7 Cara Mengatasi TikTok Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi TikTok Error – Hadirnya smartphone android di era modern sekarang ini mampu melahirkan berbagai tren terbaru. Smartphone android tidak hanya memberikan kemudahan terhadap aktivitas pengguna saja, melainkan juga bisa dijadikan alat hiburan tersendiri. Salah satunya memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk bermain game seru dan menantang. Ada banyak sekali game yang bisa dimainkan secara gratis di HP android, hampir semuanya bersifat gratis.

Cara Mengatasi TikTok Error
Cara Mengatasi TikTok Error

Tidak hanya game, berbagai jenis aplikasi juga bisa kamu install dengan mudah di HP android. Semua aplikasi tersebut sudah tertata rapi di Google Play Store sesuai dengan jenis dan fungsinya. Berbicara mengenai aplikasi android, ada satu jenis aplikasi yang cukup populer sekarang ini yakni aplikasi TikTok. TikTok merupakan platform berbagi video unik dan menarik yang memungkinkan ditonton oleh pengguna lain. Aplikasi ini sangat diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Baca Juga:

Di dalamnya disediakan banyak sekali fitur menarik yang bakal membuat hasil videonya menjadi lebih menarik. Tetapi, terkadang pengguna diresahkan dengan berbagai masalah error yang terjadi pada aplikasi TikTok tersebut. Masalah ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu sistem android yang bermasalah, koneksi tidak stabil, atau karena aplikasi tersebutlah yang bermasalah. Apapun penyebabnya, berikut ini cara mengatasi TikTok error yang paling ampuh bisa kamu terapkan.

Cara Mengatasi TikTok Error Paling Ampuh

Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error
Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Error

Aplikasi TikTok yang mengalami error merupakan hal biasa dan wajar terjadi. Tidak hanya TikTok saja, aplikasi lain terkadang juga mengalami error tanpa tahu apa yang menjadi penyebabnya. Beberapa masalah error pada aplikasi TikTok yang sering dialami pengguna, seperti aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi keluar sendiri, aplikasi tidak bisa membuat video, tidak bisa login akun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun beberapa cara mengatasi TikTok error selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Cache Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi TikTok error yakni dengan menghapus file cache aplikasi. Seperti yang kita tahu, sistem android akan menyimpan file cache secara otomatis ketika pengguna menjalankan suatu aplikasi tertentu. File cache ini sendiri berguna untuk mempercepat loading aplikasi pada penggunaan di momen kedua dan seterusnya.

Meskipun cukup bermanfaat, namun ternyata file cache juga bisa menjadi penyebab aplikasi error, termasuk juga pada aplikasi TikTok. File cache yang menumpuk membuat aplikasi bermasalah, misalnya tidak bisa login atau aplikasi tidak bisa dibuka. Untuk menghapus cache aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik aplikasi TikTok.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Terakhir klik Hapus Cache / Hapus Memori.

2. Menghapus Data Aplikasi

Selain file cache, data aplikasi juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi TikTok error. Data aplikasi yang menumpuk terlalu lama bisa saja membuat aplikasi mengalami corrupt. Selain itu, bisa juga aplikasi disisipi oleh virus sehingga membuatnya kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya.

Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu melakukan penghapusan data aplikasi TikTok tersebut. Perlu diingat, dengan menghapus data berarti aplikasi akan kembali ke pengaturan default layaknya pertama kali menginstallnya. Langkah-langkah menghapus data aplikasi TikTok, sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik aplikasi TikTok.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Data.

3. Melakukan Restart HP Android

Penyebab aplikasi TikTok error mungkin karena terlalu banyak file sampah yang tersimpan di memori HP. Karena itulah kamu perlu melakukan restart HP android agar file-file sampah tersebut terhapus. Dengan begitu, berbagai masalah error termasuk error aplikasi bisa diatasi dengan mudah.

Meski cukup ampuh, namun cara me-restart android hanya mampu mengatasi masalah error yang terbilang ringan. Cara ini tidak bisa memperbaiki error yang sifatnya berat.

4. Memperbarui Aplikasi TikTok

Cara mengatasi TikTok error paling mudah berikutnya yakni dengan melakukan update aplikasi. Masalah aplikasi TikTok yang error mungkin disebabkan oleh aplikasi yang sudah usang atau dalam versi lawas. Beberapa kasus aplikasi error memang disebabkan oleh aplikasi itu sendiri yang perlu diupdate.

Pihak developer dari TikTok selalu rutin melakukan update untuk memperbaiki bug dan juga menghadirkan fitur-fitur baru di dalamnya. Jika memang aplikasi di HP androidmu masih menggunakan versi lama, maka bisa mencoba untuk memperbarui ke versi terbaru. Biasanya berbagai masalah error bisa diatasi dengan cara ini.

5. Uninstall Aplikasi TikTok

Melakukan update aplikasi masih belum bisa mengatasi masalah di aplikasi TikTok? Jika benar, cobalah untuk melakukan uninstall aplikasi tersebut. Pastikan semua data aplikasi TikTok yang tersimpan sudah dihapus secara menyeluruh. Agar lebih maksimal sekarang kamu lakukan restart HP android.

Ketika HP sudah menyala kembali, cobalah untuk menginstall ulang aplikasi TikTok melalui Google Play Store. Ini untuk memastikan kamu mendapatkan aplikasi TikTok dengan versi teraru dan aman dari virus serta malware. Biasanya, masalah error bisa teratasi dengan cara ini.

6. Melakukan Downgrade Aplikasi TikTok

Jika sebelumnya kamu diharuskan untuk menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru, namun tidak untuk cara satu ini. Jika masalahnya aplikasi TikTok tidak bisa dibuka karena terlalu berat atau tidak kompatible dengan sistem android yang kamu punya, maka melakukan downgrade aplikasi adalah cara terbaiknya.

Kamu bisa menginstall aplikasi TikTok versi lama yang umumnya memiliki ukuran lebih kecil dan kompatible dengan HP versi lawas. Untuk mendapatkan aplikasi TikTok versi lama, kamu bisa mengunjungi situs penyedia aplikasi selain Google Play Store. Salah satu situs yang paling direkomendasikan yakni APKPure.com.

7. Melakukan Reset HP Android

Masalah aplikasi TikTok error mungkin disebabkan oleh sistem android itu sendiri yang bermasalah. Jika ini juga kamu alami, maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan reset HP android. Me-reset HP berarti kamu akan menghapus semua file yang ada di dalamnya.

Melakukan reset HP juga akan mengembalikan semua pengaturan di dalamnya ke mode default. HP akan tampak seperti baru pertama kali kamu membelinya. Karenanya, agar data-data di dalamnya tidak hilang maka kamu bisa melakukan bakcup data terlebih dahulu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi TikTok error yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?