7 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala – Internet seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern sekarang ini. Internet kegunaannya yang fleksible menjadi sebagian orang sangat tergantung dengan keberadaannya. Selain untuk sarana hiburan seperti main game atau bersosial media, Internet biasanya juga dimanfaatkan untuk sarana bisnis. Apalagi sekarang ini dunia online sudah berkembang sangat pesat, menghadirkan banyak peluang usaha yang menggiurkan untuk dijalani.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala
Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala

Koneksi internet sendiri lebih sering digunakan pada smartphone, khususnya smartphone android. Hampir semua kegiatan yang dilakukan di HP android, pasti membutuhkan koneksi internet. Baik itu melalui data seluler ataupun koneksi Wifi. Tapi terkadang penggunaan koneksi internet pada HP android sering mengalami masalah. Misalnya saja Wifi android yang tidak menyala.

Baca Juga :

Untuk masalah koneksi Wifi yang tidak menyala di android, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kebanyakan masalah seperti ini hanya butuh langkah simpel untuk mengatasinya. Tapi terkadang juga harus mengganti beberapa komponen android jika kondisinya cukup parah. Berikut ini sudah saya rangkumkan cara mengatasi wifi android tidak menyala yang bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala Paling Ampuh

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Menyala

Sebenarnya cukup mudah cara mengatasi wifi android tidak menyala, bahkan bagi pemula sekalipun. Tetapi memang bagi pengguna yang masih awam akan cukup kebingungan jika terjadi masalah seperti ini. Jangan terburu-buru langsung membawanya ke tukang service, karena bisa jadi masalah tersebut bisa kamu tangani sendiri.

1. Memeriksa pengaturan Wifi di android

Cara mengatasi wifi android tidak menyala yang pertama adalah dengan memeriksa pengaturan wifi di android itu sendiri. Kamu bisa menuju ke menu Setting lalu buka bagian Koneksi. Lihat apakah wifi android sudah dinyalakan atau belum. Jika belum, nyalakan wifi android dengan menggeser tombol slide-nya. Secara otomatis HP akan mendeteksi sinyal wifi yang tersedia di sekitar kamu.

Jika sudah, pilih wifi yang tersedia dan pastikan kamu memasukkan password yang benar jika wifi diberi password.

2. Melakukan restart HP android

Wifi yang tidak menyaka di android mungkin dikarenakan adanya kesalahan sistem atau terlalu banyak file sampah di RAM android. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa melakukan restart HP android.

Tunggu sampai HP menyala kembali, dan cobalah untuk menyalakan wifi android. Apakah wifi android sudah menyala?

3. Melakukan On / Off wifi android

Cara mengatasi wifi android tidak menyala paling mudah berikutnya adalah dengan melakukan On atau Off pada wifi androidmu. Cara satu ini pernah saya lakukan ketika wifi di android tidak menyala atau tidak terdeteksi. Alhasil, setelah melakukan off, kemudian menghidupkannya kembali dan wifi sudah terdeteksi.

Masalah wifi android tidak menyala atau terdeteksi juga pernah saya alami saat menggunakan MIFI. Waktu itu MIFI yang saya gunakan tidak mati selama 1 hari penuh, saat baterai hampir habis langsung saya charge. Entah kenapa di HP android koneksi wifi tidak terdeteksi. Akhirnya saya coba mematikan MIFI dan mendiamkan sekitar 5 menit, kemudian menghidupkannya kembali. Saat wifi di android dinyalakan kembali, akhirnya wifi sudah terdeteksi dan bisa digunakan seperti biasa.

4. Melakukan reset pada router wifi

Masalah wifi android tidak menyala mungkin bukan disebabkan oleh HP itu sendiri, melainkan karena router wifi yang bermasalah. Cobalah untuk melakukan reset pada router wifi. Tombol reset sendiri biasanya berupa lubang kecil yang ada di belakang router, berdampingan dengan colokan LAN atau charge. Dengan cara ini kemungkinan Wifi sudah bisa menyala di HP android.

5. Melakukan factory reset android

Cara mengatasi wifi android tidak menyala berikutnya adalah dengan melakukan factory reset pada HP android. Cara ini bisa kamu lakukan jika langkah-langkah di atas memang tidak berdampak apa-apa.  Perlu kamu tahu, melakuka factory reset akan membuat semua data yang ada di memori internal HP akan hilang. Solusinya adalah dengan melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Cara melakukan factory reset atau reset ke pengaturan pabrik cukup mudah. Kamu tingal masuk ke menu Pengaturan, lalu klik pada opsi Cadangkan dan Reset. Setelah itu kamu pilih Reset Data Pabrik. Tunggu sampai proses factory reset selesai, dan cobalah restart HP terlebih dahulu sebelum menyalakan wifi android kembali.

6. Melakukan flash ulang

Jika dengan cara factory reset masih belum juga bisa mengatasi masalah wifi android yang tidak menyala, maka kamu bisa melakukan flash ulang HP android. Melakukan flash ulang HP android itu artinya kamu akan mengganti firmware sesuai tipe dan merek HP android yang kamu miliki.

Cara flash ulang pada HP android berbeda-beda untuk setiap merek HP. Dan lagi firmware yang disediakan oleh setiap brand juga berbeda, kamu bisa mengunduhnya di situs resmi masing-masing merek atau brand. Sesuaikan juga firmware dengan tipe HP yang kamu miliki.

7. Membawa ke service center

Dan cara mengatasi wifi android yang tidak menyala terakhir adalah dengan membawanya ke service center. Mungkin masalah tersebut disebabkan oleh komponen android yang terjadi kerusakan. Perlu penggantian komponen jika hal ini terjadi.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi wifi android tidak menyala paling mudah yang bisa kamu terapkan. Masalah di atas sudah pernah saya alami sendiri, dan berhasil diatasi dengan cara di atas. Jangan lupa share artikel ini ke akun sosial media kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.