Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Dari Hp

Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Dari Hp – Seperti yang kita tahu bahwa listrik adalah kebutuhan primer bagi kehidupan masyarakat di jaman modern sekarang ini. Bisa dibilang aktivitas kita sekarang ini sangat lah di permudah dengan adanya sumber daya listrik. Misalnya saja bisa menjalankan perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, tv, lampu sebagai penerangan, dan masih banyak lagi. Terdapat satu badan lembaga resmi yang mengatur listrik dalam negara kita Indonesia, yaitu bernama Perusahaan Listrik Negara atau biasa disingkat PLN.

Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Dari Hp

Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Dari Hp

Tahukah kamu, bahwa dalam hal pemakaian listrik itu sendiri sudah terbagi menjadi 2 jenis? Pertama itu adalah listrik prabayar, dan yang kedua jenis pascabayar. Listrik Prabayar merupakan layanan PLN yang sudah mendukung akses pembayaran via pulsa untuk seluruh rakyat Indonesia. Umumnya dikenal dengan istilah Token Listrik. Sedangkan untuk Listrik Prabayar, yaitu jenis pembayaran yang sejak dulu telah dilakukan dengan cara membayar langsung berupa nominal uang di tiap akhir bulan pemakaian. Tapi kendala yang sering di alami oleh pengguna metode ini ialah terkadang tidak mempunyai waktu untuk mengecek total tagihan dengan cara datang ke langsung loket.

Baca Juga:

Namun tenang, bagi anda yang masih setia memakai metode pembayaran ini, sekarang telah hadir banyak cara yang memudahkan kita untuk tidak lagi susah payah datang ke kantor PLN hanya sekedar ingin mengetahui total biaya bulanan yang akan dibayar. Mulai dari pemakaian aplikasi, telpon, sms, dan layanan email bisa kamu manfaatkan dalam mengecek tuntutan biaya. Memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini memanglah wajib harus kita lakukan supaya aktivitas yang tadinya rumit bisa berjalan mudah tanpa perlu menghabiskan waktu terlalu banyak.

Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Dari Hp

Untuk menjawab permasalahan kalian dalam melihat tunggakan bulanan listrik, pada artikel ini sudah saya rangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa mempermudah pengecekan dengan hanya menggunakan smartphone android.

Layanan SMS

Bagi semua pengguna handphone baik itu android maupun jadul bisa menerapkan tutorial pertama ini. Yang mana kita akan memanfaatkan layanan dari PLN itu sendiri dalam melayani masyarakat Indonesia, yaitu cuma mengirimkan pesan berupa SMS. Namun perlu di ingat, kalau anda mau memakai layanan ini maka wajib mempunyai pulsa setidaknya berjumlah Rp.500,- untuk satu kali pengiriman pesan.

Layanan SMS

Layanan SMS

Berikut langkah demi langkah mengirim SMS dalam pengecekan tunggakan bulanan listrik:

  1. Buka menu perpesanan SMS pada ponsel
  2. Ketikan format penulisan REK (spasi) No ID Pelanggan Rumah, contohnya: REK 93756284633
  3. Lalu kirim ke nomor 8123
  4. Tidak lama setelah itu anda akan menerima balasan SMS berupa informasi dari nomor pelanggan tersebut, mulai dari biaya tagihan, nama pelanggan, tanggal tahun bulan iuran.

Aplikasi PLN Mobile

Khusus pengguna android & iOS, kalian bisa mendowload aplikasi resmi dari PT PLN Indonesia yang menyediakan layanan tersebut secara gratis yang terdapat pada Google Play Store maupun App Store. Langkah ini sangat cocok kita lakukan dalam perangkat android yang memang pada umumnya jarang sekali terisi pulsa sebab sudah sangat mengandalkan kuota data.

Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile

Tutorial pemakaian aplikasi PLN Mobile:

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi PLN Mobile dari Play Store
  2. Setelah dibuka, tekan menu Informasi, lalu klik pilihan Tagihan dan Token Listrik
  3. Pada kolom yang tersedia masukan Nomor Meteran atau ID Pelanggan milik kalian
  4. Kemudian klik Cari
  5. Nantinya akan muncul halaman baru yang berisikan informasi dari akun tersebut, termasuk besaran biaya tagihan listrik anda.

Layanan Telepon

Selain SMS, cuma bermodalkan pulsa kita juga dapat mengetahui beban biaya listrik dari layanan Telepon PLN. Cara ini sangat simple untuk dilakukan oleh semua warga Indonesia yang tidak perlu menggunakan hp android, karena melalui layanan call center saja sudah bisa melakukannya tanpa harus ribet untuk pergi ke kantor PLN terdekat.

Layanan Telepon

Layanan Telepon

Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Pastikan bahwa sebelumnya kamu sudah mempunyai nominal pulsa yang mencukupi. Karena menelpon call center akan terkenai tarif normal
  2. Buka menu Telepon, dan ketikan dial number Kode Daerah kalian lalu di tambahi dengan -123. Misalnya: 021-123 (021) untuk wilayah Jakarta, 022-123 (022) kota Bandung, atau 0251-123 (0251) kota Bogor.
  3. Setelah berhasil tersambung, nanti ada Customer Service yang siap untuk melayani pertanyaan kalian.

Cek Melalui Tokopedia

Bagi kalian yang berpikir kalau cara mendownload aplikasi merupakan langkah yang ribet untuk dilakukan, maka tips satu ini mampu anda jadikan opsi selanjutnya. Lewat layanan tagihan listrik yang diberikan oleh Tokopedia, sebelum membayar tagihan, kita bisa mengecek rincian seputar biaya tagihannya terlebih dulu.

Cek Melalui Tokopedia

Cek Melalui Tokopedia

Sudah penasaran bagaimana caranya? Yuk simak rangkumannya di bawah berikut:

  1. Buka Tokopedia dari Browser atau aplikasi Tokopedia kamu
  2. Selanjutnya pilih menu PLN, dan klik pilihan Tagihan Listrik
  3. Isi kolom No Meter/ID Pel dengan Nomor Pelanggan kalian
  4. Lalu klik Bayar. Sebelum bisa di bayar langsung, secara otomatis maka akan tampil rincian dari biaya tunggakan rumah anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mengecek tagihan listrik dengan hanya memakai perangkat keras smartphone, tanpa ribet meluangkan waktu pergi keluar cuma mau memastikan total itu saja. Jangan lupa untuk bookmark situs Bukandroid, supaya tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.