Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar di Android

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar – Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang cukup populer digunakan sekarang ini. Tidak hanya di Indonesia, hampir semua pengguna gadget di seluruh dunia pasti punya akun Instagram pribadi. Mulai dari kalangan biasa hingga artis ternama sebagian besar memiliki akun Instagram. Tidak lain karena Instagram sendiri sudah dibekali beragam fitur keren yang mampu memanjakan para penggunanya. Melalui Instagram, pengguna memungkinkan untuk berinteraksi dengan pengguna Instagram dari seluruh dunia.

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar
Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Namun, untuk memiliki akun Instagram ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya saja sudah cukup umur, tidak melanggar kebijakan Instagram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Instagram, pengguna dimungkinkan untuk mengunggah foto atau video menarik untuk nantinya bisa ditonton oleh pengguna Instagram lain. Hal ini tentunya bisa dijadikan alternatif penyimpanan foto dan video virtual jika memang memori di HP sudah tidak mencukupi.

Baca Juga:

Tidak hanya sekedar hiburan saja, Instagram juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis yang menjanjikan. Misalnya saja berjualan produk dan jasa, menerima endorse, follower bot dan lain sebagainya. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah error pada akun Instagramnya. Salah satunya video di postingan Instagram yang tidak bisa diputar. Hal seperti ini pastinya akan membuat pengguna kesal sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi video Instagram tidak bisa diputar di HP android tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar di HP Android

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar di Android
Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar di Android

Seperti yang kita tahu, Instagram merupakan platform media sosial yang khusus digunakan untuk tempat berbagi foto dan video. Khususnya untuk video, pastinya sangat menjengkelkan jika saat membukanya, namun tidak dapat diputar sebagaimana mestinya. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut ada yang disadari dan bahkan ada pula yang tidak disadari sama sekali oleh si pengguna.

Namun, kamu tidak perlu terlalu bingung karena tidak sulit kok untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun cara mengatasi video Instagram tidak bisa diputar di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Koneksi Internet

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah video tidak bisa diputar di IG yakni dengan memeriksa koneksi internet. Pastikan koneksi internet di HP android dalam kondisi normal dan stabil. Jika ternyata koneksinya terputus, baik karena kuota habis atau sinyal bermasalah pastinya video Instagram tidak akan bisa diputar.

Seperti yang kita tahu, untuk memutar konten video di Instagram membutuhkan koneksi yang cepat dan lumayan besar. Jika hal ini terjadi saat kamu menggunakan data seluler, cobalah untuk menghubungkan HP ke jaringan Wifi. Umumnya sinyal dari Wifi lebih cepat dan stabil dibandingkan sinyal dari kartu seluler. Jika memang tidak ada jaringan Wifi, cobalah untuk menonaktifkan data seluler dan aktif mode pesawat. Tunggu sebentar, lalu nonaktifkan lagi mode pesawat dan aktifkan data seluler.

2. Restart HP Android

Jika cara di atas belum berhasil mengatasi masalah video IG tidak bisa diputar, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Biasanya dengan melakukan restart HP android akan mampu mengatasi berbagai masalah error ringan. Salah satunya masalah error pada aplikasi Instagram. Cukup tekan tombol Power agak lama, kemudian pilih opsi Restart.

Biasanya setelah melakukan restart masalah video tidak bisa diputar di Instagram akan segera teratasi. Tidak hanya itu, setelah melakukan restart biasanya performa kinerja HP juga akan lebih cepat dan responsif.

3. Hapus File Cache Instagram

Cara mengatasi video IG tidak bisa diputar berikutnya yakni dengan melakukan penghapusan file sampah atau file cache aplikasi. File cache umumnya berfungsi untuk mempercepat loading aplikasi saat dijalankan di momen kedua. Namun, terkadang file cache yang sudah menumpuk lama bisa menyebabkan error pada aplikasi, termasuk juga aplikasi Instagram.

Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu menghapus file cache Instagram tersebut. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan klik pada aplikasi Instagram.
  • Masuk ke opsi Penyimpnan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data Instagram

Jika dengan cara menghapus file cache masih belum berhasil mengatasi masalah video Instagram tidak dapat diputar, maka cara satu ini bisa kamu terapkan. Menghapus data aplikasi umumnya lebih ampuh mengatasi masalah corrupt pada aplikasi. Namun, dengan menghapus data itu artinya kamu akan menghapus semua data dan pengaturan di aplikasi Instagram.

Aplikasi Instagram akan kembali kosong layaknya kamu pertama kali menginstallnya. Adapun langkah-langkah menghapus data aplikasi Instagram selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi Instagram.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Paksa Berhenti.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

5. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Apa kamu termasuk pengguna android yang tidak suka mengaktifkan update aplikasi otomatis? Mengaktifkan update aplikasi secara otomatis memang bisa dibilang membuat boros kuota. Karena itulah, kita perlu menonaktifkan fitur update aplikasi otomatis tersebut.

Tetapi ternyata hal ini memiliki kekurangan, yakni memperbesar risiko aplikasi mengalami error. Ya, aplikasi yang tidak diupdate ke versi terbaru terkadang mengalami error, termasuk juga pada aplikasi Instagram. Mungkin saja versi aplikasi sudah tidak kompatibel dengan sistem android sehingga membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Sebaiknya kamu segera melakukan update aplikasi Instagram untuk mengatasi masalah tadi.

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu, klik pada ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan. Kemudian pilih opsi Aplikasi & Game Saya.
  • Cari aplikasi Instagram, lalu klik tombol Update yang ada di sebelah kanannya.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi video Instagram tidak bisa diputar di HP yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?