Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 Bootloop untuk Pemula

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 Bootloop – HP Xiaomi terkenal dengan harganya yang sangat murah, namun dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Performa kinerja HP dari Xiaomi sangat mumpuni, segala aktivitas bisa dilibas dengan mudah dan cepat. Mulai dari browsing internet, menjalankan banyak aplikasi hingga memainkan game-game berat sekalipun.

Cara Mengatasi Redmi Note 4 Bootloop

Tidak hanya itu saja, HP dari Xiaomi juga dibekali dengan beragam fitur canggih dan menarik. Fitur-fitur tersebut dihadirkan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari dari penggunanya. Meskipun kaya fitur canggih, bukan berarti HP dari Xiaomi tidak pernah mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Xiaomi adalah HP Xiaomi bootloop atau stuck di logo brand.

Baca Juga:

Bootlop ini sendiri bisa saja terjadi pada semua tipe HP Xiaomi, salah satunya adalah pada Xiaomi Redmi Note 4. Lantas, bagaimana cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 bootloop atau brick? Tenang saja, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan beberapa cara mengatasi masalah bootloop tersebut. Lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini!

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 Bootloop

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 Bootloop

HP Xiaomi yang mengalami bootloop bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, mulai dari karena kegagalan saat rooting, alat root yang digunakan tidak support dengan tipe Xiaomi, kegagalan saat flashing, atau juga karena kesalahan saat menginstall aplikasi khusus lainnya.

Bootloop sendiri merupakan kondisi di mana HP tidak bisa booting secara sempurna sehingga mengakibatkan ia stuck di logo brand atau mengalami restart secara terus-menerus. Untuk cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 bootloop khususnya, hanya bisa dengan satu cara yakni flash ROM. Cara melakukannya tidak boleh sembarangan, karena jika gagal atau ada kesalahan saat proses pemasangan ROM maka tidak akan bisa mengatasi bootloop atau brick tersebut.

Sebelum melakukan proses flash ROM Xiaomi Redmi Note 4, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan, antara lain:

  • ROM Fastboot Xiaomi Redmi Note 4 MTK. Download di sini atau di sini
  • SP Flash Tool. Download di sini (pilih sesuai versi yang kamu inginkan)
  • Cust_global.rar. Download di sini
  • Driver MediaTek USB VCOM untuk PC. Download di sini
  • Kabel data USB original Xiaomi
  • PC atau laptop (disarankan PC atau laptop yang terinstall Windows 64 bit)

Setelah semua alat dan bahan untuk cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 MTK di atas sudah disiapkan, maka kamu bisa lanjut ke proses flashing HP. Langkah-langkahnya sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya.

  1. Langkah pertama kamu ekstrak file yang sudah didownload sebelumnya, seperti ROM Redmi Note 4 Mtk, SP Flashtool, cust_global.rar dan juga MediaTek USB VCOM Driver.
  2. Setelah semua file diekstrak, langkah awal kamu install driver MediaTek USB VCOM pada laptop atau PC.
  3. Kemudian pada folder cust_global yang sudah diekstrak tadi, kamu cari file bernama cust.img. Lakukan copy pada file tersebut lalu pasti di folder hasil ekstrak dari file ROM Fasboot Redmi Note 4 Mtk. Lebih tepatnya di dalam folder Images (hasil ekstrak ROM/Images). Nantinya akan muncul notifikasi peringatan, klik Replace.
  4. Selanjutnya jalankan aplikasi SP Flash Tool dengan cara klik kanan pada file flash_tool.exe, lalu pilih Run as administrator.
  5. Pada halaman awal aplikasi SP Flash Tool, kamu klik pada bagian Download Agent. Selanjutnya kamu cari sebuah file yang bernama MTK_AllInOne_DA.bin yang ada di dalam folder SP Flash Tool yang sudah diekstrak sebelumnya.
  6. Dilanjut dengan klik pada bagian Scatter-loading, kemudian kamu cari file yang bernama MT6797_Android_Scatter.txt yang ada di dalam folder Images ROM Fasboot Redmi Note 4 Mtk.
  7. Ceklist semua opsi yang tertera di dalam list, kecuali pada opsi Preloader. Hilangkan ceklist pada opsi tersebut. Setelah itu, kamu klik Download.
  8. Sekarang lanjut pada HP Xiaomi Redmi Note 4 yang mengalami bootloop atau brick. Dalam keadaan mati, kamu tekan tombol volume down (-) dan segera hubungkan HP dengan PC atau laptop menggunakan kabel data USB.
  9. Tekanan pada tombol volume down jangan dilepas dulu. Sekarang kamu perhatikan bagian bar loading yang ada bagian bawah tampilan SP Flashtool. Disitu warnanya akan berubag-ubah, dan jika sudah berwarna kuning maka lepaskan tekanan pada volume down HP.
  10. Secara otomatis proses flashing Redmi Note 4 MediaTek akan berlangsung, tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai nantinya pada SP Flashtool akan muncul logo ceklist besar.
  11. Cabut kabel data USB dari HP, kemudian cobalah untuk menghidupkannya. Jika proses booting terasa cukup lama, ini hal yang wajar. Kamu tinggal menunggu antara 5 hingga 20 menit sampai HP Redmi Note 4 selesai melakukan booting pertama.
  12. Selesai, bootloop yang terjadi pada HP Xiaomi Redmi Note 4 sudah berhasil diatasi.

Kebanyakan HP Xiaomi, khususnya Redmi Note 4 sekarang ini menggunakan ROM Distributor atau pun ROM abal-abal. Akibatnya HP Xiaomi akan mengalami banyak sekali masalah, salah satunya error system sehingga menyebabkan bootloop atau brick. Karena itulah, sebaiknya kamu lakukan flashing HP Xiaomi ke ROM Official agar lebih aman dan tanpa ada banyak masalah.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 4 bootloop atau brick yang bisa kamu coba terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?