Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Rusak Paling Ampuh

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Rusak – Yang namanya perangkat elektronik, pada masanya pasti akan mengalami permasalahan atau kerusakan. Sama halnya dengan HP android, yang mana komponen-komponen yang diusungnya akan rusak jika sudah waktunya. Misalnya saja pada tombol-tombol fisik dimilikinya. Baik karena sudah aus, penggunaan yang salah atau faktor lainnya, tombol-tombol di smartphone memang bisa saja tidak berfungsi sebagaimana biasanya.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Rusak
Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Rusak

Terutama pada bagian tombol Home dan tombol Back, kedua tombol tersebut yang paling sering mengalami masalah. Tidak memandang HP android dari brand ternama, semua HP bisa saja mengalami masalah pada kedua tombolnya tersebut. Tombol Home dan Back punya fungsi yang cukup vital, sehingga akan menjadi kendala tersendiri jika mengalami kerusakan. Kedua tombol ini sering digunakan untuk melakukan perintah dari pengguna, jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya tentu akan sangat merepotkan.

Baca Juga:

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, ada kok cara mudah untuk mengatasi tombol Home dan Back yang rusak atau tidak berfungsi tersebut. Tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang servis HP, kamu juga bisa memperbaikinya sendiri. Berikut ini adalah cara mengatasi tombol Home dan Back rusak paling ampuh bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Rusak yang Mudah

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

Seperti yang kita tahu, tombol Home berfungsi untuk kembali ke tampilan layar utama HP. Sementara untuk tombol Back berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya di dalam aplikasi yang sedang dijalankan. Karena fungsinya tersebut, membuat kedua tombol ini sangat penting bagi pengguna smartphone.

Kerusakan yang terjadi baik pada tombol Home ataupun tombol Back bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab rusaknya tombol Home dan tombol Back bisa karena kelalaian dari pengguna, karena virus atau sistem error, atau bisa juga fisik tombol yang aus/rusak. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut, tentu kamu nantinya bisa melakukan perbaikan tombol yang rusak dengan mudah. Adapun cara mengatasi tombol Home dan Back rusak paling mudah dan ampuh, antara lain:

1. Uninstall Aplikasi atau Game Tertentu

Salah satu penyebab tombol Home dan Back tidak berfungsi alias rusak adalah karena adanya aplikasi atau game terinstall yang tidak compatible dengan perangkat. Cobalah untuk mengingat aplikasi atau game apa yang sudah kamu install sebelum tombol Home dan Back mengalami masalah. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat akan membuatnya mengalami masalah error, salah satunya ya tidak berfungsinya tombol fisik HP.

Selain itu, bisa juga aplikasi atau game yang kamu install merupakan versi lama, sehingga tidak bisa dijalankan secara sempurna di HP androidmu. Masalah seperti ini biasanya sering terjadi jika kamu sering menginstall aplikasi di luar Google Play Store. Aplikasi dan game yang di dalam Google Play Store sudah melewati beberapa tahapan pengecekan yang begitu ketat. Aplikasi abal-abal atau yang tidak memenuhi syarat pasti akan langsung ditolak oleh pihak Google.

Karena itulah, sebaiknya kamu uninstall aplikasi dan game yang menyebabkan error pada tombol Back dan Home tersebut. Sebaiknya uninstall juga aplikasi dan game yang sudah kamu install tidak melewati Google Play Store, karena bisa jadi hal tersebutlah yang menyebabkan error tombol.

2. Melakukan Unroot HP Android

Cara mengatasi tombol Home dan Back rusak berikutnya adalah dengan melakukan unroot HP android. Me-root HP android membuat kita lebih leluasa melakukan apapun pada HP android kita. Mulai dari menjalankan aplikasi root, melakukan custom ROM dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi kenyataannya, HP yang di-root membuat sistem keamanannya sangat rentan terhadap virus dan malware. HP yang di-root juga bisa menyebabkan error baik pada sistem software ataupun hardware-nya. Karena itulah, sebaiknya lakukan unroot pada HP androidmu agar tombol yang tidak berfungsi bisa digunakan seperti semula.

3. Mengemabalikan ke Stock ROM

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu hak istimewa bagi pengguna jika HP di-root adalah mengganti ROM dengan Custom ROM. Mengganti ROM bawaan dengan Custom ROM memungkinkan kita mendapati tampilan HP yang lebih keren. Misalnya saja membuat tampilan seperti iPhone atau merek HP canggih lainnya.

Tetapi hal ini ternyata juga bisa menyebabkan beberapa masalah pada HP android. Salah satunya adalah tombol Home dan Back yang tidak berfungsi dengan baik. Sebaiknya kembalikan HP ke Stock ROM agar tombol-tombol tersebut bisa berfungsi kembali.

4. Melakukan Factory Reset

Melakukan factory reset berarti kamu akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, alias seperti pertama kali membelinya. Cara ini akan membuat semua pengaturan di HP androidmu kembali ke kondisi semula layaknya HP baru. Cara ini ternyata juga bisa mengatasi berabagai masalah di HP android, termasuk tombol Home dan tombol Back yang rusak.

Melakukan Factory Reset akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP. Karena itulah, jika memang terdapat data penting sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu.

5. Memanfaatkan Aplikasi Pengganti Tombol Home dan Back

Jika memang semua cara di atas sudah kamu lakukan, namun belum juga bisa memperbaiki kerusakan tombol, maka cara ini bisa dijadikan alternatif. Alih-alih memperbaiki tombol yang rusak, kamu akan memanfaatkan aplikasi khusus untuk menggantikan peran dari tombol rusak tersebut. Dengan menginstall aplikasi semacam ini, nantinya di bagian layar akan tampil sebuah tombol virtual yang fungsinya sama dengan tombol Home dan Back secara fisik.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi pengganti tombol Home dan Back yang bisa kamu install dan gunakan. Salah satunya adalah aplikasi Assistive Touch, yang mana aplikasi ini akan memunculkan tombol virtual di layar HP androidmu. Tombol virtual dari aplikasi ini hampir sama fungsinya seperti yang ada di iPhone.

Selain aplikasi Assistive Touch, masih ada jenis aplikasi lain yang juga punya fungsi yang sama yakni menggantikan peran dari tombol fisik Home dan Back. Aplikasi pengganti tombol Home dan Back tersebut, seperti Soft Keys, Navigation Bar, Back Button dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tombol Home dan Back rusak yang paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.