Cara Mengatasi WhatsApp Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi WhatsApp Error – Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer sekarang ini. WhatsApp yang berada di bawah naungan Facebook Inc. semakin berkembangan pesat punya banyak sekali pengguna. Fitur-fitur baru telah dihadirkan dalam aplikasi ini guna untuk memanjakan para penggunanya dalam berkirm chat.

Cara Mengatasi WhatsApp Error
Cara Mengatasi WhatsApp Error

Menggunakan aplikasi WhatsApp pengguna bahkan tidak hanya bisa berkirim pesan teks saja, melainkan juga pesan audio hingga video call. Berikirim file tertentu juga bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp.  Mengetahui keberadaan atau lokasi seseorang juga bisa dengan memanfaatkan fitur share lokasi melalui WhatsApp.

Baca Juga:

Dari segala keunggulannya terebut, aplikasi WhatsApp juga bisa saja mengalami error. Misalnya saja aplikasi yang tidak bisa dibuka, tidak bisa mengirim pesan atau masalah yang lainnya. Jika hal ini terjadi pada aplikasi WhatsApp kamu, penting untuk melakukan beberapa cara mengatasi WhatsApp error berikut ini. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi WhatsApp Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error

Aplikasi WhatsApp yang mengalami error bisa disebabkan banyak hal. Bisa saja error tersebut dikarenakan terjadi crash di sistem android, aplikasi yang corrupt atau masalah terjadi pada server pusat. Apapun penyebab aplikasi WhatsApp error tersebut, cara untuk mengatasinya tidak terlalu berbeda. Adapun beberapa cara mengatasi WhatsApp error tersebut, antara lain:

1. Memastikan koneksi internet dalam keadaan normal

Cara mengatasi WhatsApp error yang mudah dan ampuh pertama adalah dengan memeriksa bagian koneksi jaringan smartphone. Apakah jaringan internet di smartphone tersebu dalam kondisi stabil atau tidak. Jika tidak, kemungkinan besar aplikasi WhatsApp yang mengalami error disebabkan hal tersebut.

Cobalah untuk melakukan browsing di aplikasi browser android, apakah bisa atau tidak. Jika sudah bisa, cobalah kembali buka dan jalankan aplikasi WhatsApp. Untuk memastikan, tes dengan cara mengirimkan pesan chat ke salah satu kontak WhatsApp yang ada di HP androidmu.

2.  Menghapus chace aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp error berikutnya adalah dengan melakukan penghapusan cache aplikasi WhatsApp tersebut. Cache ini sendiri merupakan file data aktivitas yang tersimpan secara otomatis di bagian memori android. File cache biasanya berguna untuk mempercepat loading saat pengguna ingin menjalankan WhatsApp atau aplikasi lain kembali.

Tapi terkadang, file cache yang terlalu lama disimpan bisa menyebabkan error. Mulai dari aplikasi yang tidak bisa dibuka, aplikasi tidak bisa mengirim chat, dan error lainnya. Karena itulah, untuk mengatasi error tersebut bisa dengan menghapus file cache aplikasi WhatsApp. Langkah-langkah menghapus file cache WhatsApp, sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan smartphone android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi Aplikasi.
  • Di halaman ini kamu tinggal mencari dan klik aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah, klik lagi pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir tinggal kamu klik tombol Hapus Cache.

Jika sudah, cobalah untuk menjalankan aplikasi WhatsApp kembali. Setelah dilakukan penghapusan cache, berbagai masalah atau error yang terjadi biasanya sudah bisa ditangani.

3. Menghapus data aplikasi

Jika dengan menghapus cache tetap saja tidak bisa memperbaiki error yang terjadi di aplikasi WhatsApp, maka kamu bisa melakukan juga penghapusan data. Menghapus data aplikasi berarti akan mengosongkan semua informasi dan mengembalikan pengaturan aplikasi ke default.

Menghapus data aplikasi biasanya juga bisa mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada aplikasi, khususnya aplikasi WhatsApp. Adapun langkah-langkah menghapus data aplikasi WhatsApp tersebut, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan smartphone android.
  • Pilih atau klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data atau Hapus Penyimpanan.
  • Jika sudah, coba jalankan aplikasi WhatsApp kembali.

4.  Membersihkan cache akun Google

Selain cache aplikasi, cache dari akun Google di smartphone android mungkin juga bisa menjadi penyebab error di WhatsApp tersebut. Tanda-tanda jika aplikasi WhatsApp error disebabkan oleh cache Google, biasanya akan muncul kode error 413, 481, 491, 492, 505, 907, 910, 921, 927, 941, dan juga DF-DLA-15.

Cara untuk menghapus cache akun Google sendiri tidak terlalu sulit, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan smartphone android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi Cloud & Akun.
  • Klik lagi pada opsi Akun.
  • Di halaman ini kamu perlu menghapus akun Google smartphone. Caranya klik akun Google, kemudian pilih Hapus Akun.
  • Lakukan restart HP android, kemudian masuk kembali ke opsi akun Google tadi.
  • Pada pengaturan akun, kamu tinggal klik Tambahkan Akun.
  • Pilih Google, dan login ke akun Google yang biasa kamu gunakan di ponsel tersebut.

Setelah cara tersebut dilakukan, apakah masih terjadi error di aplikasi WhatsApp? Jika masih, kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi Google Play Storenya. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih Apliaksi >> klik Aplikasi Google Play Store >> Klik opsi Penyimpanan >> Klik Hapus Cache dan Hapus Data.

5. Melakukan update aplikasi WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp error berikutnya adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Error yang terjadi di aplikasi WhatsApp mungkin karena versi aplikasi yang kamu gunakan sudah terlalu usang. Karena itulah perlu melakukan upgrade ke versi terbaru.

Aplikasi pembaruan yang dihadirkan biasanya akan mengatasi berbagai masalah atau bug pada sebuah aplikasi. Jadi tidak heran jika aplikasi versi lama sering mengalami berbagai masalah. Untuk melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Kemudian klik ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kiri atas.
  • Klik menu Aplikasi & Game Saya.
  • Cari aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol UPDATE.  

Penutup

Itula tadi beberapa cara mengatasi WhatsApp error paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan sendiri. Aplikasi WhatsApp yang error biasanya terjadi karena berbagai faktor, bisa karena adanya crash di sistem android, aplikasi mengalami corrupt, jaringan bermasalah, atau juga server pusat yang bermasalah. Jangan lupa juga untuk meng-share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?