikan catatan di Samsung Notes yang sudah terhapus tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Fitur Sinkronisasi Samsung Account

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara restore catatan di Samsung Notes yang terhapus, terlebih dahulu kamu ketahui apa itu Samsung Account. Akun Samsung atau Samsung Account merupakan fitur khusus dari Samsung yang diberikan kepada semua penggunanya. Akun ini bisa dibuat dan diakses secara gratis hanya dengan berbekal alamat email aktif, bisa menggunakan akun Gmail.

Samsung Account menyediakan beragam fitur yang pastinya sangat bermanfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah fitur Samsung Cloud yang merupakan layanan penyimpanan cloud gratis dari Samsung, layaknya Google Drive atau Google Cloud. Samsung Cloud ini bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan data backup dari HP Samsung. Mulai dari data kontak, SMS, data di Galeri, kalender, log panggilan, pengaturan, homescreen, hingga data aplikasi terinstall di HP Samsung.

Dalam hal ini kamu juga bisa menyimpan data backup Samsung Notes di Samsung Cloud tersebut. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengaktifkan sinkronisasi Samsung Notes ke layanan Samsung Cloud. Untuk cara melakukan sinkronisasi Samsung Notes ke Samsung Cloud tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  2. Kemudian klik Samsung Account yang ada di bagian opsi paling atas.
  3. Pada halaman Samsung Account, kamu pilih menu Samsung Cloud.
  4. Selanjutnya aktifkan sinkronisasi Samsung Notes dengan menggeser tombol slider yang ada di sebelah kanannya.
  5. Untuk langkah lanjutan, kamu klik pada tulisan Samsung Notes tersebut. Kemudian klik opsi Sinkronkan Sekarang untuk memperbarui data sinkronisasi Samsung Notes. Selanjutnya pilih Sinkronkan Menggunakan, lalu pilih opsi Wi-Fi dan Data Seluler.
  6. Selesai.

Dengan mengaktifkan sinkronisasi Samsung Notes ke Samsung Cloud ini memungkinkan catatan yang tersimpan di dalamnya akan terbackup otomatis ke Samsung Cloud. Dan misalnya di lain waktu ada catatan yang tidak sengaja atau disengaja dihapus, maka kamu bisa mengembalikannya lagi dengan mudah melalui data backup di Samsung Cloud ini.

Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes Paling Cepat

Cara Restore Catatan di Samsung Notes
Cara Restore Catatan di Samsung Notes

Mungkin kamu masih bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengembalikan catatan yang terhapus di Samsung Notes. Tidak perlu risau jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan sinkronisasi Samsung Notes ke Samsung Cloud seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pasalnya data Samsung Notes akan secara otomatis tersimpan dan tidak akan terhapus meskipun kamu telah melakukan penghapusan catatan di Samsung Notes.

Data backup Samsung Notes ini memungkinkan untuk direstore atau dikembalikan lagi dengan mudah jika memang kamu menginginkannya. Adapun cara mengembalikan catatan di Samsung Notes melalui data backup Samsung Cloud tersebut, yakni:

Cara 1. Restore Catatan di Samsung Notes Lewat Pengaturan

  1. Langkah yang pertama kamu hubungan HP Samsung ke jaringan internet yang cepat dan stabil.
  2. Sekarang kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  3. Kemudian klik Samsung Account yang ada di bagian opsi paling atas di halaman Pengaturan.
  4. Selanjutnya klik menu Samsung Cloud.
  5. Kemudian pilih opsi Memulihkan Data atau Restore Data yang ada di bagian bawah tampilan.
  6. Jika sudah kamu pilih data yang ingin dipulihkan. Dalam hal ini kita akan memulihkan data catatan di Samsung Notes, maka kamu pilih saja opsi Documents atau Dokumen.
  7. Selanjutnya klik Pulihkan dan tunggu proses pemulihan data hingga selesai.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu telah melakukan backup data ke Samsung Cloud sebelumnya, atau mengaktifkan sinkronisasi data ke Samsung Cloud.

Cara 2. Restore Catatan di Samsung Notes Langsung di Aplikasi

  1. Dalam hal ini kamu baru pertama kali menginstall Samsung Notes dan ingin mengembalikan data catatan yang sudah disimpan sebelumnya.
  2. Sekarang kamu buka aplikasi Samsung Notes tersebut.
  3. Kemudian pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Tiga Garis di pojok kiri atas tampilan. Lalu klik ikon Pengaturan atau Gerigi yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  4. Pada halaman Pengaturan, kamu aktifkan opsi Sinkronkan dengan Samsung Cloud dengan cara geser tombol slidernya. Keluar dari aplikasi dan refresh aplikasi Samsung Notes. Biasanya catatan lama akan berhasil dikembalikan.
  5. Jika tidak, maka bisa klik menu Tiga Garis di pojok kiri atas tadi dan klik ikon Pengaturan atau Gerigi.
  6. Selanjutnya pilih opsi Impor Catatan. Dan pada bagian Memo, Anda klik opsi Samsung Account. Tunggu beberapa saat nantinya akan ditampilkan catatan yang telah disimpan sebelumnya. Tandai catatan yang ingin dikembalikan, lalu klik Selesai. Maka catatan yang sudah dihapus akan berhasil dikembalikan.
  7. Selesai.

Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes yang Tidak Dibackup

Sementar catatan yang tidak dibackup ke Samsung Cloud atau Google Cloud, apakah masih bisa dikembalikan lagi? Tentu bisa. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama EaseUS MobiSaver. Software EaseUS MobiSaver ini nantinya bisa kamu install di perangkat PC atau laptop Windows.

Untuk langkah-langkah mengembalikan catatan di Samsung Notes menggunakan EaseUS MobiSaver selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu download dan install software EaseUS MobiSaver di perangkat PC atau laptop.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan software tersebut di PC atau laptop.
  3. Pada HP Samsung, kamu perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur USB Debugging. Caranya buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Informasi Perangkat Lunak >> klik 7x pada Nomor Versi hingga Developer Option diaktifkan >> kembali ke Pengaturan >> pilih Developer Option atau Opsi Pengembang >> cari USB Debugging dan aktifkan.
  4. Setelah berhasil diaktifkan, sekarang kamu hubungkan HP Samsung ke PC atau laptop tadi.
  5. Pastikan HP sudah terdeteksi oleh PC atau laptop. Kemudian lakukan scanning data melalui EaseUS MobiSaver tadi.
  6. Jika sudah selesai, nantinya kamu akan melihat data atau file yang sudah hapus dari perangkat Samsung tersebut. Cari dan tandai file catatan Samsung Notes yang ingin dipulihkan, kemudian klik Pulihkan atau Recover.
  7. Selesai.

Penutup

Itula tadi cara mengembalikan catatan di Samsung Notes yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengisi OVO Lewat BCA yang Paling Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD VIVO yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini