Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File

76
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File
Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File Semakin hari aplikasi perpesanan WhatsApp semakin banyak digunakan oleh semua kalangan pengguna smartphone baik di dalam maupun di luar negeri. Bagaimana tidak, banyak fitur yang di sajikan oleh aplikasi ini yang membuat para penggunanya nyaman dalam melakukan aktivitas berkomunikasi secara digital. Akan tetapi, dari banyaknya fitur yang di tawarkan tentunya ada sedikit pengguna WhatsApp yang mengalami masalah, baik permasalahan umum maupun serius sekalipun yang dapat mengganggu aktivitas para pengguna dalam mengakses aplikasi WhatsApp tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File

Nah salah satu permalasahan yang sering kali mengganggu para pengguna WA yaitu masalah pada saat mendownload berkas baik itu dokument dan file media lainnya seperti foto, video ataupun music. Walaupun terdengar sepele, namun masalah ini jika di biarkan begitu saja maka akan sangat merugikan kita sebagai pengguna aplikasi WhatsApp. Yang mana tentunya kita tidak akan bisa menyimpan foto atau file penting lainnya yang dikirimkan dari kerabat atau teman melalui aplikasi perpesanan tersebut.

Baca Juga:

Memang permasalahan yang satu ini menjadi salah satu masalah yang tak jarang di jumpai oleh para pengguna. Dan juga masih terdapat banyak pengguna juga yang belum mengetahui apa penyebab serta solusi bagaimana cara mengatasinya. Tapi tenang, bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas apasih penyebab sehingga permasalahan ini muncul? Dan bagaimana solusi yang aktif dalam mengatasi. Semuanya akan kita rangkum pada isi artikel kali ini, maka dari itu terus simak artikelnya yaa.

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File

Di bawah ini sudah ada beberapa penyebab serta solusinya langsung bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut yang mungkin sedang kalian alami. Melalui penyebab-penyebab ini lah kalian bisa menentukan cara yang terbaik untuk kamu gunakan.

1. Menutup Aplikasi Lain

Ketika anda hendak ingin mengunduh file dari WhatsApp mungkin saja proses tersebut terhambat dikarenakan adanya aplikasi lain yang sedang bekerja. Yang mana juga mungkin menyebabkan ruang RAM dari HP mu mengecil dan tidak memungkin untuk melakukan pengunduhan. Maka dari itu cara pertama yang perlu kalian coba adalah menutup semua aplikasi yang mungkin berjalan di latar belakang smartphone milikmu.

Berikut dibawah ini bagaimana cara menutup aplikasi lain secara paksa:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone Android mu
  2. Kemudian gulir ke bagian bawah dan tekan menu Setelan Aplikasi
  3. Selanjutnya pilih aplikasi yang sekiranya berat memakan peforma HP seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lain sebagainya
  4. Setelah memilih aplikasi yang ingin dihentikan, lanjut tekan tombol Paksa Berhenti atau Force Stop di bagian paling bawah.

2. Tanggal dan Waktu Smartphone Tidak Akurat

Terkadang penyebab yang satu ini banyak di remehkan para pengguna. Yang mana apabila jam dan tanggal pada smartphone tidak di atur dengan benar maka dapat juga menjadi penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa melakukan pengunduhan pada file didalamnya. Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Hal ini di karenakan apabila tanggal dan waktunya salah maka smartphone tersebut tidak dapat sinkron dan terhubung ke server WhatsApp untuk melakukan pengunduhan. Begitu juga sebaliknya, pengguna tidak akan bisa mengirimkan file ke pengguna lain apabila terdapat kesalahan ini.

Jadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini ialah dengan mengatur kembali format tanggal dan jam pada smartphone kamu melalui menu pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings pada smartphone kamu
  2. Kemudian masuk ke opsi General Management atau System, disesuaikan saja karena setiap HP memiliki istilah menu yang cukup berbeda
  3. Lalu tekan menu Date & Time
  4. Pastikan kamu mengatur tanggal dan waktu dengan benar.

3. Kapasitas Penyimpanan Penuh

Tak jarang kita lupa bahwa kapasitas penyimpanan pada memory internal HP kita sudah sangat sempit yang mengakibatkan performa HP menjadi berkurang dan tidak bisa melakukan pengunduhan. Untungnya untuk mengecek sisa kapasitas penyimpanan smartphone kita cukup mudah di bagian menu Pengelolaan File atau semacamnya yang dapat memberikan informasi secara akurat mengenai kapasitas yang tersisa pada memory. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini tentunya kalian perlu memindahkan atau menghapus data berupa video, foto atau apapun itu yang dirasa sudah memenuhi ruang penyimpanan.

4. Periksa Apakah Sudah Mengizinkan WhatsApp Akses Memori

Tak kalah penting juga untuk memastikan bahwa kamu sebelumnya sudah memberi izin WhatsApp untuk mengakses foto, video dan file lainnya. Mau kalian pengguna lama ataupun baru mungkin saja penyebab yang satu ini menjadi faktor utama kalian dalam permasalahan tidak bisa mengunduh file.

Nah, untuk kamu para pengguna smartphone Android bisa mengaktifkan perizinan tersebut melalui langkah ini:

  1. Pergi menuju menu Settings
  2. Kemudian buka opsi Apps & Notification
  3. Setelah itu pilih aplikasi perpesanan WhatsApp
  4. Selanjutnya tekan menu Permissions dan klik bagian Storage
  5. Disini kita tekan tombol Allow.

Jika kamu pengguna smartphone iOS maka ini cara yang perlu kamu lakukan:

  1. Masuk ke menu Settings dan klik Privacy
  2. Tekan Photo dan pilih aplikasi WhatsApp
  3. Selanjutnya dari tiga pilihan yang ada silahkan pilih All Photos.

Penutup

Baik, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel kita kali ini. Jangan lupa share informasi ini ke akun sosial media milikmu yaa.

Artikel SebelumnyaCara Cek HP Sudah Support MHL atau Belum Paling Akurat
Artikel SelanjutnyaPenyebab dan Cara Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini