Cara Mengatasi Wifi Limited Access di HP Android

58
Cara Mengatasi Wifi Limited
Cara Mengatasi Wifi Limited

Cara Mengatasi Wifi Limited – HP android akan berfungsi dengan lebih maksimal jika perangkat tersebut sudah dihubungkan ke jaringan internet. Baik itu, dengan menggunakan jaringan seluler maupun jaringan wifi publik/private. Pasalnya, hampir semua aktivitas di HP android pasti membutuhkan koneksi internet tersebut agar bisa berjalan lancar. Misalnya saja, untuk urusan mengakses browser, bermain game berbasis online, chattingan di aplikasi chat online, scrolling media sosial, hingga menjalankan berbagai jenis aplikasi berbasis online. Karena itulah, jika HP tidak terhubung ke jaringan internet rasanya seperti tidak ada gunanya, melainkan hanya bisa menjalankan fungsi dasar.

Cara Mengatasi Wifi Limited
Cara Mengatasi Wifi Limited

Dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler, mengoneksikan HP android ke jaringan wifi diklaim lebih nyaman dan koneksinya stabil. Apalagi jika jaringan wifi yang digunakan hanya dikusai oleh perangkat HP tersebut atau beberapa perangkat saja. Pastinya kecepatan internet yang diberikan akan lebih maksimal dibandingkan saat ada banyak perangkat yang terhubung ke jaringan wifi tersebut. Di beberapa tempat menyediakan wifi publik yang memungkinkan untuk dinikmati oleh siapa saja. Baik itu, di taman kota, wifi corner Telkom, cafe dan restoran, mall, hotel dan lain sebagainya. Namun, terhubung ke jaringan wifi publik ini cukup riskan, karena HP rawan terkena hack.

Baca Juga:

Berbicara mengenai jaringan wifi, ada kondisi di mana jaringannya tersebut mengalami masalah error. Misalnya saja, jaringan wifi limited akses yang membuat kita tidak bisa terhubung ke internet. Kalau pun bisa terhubung, namun kecepatan koneksinya sangat lambat. Bahkan pada beberapa perangkat lain tidak bisa terhubung ke jaringan wifi tersebut. Hal semacam ini dapat disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin juga tidak disadari oleh pengguna. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah cara mengatasi wifi limited access tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Jaringan Wifi Limited Access di HP Android

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki koneksi wifi akses dibatasi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Mengetahui beberapa penyebabnya ini nantinya akan mempermudah kita dalam hal perbaikannya. Adapun beberapa penyebab jaringan wifi limited access di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Router wifi yang error sehingga berpengaruh terhadap koneksi internet yang dipancarkannya.
  2. Masalah error jaringan pada HP android.
  3. Pada HP tersimpan terlalu banyak jaringan wifi yang membuat koneksi wifi menjadi error.
  4. Kesalahan dalam mengatur tanggal dan waktu di perangkat HP android.
  5. Jaringan wifi error di HP akibat menumpuknya file cache atau sampah.
  6. Penggunaan antivirus yang membuat jaringan wifi diblokir di HP android, sehingga HP tidak dapat terhubung ke jaringan tersebut.
  7. Jaringan wifi diatur hanya untuk perangkat tertentu saja. Dalam hal ini HP androidmu tidak diberikan akses sehingga menyebabkan limited access.

Pastikan kamu telah memahami beberapa penyebab jaringan wifi error di HP android di atas agar lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Selain itu, ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk pencegahan masalah yang sama terulang lagi.

Cara Mengatasi Wifi Limited Access di HP Android

Cara Memperbaiki Wifi Limited di HP
Cara Memperbaiki Wifi Limited di HP

Sekarang lanjut ke tutorial untuk mengatasi jaringan wifi limited access di perangkat HP android. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang pastinya sangat mudah untuk menerapkannya. Adapun cara mengatasi wifi limited access di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah error pada jaringan wifi di HP android yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan menghapus semua cache atau sampah yang tersimpan otomatis di memori HP, khususnya di RAM. Melakukannya diklaim akan mengatasi berbagai masalah error pada HP, termasuk jaringan wifinya.

Selain itu, melakukan restart HP juga akan membuat performa HP menjadi lebih cepat dan responsive. Ini karena ruang RAM yang sudah kosong dan mampu meningkatkan performa HP.

