5 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka – Hampir semua pengguna smartphone android pasti memiliki akun WhatsApp pribadi. WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi chatting online terpopuler yang banyak digunakan. Di dalamnya tersedia banyak sekali fitur keren yang pastinya bakal memanjakan para penggunanya. Pengguna tidak hanya bisa berkirim pesan teks saja, melainkan juga memungkinkan berkirim file media, seperti gambar, video, audio bahkan file dokumen lainnya. Berbagai pilihan emoticon lucu dan unik juga tersedia untuk meramaikan aktivitas chatting.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Satu lagi fitur menarik yang ada di aplikasi WhatsApp, yakni fitur berbagi cerita atau stories. Dengan fitur ini pengguna memungkinkan untuk berbagi cerita hariannya dalam bentuk foto ataupun video. Namun, cerita yang dibagikan tersebut akan dihapus secara otomatis setelah melewati waktu 24 jam. Inilah yang akhirnya membuat pengguna semakin nyaman menggunakan aplikasi WhatsApp tersebut.

Baca Juga:

Meski dibekali dengan beragam fitur keren, namun ternyata ada saja masalah error yang dialami saat menjalankannya. Salah satunya yakni aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka atau dijalankan. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor yang terkadang juga tidak disadari oleh para penggunanya. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Dibuka

Sebelum lanjut ke cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka, ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, kita bisa dengan lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab aplikasi WA tidak bisa dibuka di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Koneksi Internet yang Bermasalah

Hal yang bisa menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak berjalan sempurna yang pertama yakni masalah koneksi internet. Hal ini sering sekali terjadi jika kamu menggunakan koneksi data seluler sebagai sambungan internetnya.

Mungkin saja server dari operator yang sedang bermasalah sehingga menyebabkan sinyalnya error. Atau bisa juga karena cuaca buruk yang menyebabkan koneksi internet bermasalah.

2. Aplikasi WhatsApp Belum Diupdate

Sama seperti aplikasi android lainnya, WhatsApp juga sering memberikan update terbaru setiap waktuya. Karena itulah, pengguna juga harus melakukan update aplikasi jika WhatsApp sudah menyediakan aplikasi versi terbaru.

Aplikasi WhatsApp yang sudah kadaluarsa atau tidak diupdate ke versi terbaru, terkadang menyebabkan masalah error. Salah satu masalah yang bisa terjadi yakni WhatsApp tidak bisa dibuka atau dijalankan.

3. Terlalu Banyak File Cache yang Menumpuk

Penyebab aplikasi WA tidak bisa dibuka selanjutnya yakni karena terlalu banyak file cache yang tersimpan. File cache yang semula sangat bermanfaat, namun jika dibiarkan sudah menumpuk maka akan menyebabkan error pada aplikasi WhatsApp.

4. Aplikasi WhatsApp Tidak Support

Berbagai aplikasi android yang tersedia memiliki standar tersendiri agar bisa diinstall di HP android. Jika ternyata HP android tidak memenuhi standar tersebut, maka tidak heran jika aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan. Hal yang sama juga bisa terjadi pada aplikasi WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Setelah mengetahui apa saja penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengatasinya. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Update Aplikasi WhatsApp

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka yakni dengan mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka yakni karena WhatsApp sudah tidak kompatibel dengan OS Android.

Adapun langkah-langkah untuk mengupdate aplikasi WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke Google Play Store di HP android.
  • Setelah itu, klik pada ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Aplikasi & Game Saya.
  • Cari aplikasi WhatsApp, lalu klik tombol Update.
  • Tunggu sampai proses update aplikasi selesai.

2. Melakukan Restart HP Android

Alternatif lain untuk mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa dijalankan yakni dengan melakukan restart. Restart HP android diklaim bakal mampu mengatasi berbagai masalah ringan yang sering terjadi. Termasuk juga masalah error pada aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Selain itu, melakukan restart HP android juga akan membersihkan RAM sehingga membuat performa kinerjanya semakin cepat. Semakin maksimal lagi karena aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dihentikan secara paksa.

3. Menghapus File Cache Aplikasi WhatsApp

Seperti yang dijelaskan di atas, file cache aplikasi yang sudah menumpuk juga bisa menyebabkan aplikasi mengalami error. Hal ini juga bisa terjadi pada aplikasi WhatsApp, apabila file cache tetap dibiarkan menumpuk, hal ini bisa menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka.

Adapun langkah-langkah untuk menghapus file cache di aplikasi WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Setelah itu, pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data WhatsApp

Jika dengan cara di atas belum ampuh mengatasi aplikasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka, cara satu ini bisa dijadikan alternatif lain. Menghapus data umumnya akan mengatasi berbagai masalah aplikasi error atau bahkan corrupt. Selain menghapus data, penting juga untuk menghentikan aplikasi WhatsApp agar lebih maksimal.

Namun perlu kamu tahu, menghapus data aplikasi akan menghapus semua file dan pengaturan yang ada di dalamnya. Jelasnya aplikasi akan kembali baru seperti pertama kali menginstallnya. Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Klik pada tombol Paksa Berhenti.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.
  • Selesai.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka yang terakhir yakni dengan menghapus dan menginstall ulang aplikasi. Cara ini diklaim cukup ampuh mengatasi masalah error yang terjadi di aplikasi WhatsApp.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WA tidak bisa dibuka di HP android yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?