Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Android

Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Android – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling favorit sekarang ini. Hampir semua orang pasti sudah memilikinya, baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa. Hal ini dikarenakan HP android mempunyai fungsi yang fleksible dan mampu memudahkan berbagai aktivitas harian para penggunanya. Di dalamnya disediakan berbagai fitur canggih yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya tersebut. Ditambah lagi dengan dukungan spesifikasi yang mumpuni, semakin membuat pengguna sangat termanjakan.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Android
Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Android

Tetapi, rasanya HP android tidak akan begitu berguna tanpa adanya koneksi internet. Ya, karena hampir semua aktivitas di HP android pasti membutuhkan koneksi internet tersebut. Agar HP bisa terhubung ke internet, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan yakni menggunakan kuota seluler dan juga menghubungkan ke jaringan Wifi. Untuk fungsinya tentu sama, yang membedakan mungkin hanya soal kecepatan dan kestabilan koneksi saat digunakan.

Baca Juga:

Jaringan Wifi mungkin banyak dipilih bukan hanya soal kecepatan dan kestabilannya saat digunakan untuk internetan. Tetapi juga, umumnya koneksi Wifi disediakan secara publik dan bisa diakses secara gratis. Misalnya saja jaringan Wifi yang disediakan di cafe, warung kopi, mall, instansi dan lain sebagainya. Meskipun sudah dilindungi dengan password, tetapi umumnya password tersebut masih bisa dibobol dengan trik-trik tertentu. Meskipun demikian, tetapi tidak jarang HP mengalami masalah saat mencoba dihubungkan ke jaringan Wifi. Misalnya saja fitur Wifi yang tidak menyala di HP android. Lantas, bagaimana cara mengatasi Wifi tidak menyala di android tersebut?

Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Android

Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di Hp Android
Cara Mengatasi Wifi Tidak Menyala di HP Android

Tidak perlu panik dan bingung saat mendapati masalah Wifi yang tidak menyala di HP android. Pasalnya, masih ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum lanjut ke cara mengatasi masalah Wifi yang error, ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab masalah Wifi di HP tidak menyala tersebut, antara lain:

  • Jangkauan sinyal Wifi yang terlalu jauh.
  • RAM penuh dengan cache yang menumpuk.
  • Sistem android mengalami error.
  • HP diserang oleh virus atau malware.
  • Komponen hardware HP yang rusak.
  • Dll.

Setelah mengetahui beberapa penyebab Wifi tidak menyala di android di atas, sekarang lanjut ke cara bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mengatasi Wifi di android tidak menyala selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah Wifi yang tidak menyala di smartphone android yakni dengan melakukan restart. Cara satu ini memang tampak sederhana, tetapi cukup ampuh untuk mengatasi masalah pada fitur Wifi HP android tersebut. Cukup lakukan restart HP android dan tunggu beberapa saat hingga sistem siap melakukan perintah.

Jika sudah, cobalah untuk kembali menghidupkan fitur Wifi di HP android. Secara otomatis masalah pada Wifi android yang tidak menyala tadi tidak akan dialami lagi. Dengan merestart HP android maka file sampah yang tersimpan di RAM akan dihapus, sehingga RAM menjadi bersih kembali. Tidak hanya bisa mengatasi masalah Wifi tidak menyala, restart HP android juga mampu mengatasi masalah error ringan lain yang sering terjadi.

2. Melakukan ON / OFF fitur Wifi di Android

Cara satu ini juga bisa dijadikan alternatif jika memang kamu enggan melakukan restart HP android. Kemungkinan sistem android belum terlalu siap untuk memberikan respon terhadap perintah yang kamu berikan. Alhasil, fitur Wifi yang sudah dinyalakan justru terabaikan oleh sistem sehingga HP tidak terhubung ke jaringan Wifi. Atau bisa juga HP android lambat memberikan respon, dan kamu tidak cukup sabar untuk menunggunya. Dan akhirnya mengira kalau fitur Wifi di HP memang tidak menyala.

Untuk masalah satu ini bisa kamu matikan atau nonaktifkan terlebih dahulu fitur Wifi di HP android. Jangan langsung menyalakannya kembali, kamu biarkan dulu kurang lebih 2 hingga 5 menit untuk HP beristirahat. Setelah itu, cobalah untuk menyalakan lagi fitur Wifi di HP android. Biasanya cara ini akan langsung membuat fitur Wifi di android langsung menyala dan siap untuk digunakan seperti biasa.

3. Scan HP dengan Antivirus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab Wifi di HP tidak menyala mungkin karena serangan virus atau malware. Karena itulah, kamu bisa mencoba melakukan scanning HP android menggunakan antivirus. Sebaiknya kamu gunakan antivirus yang memang sangat ampuh membersihkan sekaligus mencegah virus atau malware menyerang lagi.

Ada banyak pilihan antivirus untuk HP android yang bisa kamu install secara gratis di android. Misalnya saja Avast Antivirus Mobile, Avira, AVG Mobile, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Melakukan Factory Reset HP Android

Wifi yang tidak menyala di android mungkin disebabkan oleh sistem yang mengalami error. Error pada sistem android memang bisa membuat fungsinya kurang berjalan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya yakni dengan melakukan factory reset HP android.

Factory reset atau mengembalikan HP ke setelan awal pabrik merupakan cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah error pada HP android. Termasuk juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah error pada fitur Wifi HP.  Namun, perlu kamu ingat bahwa melakukan factory reset berarti kamu akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP, termasuk juga aplikasi terinstall. Solusinya kamu bisa melakukan backup data HP android terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Untuk melakukan factory reset HP android, ada dua metode yang bisa diterapkan. Salah satunya melakukan reset langsung dari pengaturan sistem android. Caranya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> klik opsi Setelan Tambahan >> Pilih Buat Cadangan dan Reset >> dan klik pada opsi Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Dibongkar.

5. Flash Ulang HP Android

Dan cara mengatasi Wifi tidak menyala di android yang terakhir yakni dengan melakukan flash ulang HP android. Untuk langkah-langkahnya mungkin agak rumit, sehingga jarang penggun mengetahuinya.

Untuk melakukan flash ulang HP android kamu masih diharuskan mengunduh firmware sesuai tipe HP androidmu. Selain itu, perlu juga tools khusus dan perangkat PC untuk membantu proses flashing.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Wifi tidak menyala di android paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?