2. Lakukan Restart atau Reset Router

Selain restart HP, kamu juga bisa mencoba melakukan restart pada modem atau router wifi ketika terjadi error pada jaringannya. Caranya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol Powers atau Daya pada bagian belakang bodi router. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan lagi router dengan menekan tombol yang sama.

Pastikan router telah menyala dan lampu indikatornya menunjukkan warna hijau semua. Tidak ada yang berwarna oranye bahkan merah, yang mana lampu indikator dengan warna ini menandakan kalau jaringan wifi sedang ada masalah pada server pusatnya.

3. Aktifkan Mode Pesawat di HP Android

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi limited access pada jaringan wifi yakni dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Caranya dengan mengusap layar HP dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel. Kemudian klik pada ikon Mode Pesawat.

Setelah beberapa saat, kamu matikan lagi Mode Pesawat di HP dengan cara yang sama seperti tadi. Selanjutnya kamu hubungkan lagi HP ke jaringan wifi yang digunakan sebelumnya.

4. Atur Ulang Tanggal dan Waktu di HP Android

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab jaringan wifi limited di android dikarenakan kesalahan pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai dengan lokasi pengguna saat ini. Bisa jadi karena pengguna mengatur tanggal dan waktu di HP tersebut secara manual atau karena hal lainnya. Hal ini memang sering membuat HP error, khususnya pada bagian jaringannya.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu perlu melakukan pengaturan ulang tanggal dan waktu di HP android. Agar tanggal dan waktunya lebih akurat, sebaiknya kamu pilih saja pengaturan tanggal dan waktu otomatis. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Lalu pilih opsi Tanggal dan Waktu.
  • Selanjutnya geser tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi Tanggal dan Waktu Otomatis.
  • Kemudian simpan pengaturannya dengan klik tombol Selesai.

Dengan cara ini tanggal dan waktu di HP akan mengikuti waktu di lokasi kamu berada saat ini tanpa perlu repot mengaturnya secara manual.

5. Menghapus Jaringan Wifi Tersimpan di HP Android

Terlalu banyak jaringan wifi yang tersimpan di HP android juga menjadi penyebab lain jaringan wifi di HP limited access. Untuk langkah-langkah mengatasinya sendiri, yakni:

  • Pastikan kamu sudah menyalakan fitur wifi di HP androidmu.
  • Sekarang usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Quick Panel.
  • Kemudian tekan dan tahan pada ikon Wifi.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman pengaturan jaringan wifi. Selanjutnya klik pada opsi Pengaturan Lanjutan.
  • Lalu masuk ke opsi Jaringan Tersimpan.
  • Sekarang pilih salah satu jaringan wifi tersimpan yang ingin dihapus. Tekan dan tahan pada nama jaringan wifi tersebut, kemudian klik Hapus.
  • Selesai.

Kamu bisa menghapus banyak jaringan wifi tersimpan sekaligus dengan menandainya, lalu klik Hapus. Di beberapa merek dan tipe HP lain mungkin tidak tersedia fitur hapus jaringan wifi tersimpan ini, namun diganti dengan fitur Lupa Jaringan Wifi yang fungsinya tetap sama.

6. Hapus Aplikasi Antivirus yang Digunakan

Aplikasi antivirus di HP android terkadang ada yang memblokir penggunaan jaringan wifi di HP android. Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar HP terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hack.

Agar jaringan wifi di HP normal lagi, kamu harus melakukan uninstall pada antivirus tersebut. Caranya dengan tekan dan tahan pada ikon aplikasi antivirus, kemudian pilih Hapus Instalasi atau Uninstall.

7. Meminta Izin Akses HP ke Jaringan Wifi yang Tersedia

Dan yang terakhir dengan memberikan izin akses jaringan wifi pada HP android. Untuk cara ini kamu perlu masuk ke halaman admin router, kemudian menambahkan alamat IP HP milikmu agar dapat mengakses jaringan wifi tersebut.

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu adalah pemilik dari jaringan wifi tersebut. Jika jaringan wifinya milik orang lain, kamu bisa meminta untuk diberikan izin akses jaringan wifi untuk HP androidmu tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi wifi limited access di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mempercepat Download Telegram di Android
Artikel SelanjutnyaCara Blokir Akun FB Sendiri yang Dihack Orang Lewat HP
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini