Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka – Youtube sudah menjadi salah satu platform nonton video yang paling populer di dunia sekarang ini. Pasalnya, di Youtube kita memungkinkan untuk menonton berbagai genre video yang seru pastinya. Mulai dari video bergenre komedi, percintaan, action, horror dan masih banyak lagi yang lainnya. Hadirnya platform Youtube juga semakin menggeser eksistensi dari channel TV konvensional.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka

Di Youtube kita juga dimungkinkan untuk mendapatkan pengahsilan. Caranya yakni dengan membuat channel di Youtube yang di isi dengan video-video menarik. Di sini kamu bisa membuat video unik dan menarik sesuai dengan keahlianmu. Mungkin itu video vlog, review produk, aktivitas masak dan yang lain sebagainya. Tidak hanya kalangan orang biasa saja, sekarang juga banyak artis yang memiliki channel Youtube sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga:

Nonton video Youtube bisa dilakukan dari perangkat apapun, baik itu smartphone, tablet, PC/laptop, hingga SmartTV. Namun, sebagian besar pengguna lebih suka menonton Youtube dari HP. Selain mudah, menonton video Youtube lewat HP juga bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Namun, terkadang aplikasi Youtube di HP android mengalami masalah error saat dijalankan, misalnya saja aplikasi tidak bisa dibuka. Lantas, bagaimana cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka di smartphone android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android
Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi aplikasi Youtube tidak bisa dibuka, sebaiknya kamu harus tahu dulu apa saja penyebabnya. Ada banyak faktor yang membuat aplikasi Youtube error dan tidak bisa dibuka. Faktor tersebut bisa dari komponen HP, sistem android, atau justru aplikasi itu sendiri yang bermasalah.

Adapun beberapa penyebab Youtube tidak bisa dibuka di HP android dan cara mengatasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memeriksa Koneksi Internet

Faktor pertama yang bisa menyebabkan aplikasi Youtube tidak bisa dibuka yakni karena masalah koneksi. Memutar video di Youtube membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Karena itulah, wajib hukumnya koneksi internet yang kamu gunakan dalam keadaan cepat dan stabil.

Jika menggunakan data seluler, pastikan kamu menggunakan kartu provider dengan sinyal terbaik. Jika tidak, kamu bisa berpindah tempat untuk menemukan lokasi sinyal yang bagus. Lebih disarankan untuk menggunakan sambungan Wifi yang diklaim punya sinyal yang lebih bagus dan stabil. Dengan demikian, aplikasi Youtube pasti akan lancar saat dijalankan di perangkat apapun, termasuk HP android.

2. File Cache Aplikasi yang Sudah Menumpuk

Penyebab lain yang bisa membuat HP tidak bisa menjalankan aplikasi Youtube yakni karena file cache yang menumpuk. File cache di HP android fungsinya untuk mempercepat loading aplikasi saat dijalankan di momen kedua. Namun, jika file cache dibiarkan terlalu lama dan sudah sangat menumpuk, hal ini justru membuat aplikasi mengalami error.

Untuk mengatasi masalah Youtube yang tidak bisa dibuka karena menumpuknya file cache, maka kamu perlu menghapusnya dari perangkat. Menghapus file cache diklaim akan mampu mengatasi error pada aplikasi, termasuk aplikasi Youtube. Mengenai langkah-langkah menghapus file cache aplikasi Youtube tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi.
  • Sekarang kamu cari aplikasi Youtube yang terinstall di HP androidmu.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Kemudian yang terakhir kamu klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. File Data Aplikasi yang Menumpuk

Hampir sama kasusnya dengan file cache, file data juga bisa menyebabkan error pada aplikasi. File data juga bisa membuat aplikasi corrupt, sehingga tidak bisa dijalankan sesuai fungsinya. Di sini kamu perlu menghapus file data aplikasi Youtube untuk mengatasi masalah error tersebut.

Perlu kamu tahu, menghapus data aplikasi Youtube akan membuat semua pengaturan dan data yang ada dihapus secara permanen. Jadi, aplikasi Youtube akan bersih layaknya baru pertama kali diinstall. Untuk menghapus file data aplikasi Youtube, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Youtube.
  • Lalu kamu klik Paksa Berhenti.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

4. Memperbarui Aplikasi Youtube

Penyebab lain aplikasi Youtube error yakni karena aplikasi yang belum diperbarui ke versi terbaru. Aplikasi Youtube versi lama kebanyakan terdapat bug dan error di dalamnya. Karena itulah, kamu perlu menggunakan aplikasi Youtube versi terbaru agar bug dan error tersebut bisa dihilangkan.

Mengupdate aplikasi Youtube ke versi terbaru tidak hanya bisa mengatasi masalah error dan bug saja, melainkan juga ada fitur baru yang ditambahkan. Fitur-fitur baru tersebut dihadirkan tentunya untuk semakin memanjakan para penggunanya.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi Youtube

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi aplikasi Youtube tidak dapat dibuka yakni dengan uninstall dan install ulang aplikasi. Cara ini diklaim lebih ampuh dibandingkan harus melakukan update aplikasi. Di sini kamu bebas ingin menginstall aplikasi Youtube dari Google Play Store ataupun penyedia situs lain.

Setelah menghapus aplikasi Youtube, sebaiknya jangan langsung menginstall ulang. Lakukan restart HP android terlebih dahulu, kemudian kamu bisa menginstallnya di perangkat HP android.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.