Cara Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC

Cara Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi – Saat ingin menghubungkan HP android ke laptop atau PC, tentu kamu membutuhkan yang namanya kabel USB. Menghubungkan HP android dengan PC, ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari melakukan transfer data, kebutuhan saat melakukan flashing HP, dan lain sebagainya. Tapi terkadang kita mengalami beberapa atau satu masalah ketika mencoba menghubungkan kedua perangkat tersebut. Salah satunya adalah USB android yang tidak terdeteksi di PC atau laptop.

Cara Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC

Ada banyak faktor yang menyebabkan USB android tidak terbaca oleh PC atau laptop. Mungkin karena kabel USB yang rusak, kesalahan sistem android, driver USB belum diinstall dan masih banyak lagi. Penting untuk kamu mengetahui cara mengatasi USB android yang tidak terdeteksi oleh PC atau laptop. Agar aktivitas yang berhubungan dengan hal tersebut bisa dilakukan dengan lancar.

Baca Juga :

Pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan bagaimana cara mengatasi USB android tidak terbaca di PC atau laptop. Selain itu, dijelaskan pula beberapa penyebab dari masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Penyebab USB Android Tidak Terdeteksi di PC atau Laptop

Sebelum lanjut ke cara mengatasi USB android yang tidak terdeteksi, ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Mengetahui penyebab tersebut akan memudahkan kamu untuk melakukan penanganan masalah. Penyebab Android tidak terbaca di PC atau laptop, antara lain:

  1. Kabel data sudah rusak
  2. Port USB PC atau laptop bermasalah
  3. Port konektor HP android yang bermasalah atau rusak
  4. Tidak diatur ke Mode MTP di HP android
  5. Kabel USB belum mendukung Mode Transfer File
  6. Driver  USB belum diinstall di PC atau laptop
  7. Terjadi kesalahan sistem di android

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terbaca di PC atau Laptop

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, barulah lanjut ke cara mengatasi USB android yang tidak terdeteksi di PC atau laptop. Caranya cukup mudah dan simple, bahkan bagi pemula sekalipun bisa menerapkannya. Cara selengkapnya lihat di bawah ini.

1. Memastikan kabel data dalam kondisi normal

Yang pertama adalah kamu cek kabel data yang digunakan, apakah masih dalam kondisi baik-baik saja atau ada kerusakan. Kabel data yang sudah rusak biasanya ada bagian kabel yang menggelembung atau putus. Lihak juga dibagian ujung konektornya, apakah kuningannya masih dalam kondisi bagus atau sebaliknya. Untuk memastikannya, coba gunakan kabel data tadi ke HP lainnya. Atau bisa juga mengganti dengan kabel data lain.

2. Pastikan port USB PC atau laptop masih normal

Jika kabel datanya ternyata masih normal, cobalah untuk memeriksa port USB dari PC atau laptop. Terkadang penggunaan yang sudah cukup lama, membuat port USB PC atau laptop tidak bisa mendeteksi atau membaca konektor yang ditancapkan. Cobalah untuk menancapkan Flashdisk untuk mengeceknya, apakah bisa terdeteksi atau tidak. Atau bisa juga dengan memindahkan kabel data ke port USB yang lainnya. Jika terdeteksi, berarti fix port USB tadilah yang bermasalah.

3. Periksa port konektor HP android

Selain port USB di PC atau laptop yang sering mengalami masalah, port konektor di HP android juga demikian. Untuk memastikannya cobalah kamu gunakan untuk mencharge, apakah bisa atau tidak. Jika di charge ternyata bisa, berarti masalah atau kerusakan bukan terjadi pada konektor HP android.

4. Atur HP android ke Mode MTP

Secara default mungkin HP android belum disetting ke Mode MTP, melainkan masih di Mode Charging. Karena itulah, PC atau laptop tidak bisa membaca saat dihubungkan dengan kabel data. Untuk mengubah mode tersebut sangat mudah, cukup sambungkan kabel data dari PC atau laptop ke HP android. Nanti akan muncul notifikasi yang berisi mode sambungan, kamu bisa mengubahnya ke mode MTP.

5. Pastikan juga kabel data mendukung Mode Transfer File

Jika cara mengatasi USB anadroid tidak terdeteksi oleh PC atau laptop di atas belum juga berhasil, mungkin kabel data itu sendirinya penyebabnya. Kabel data yang kamu gunakan mungkin belum support Mode Transfer File, melainkan hanya untuk charging saja. Jika demikian, tentunya kabel data tidak bisa digunakan untuk melakukan transfer data atau file.

6. Menginstall driver USB di PC atau laptop

Semua hardware yang terpasang di PC atau laptop memiliki driver sendiri agar bisa digunakan sesuai fungsinya. Termasuk juga untuk HP android yang ingin dihubungkan, PC atau laptop perlu mengenalinya dengan cara menginstall driver HP sesuai merek dan tipenya. Perlu kamu tahu, setiap vendor HP punya device driver masing-masing. Tapi tenang saja, semua device driver dari ponsel biasanya disediakan di situs resminya. Berikut beberapa device driver dari merek HP android ternama, antara lain:

7. Mengaktifkan USB Debugging

Seperti yang kita tahu, USB Debugging biasanya dimanfaatkan oleh developer atau pengembang untuk melakukan modifikasi sistem android. Selain itu, pada beberapa kasus USB android yang tidak terdeteksi oleh PC atau laptop ternyata bisa diatasi dengan megaktifkan USB Debugging. Untuk mengaktifkannya juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di android
  • Scroll ke bawah, cari dan klik opsi Developer
  • Setelah itu, kamu tinggal aktifkan USB Debugging

Jika tidak ada opsi Developer, bisa gunakan cara ini:

  • Buka menu Pengaturan di android
  • Setelah itu, klik pada opsi Tentang Ponsel
  • Pada Nomor Bentukan, klik beberapa kali hingga muncul notifikasi “Anda telah menjadi seorang pengembang”

8. Mengeceknya ke service center

Jika semua cara di atas belum juga berhasil mengatasi masalah USB android tidak terbaca di PC atau laptop, langkah terakhir adalah membawanya ke service center. Mereka lebih tahu apa masalah dan cara mengatasinya. Mungkin saja masalah terjadi pada sistem android, atau juga hardware android yang terjadi kerusakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi USB android tidak terdeteksi di PC atau laptop yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk orang lain.