Cara Mengecek Kuota 3 di HP Android Paling Mudah

Cara Mengecek Kuota 3 – Tri atau 3 merupakan salah satu provider ternama di Indonesia yang punya banyak sekali peminat. Kartu 3 terkenal sebagai salah satu operator seluler yang memberikan masa aktif yang cukup panjang. Untuk yang terbaru sekarang ini, kartu 3 ada yang punya masa aktif sampai 1 tahun. Jadi, pengguna tidak perlu lagi memikirkan masa aktif kartu yang sering habis. Menggunakan 3 kamu tidak perlu melakukan perpanjangan masa aktif seperti saat menggunakan kartu operator lainnya.

Cara Mengecek Kuota 3
Cara Mengecek Kuota 3

Selain itu, kartu 3 juga sangat terkenal dengan layanan paket internetnya yang terbilang murah. Harga paket internet dari 3 ini bahkan diklaim lebih murah dibandingkan kartu operator lainnya. Selain murah, kartu 3 ternyata juga punya kecepatan sinyal yang cukup cepat dan stabil. Jangkauan jaringan 3 juga sudah sangat luas, bahkan sudah menjangkau ke pelosok-pelosok desa sekalipun. Ada pula layanan paket nelpon dan SMS yang juga cukup murah dari 3 (Tri). Kamu tidak perlu takut kantong jebol jika memilih 3 sebagai kartu operator di ponsel selulermu.

Baca Juga:

Berbicara mengenai paket internet 3 (Tri), ada beberapa pilihan paket yang bisa dibeli oleh pengguna. Masing-masing paket memiliki besaran kuota yang berbeda-beda dan punya kelebihan tersendiri. Namun, pernahkah kamu saat asyik-asyik internetan, namun ternyata kuota internetmu habis? Ingin membeli kuota tetapi kondisi tidak memungkinkan keluar rumah, misalnya saat malam hari. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya lakukan pengecekan sisa kuota 3 secara berkala. Sayangnya, ada beberapa pengguna yang masih belum tahu cara mengecek kuota 3 (Tri) tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu, simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengecek Kuota 3 di HP Android Paling Mudah

Cara Mengecek Kuota Tri
Cara Mengecek Kuota Tri

Untuk mengetahui sisa kuota di kartu Tri sebenarnya sangat mudah. Hanya saja beberapa pengguna masih ada saja yang belum tahu cara tersebut. Untuk melakukan pengecekan kuota Tri setidaknya bisa dilakukan dengan 4 metode, yakni cek melalui SMS, kode dial, aplikasi dan juga via website resmi Tri.

Adapun cara mengecek kuota 3 di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Sisa Kuota 3 (Tri) Lewat Menu Dial Up

Cara yang pertama untuk mengetahui sisa kuota kartu 3 yakni dengan melalui menu Dial Up atau menu Panggilan. Ini merupakan cara yang paling mudah dan simple, serta tidak membebanimu dengan biaya sepeser pun. Mengenai langkah-langkah cek sisa kuota 3 (Tri) via kode dial selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau menu Panggilan di HP androidmu.
  • Kemudian ketik kode dial *111#, kemudian tekan tombol Panggil.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up dengan beberapa opsi. Untuk mengecek kuota kamu pilih opsi “4. Cek Kuota”. Masukkan angka 4, kemudian tekan tombol Kirim.
  • Pada halaman berikutnya, kamu pilih jenis kuota yang ingin kamu cek sisanya. Misalnya ingin mengecek sisa kuota internet, maka bisa pilih opsi “2. Kuota Data” dengan memasukkan angka 2, kemudian tekan tombol Kirim.
  • Nantinya akan ditampilkan berapa sisa kuota internet di kartu 3 beserta informasi masa aktif dari paket tersebut.
  • Selesai.

2. Cek Sisa Kuota 3 (Tri) Lewat SMS

Alternatif lain untuk mengecek sisa kuota internet di kartu 3 yakni melalui layanan SMS. Cara satu ini juga bisa dibilang sangat mudah dan tidak butuh waktu lama pastinya. Bahkan kamu yang masih awam pun akan dengan mudah bisa melakukan cara ini. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu SMS di HP androidmu.
  • Kemudian tekan tombol untuk membuat Pesan Baru.
  • Selanjutnya pada bagian kolom nomor tujuan, kamu isi dengan nomor 234.
  • Kemudian pada bagian isi pesan, bisa diisi dengan format “Info Kuota”.
  • Selanjutnya tekan tombol Kirim.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan SMS balasan dari nomor 234 tersebut yang melampirkan informasi terkait sisa kuota yang kamu miliki.
  • Selesai.

Catatan: Cara cek kuota Tri (3) melalui layanan SMS ini sifatnya gratis, alias tidak akan membebanimu dengan biaya pengiriman SMS seperti biasanya.

3. Cek Sisa Kuota 3 (Tri) Via Aplikasi Bima+

Selain kedua cara di atas, kamu juga memungkinkan mengecek sisa kuota internet 3 melalui aplikasi Bima+. Aplikasi Bima+ ini sendiri merupakan aplikasi resmi dari provider 3 untuk memudahkan para pelanggan setianya. Ada banyak fitur yang disediakan di dalam aplikasi, termasuk untuk melihat sisa kuota yang dimiliki.

Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, pastikan smartphone-mu sudah terhubung ke internet. Kamu masih bisa menggunakan aplikasi Bima+ meski tanpa menghidupkan data seluler, asalkan HP terhubung ke jaringan Wifi. Mengenai langkah-langkah mengecek sisa kuota 3 melalui aplikasi Bima+, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Bima+ di HP androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya kamu harus login ke dalam akun Bima+ dengan menggunakan nomor Tri milikmu.
  • Kamu bisa langsung mengetahui sisa kuota internetmu di halaman dasboard aplikasi.
  • Selesai.

Catatan: Tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek sisa kuota kartu 3 saja, di dalam aplikasi ini kamu juga bisa melakukan banyak hal lain, seperti  cek nomor 3, cek pulsa, cek masa aktif kartu dan juga pembelian layanan paket tertentu.

4. Cek Sisa Kuota 3 (Tri) Melalui Website

Selain aplikasi, provider 3 juga menyediakan paltform website resmi untuk men-fasilitasi para penggunanya. Melalui websitenya tersebut pengguna memungkinkan untuk melakukan banyak hal, termasuk mengecek sisa kuota yang dimilikinya.

Adapun langkah-langkah cek kuota kartu 3 melalui website Bima+ selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kunjungi situs Bima+ melalui browser.
  • Selanjutnya kamu login ke akun Bima+ milikmu. Jika masih belum punya akun, maka bisa mendaftar terlebih dahulu menggunakan nomor 3 yang kamu miliki.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman dasboard situs, di sana kamu akan langsung bisa melihat sisa kuota internet yang kamu miliki.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengecek kuota 3 (Tri) yang paling mudah di HP android bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini