Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Gambar

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Gambar – Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting fenomenal WhatsApp. Ya, WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chatting mobile terbaik dan terpopuler sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan dan fitur menarik yang tersedia di dalamnya. Tidak hanya memungkinkan kita berkirim pesan teks, melainkan juga berkirim video, gambar, dokumen atau bahkan berbagai lokasi.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Gambar

Di WhatsApp juga sudah tersedia fitur berbagi cerita atau story yang memungkinkan pangguna membagikan setiap momennya melalui foto atau video. Selain keunggulan yang dimiliki WhatsApp, ada pula beberapa pengguna yang mengalami masalah atau kendala saat menggunakannya. Salah satunya adalah mereka tidak bisa mengirim atau menerima file gambar yang dibagikan di chat.

Baca Juga:

Tidak bisa mengirim dan menerima gambar di WhatsApp bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena koneksi internet di HP, aplikasi corrupt atau karena terjadi masalah di sistem android. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima gambar tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Gambar

Masalah tidak bisa mengirim atau menerima gambar di WhatsApp memang tidak jarang dialami oleh beberapa pengguna. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tidak hanya gambar saja, masalah tersebut juga sering terjadi saat akan mengirim atau menerima file lain seperti video, dokumen dan juga pesan suara.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Foto

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerikan gambar dan file lainnya seperti ini sebenarnya sangatlah mudah. Adapun langkah-langkah mengatasi permasalahan tersebut, di antaranya:

1. Memeriksa Koneksi Internet di HP Android

Masalah tidak bisa mengirim atau menerima file di WhatsApp, bisa saja disebabkan karena koneksi jaringan di HP yang bermasalah. Cek apakah HP terhubung dengan jaringan internet atau tidak. Cek juga apakah kuota data seluler masih ada atau memang sudah habis sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Jika kamu menggunakan jaringan wifi, cek apakah tidak terjadi kendala di modem atau router wifi. Coba hubungkan perangkat lain ke jaringan wifi tersebut untuk mengetahui kondisinya. Jika memang terhubung, berarti masalah terjadi pada HP androidmu saja. Coba aktifkan Mode Pesawat lalu nonaktifkan kembali, kemudian coba hubungkan kembali HP ke jaringan Wifi atau data seluler.

2. Melakukan Restart HP

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima gambar berikutnya adalah dengan melakukan restart pada HP android. Mungkin saja masalah ini terjadi karena terjadinya error pada sistem android akibat terlalu lama dipakai. Atau bisa juga karena terlalu banyak file sampah atau cache di RAM sehingga menyebabkan masalah tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa melakukan restart pada HP android. Dengan melakukan restart HP, ruang RAM akan kembali kosong dan komponen HP lainnya juga lebih maksimal kinerjanya. Biasanya setelah melakukan restart, aplikasi WhatsApp error akan kembali normal.

3. Mengatur Waktu Otomatis di Android

Mengatur waktu otomatis di HP android juga menjadi salah satu cara mengatasi WhatApp tidak bisa mengirim dan menerima foto paling tepat. Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh pengaturan waktu di android yang diset secara manual sehingga tidak sesuai dengan waktu nyata.

Tidak hanya aplikasi WhatsApp saja, aplikasi lain yang berbasis online biasanya mengalami berbagai masalah jika waktu tidak diatur sesuai dunia nyata (otomatis). Untuk cara mengatur waktu otomatis di HP android, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Sistem.
  • Selanjutnya klik opsi Tanggal & Waktu untuk mengatur waktu otomatis di android.
  • Aktifkan pengaturan waktu otomatis dengan menggeser slider ke arah kanan pada opsi Tanggal & Waktu Otomatis.
  • Kembali ke aplikasi WhatsApp, cobalah untuk mengirim file foto kembali.

4.  Memberi Akses Penyimpanan

Masalah tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau foto bisa juga disebabkan karena kamu tidak memberi izin aplikasi untuk mengakses Penyimpanan HP. Baik disengaja atau tidak, kondisi ini akan membuat aplikasi tidak bisa membuka file penyimpanan HP baik penyimpanan internal maupun eksternal.

Agar kembali bisa mengirim atau menerima file gambar atau foto di android, sebaiknya beri izin WhatsApp untuk mengakses Penyimpanan HP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke Menu Pengaturan atau Setelan
  • Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp, kemudian klik pada opsi Izin.
  • Beri izin aplikasi mengakses penyimpanan dengan menggeser slidernya ke arah kanan pada opsi Penyimpanan.

5. Masalah Terjadi pada MicroSD

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau foto yang terakhir adalah dengan memeriksa MicroSD. Masalah yang terjadi pada microSD bisa saja menyebabkan kondisi tersebut, misalnya saja ruang di microSD sudah penuh, microSD diset ke mode Read Only, atau juga microSD sudah rusak.

Jika memang ruang di microSD sudah penuh, sebaiknya hapus atau pindahkan file yang ada di dalamnya ke media penyimpanan lain seperti flashdisk atau harddisk. Pastikan juga mode hanya baca di microSD dirubah settingannya ke mode lain. Dan masalah tersebut masih tetap terjadi, melakukan format microSD mungkin menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima gambar atau foto paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?