Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting online satu ini. LINE merupakan aplikasi chatting populer yang sudah digunakan oleh banyak pengguna gadget, khususnya di Indonesia. LINE tidak hanya bisa digunakan untuk chattingan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video. Inilah yang membuat aplikasi LINE semakin diminati oleh banyak pengguna gadget, khususnya pengguna HP android.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE
Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE

Meskipun tidak sepopuler WhatsApp miliknya Facebook Inc, namun LINE tetap memiliki peminatnya tersendiri. Fitur yang disediakan di dalamnya juga tidak kalah lengkapnya jika dibandingkan dengan aplikasi chatting online lainnya. Misalnya saja koleksi stiker yang sangat banyak dan bervariasi, terdapat game menarik, tampilan antarmuka yang simple dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi LINE juga terbilang kecil, sehingga sangat ringan dijalankan di HP berspesifikasi standar sekalipun.

Baca Juga:

Meski demikian, terkadang aplikasi LINE juga mengalami kendala error. Misalnya saja aplikasi LINE tidak bisa melakukan panggilan video atau video call. Masalah seperti ini tidak jarang terjadi, dan umumnya para pengguna kebingungan bahkan panik akrena tidak tahu cara untuk mengatasinya. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, karena di bawah ini sudah saya rangkumkan secara mendetail bagaimana cara mengatasi tidak bisa video call di LINE yang paling ampuh. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE Android

Masalah LINE yang tidak dapat digunakan untuk video call seperti ini, bisa disebabkan oleh banyak hal. Mungkin saja masalah terjadi pada aplikasi LINE atau bisa juga karena sistem android yang bermasalah. Penting untuk mengetahui apa saja penyebab tidak bisa video call di LINE android tersebut. Karena dengan mengethuinya maka kamu bisa dengan lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk mengatasi tidak bisa video call di aplikasi LINE selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara mengatasi tidak bisa video call di LINE android yang pertama yakni dengan melakukan restart HP android. Mungkin saja masalah tidak dapat video call di LINE ini disebabkan oleh sistem android yang mengalami error. Dengan melakukan restart, umumnya masalah error ringan di HP android bisa diatasi dengan baik. Termasuk juga masalah aplikasi LINE yang tidak bisa digunakan untuk video call.

Tidak hanya bisa mengatasi masalah error sistem, melakukan restart HP android juga akan meningkatkan performa kinerjanya. Kinerja HP akan lebih cepat dibandingkan sebelum dilakukan restart.

2. Menghapus File Cache Aplikasi LINE

Jika dengan melakukan restart belum cukup ampuh mengatasi LINE tidak bisa vidcall, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Menghapus file cache yang tersimpan di dalam aplikasi LINE umumnya memang mampu mengatasi masalah error yang dialaminya. Termasuk juga masalah tidak bisa melakukan panggilan video tersebut.

Meski demikian, file cache sebenarnya punya fungsi yang cukup bermanfaat yakni untuk mempercepat loading aplikasi LINE saat dijalankan di momen kedua. Namun, jika file cache dibiarkan menumpuk dalam waktu yang lama, tidak heran hal tersebut bakal menimbulkan masalah error pada aplikasi tersebut. Adapun langkah-langkah untuk menghapus file cache di LINE selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Selanjutnya klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi LINE.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Cek Izin Aplikasi LINE untuk Akses Kamera

Setiap aplikasi yang diinstall di HP android membutuhkan izin untuk bisa mengakses komponen hardwarenya. Misalnya untuk aplikasi LINE, biasanya membutuhkan izin akses untuk penyimpanan, kontak, hingga kamera. Jika kamu ternyata tidak mengaktifkan izin akses untuk beberapa komponen tersebut, jangan heran jika aplikasi tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Misalnya saja kamu tidak mengaktifkan izin akses untuk kamera HP, maka tentunya hal ini menyebabkan aplikasi LINE tidak bisa mengakses kamera tersebut. Alhasil ketika kamu ingin melakukan video call, aplikasi LINE tidak bisa melakukannya. Untuk mengaktifkan izin akses kamera untuk aplikasi LINE, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu masuk ke Pengaturan atau Setelan HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi LINE.
  • Kemudian masuk ke opsi Izin.
  • Pada opsi Kamera, pastikan kamu sudah mengaktifkan izin aksesnya. Caranya dengan menggeser toogle ke arah kanan.
  • Selesai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi LINE

Cara lain untuk mengatasi aplikasi LINE tidak bisa video call yakni dengan melakukan force close atau paksa berhenti. Selain itu, kamu juga perlu melakukan penghapusan data agar lebih maksimal. Dengan melakukan dua langkah ini, biasanya aplikasi LINE akan kembali normal dan bisa melakukan video call lagi.

Namun, perlu kamu tahu melakukan penghapusan data aplikasi akan membuat semua data dan pengaturannya direset ke mode default. Aplikasi akan kembali kosong layaknya pertama kali menginstallnya. Adapun langkah-langkah untuk melakukan paksa berhenti dan hapus data LINE, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Setelah itu masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi LINE.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir Hapus Data.
  • Selesai.

5. Update Aplikasi LINE ke Versi Terbaru

Jika memang kamu belum menggunakan aplikasi LINE versi terbaru, bisa jadi inilah yang menyebabkan LINE tidak bisa video call. Mungkin saja aplikasi LINE yang kamu gunakan sudah tidak kompatibel dengan sistem android. Karena itulah, melakukan update aplikasi LINE ke versi terbaru wajib untuk kamu lakukan.

Tidak hanya mampu mengatasi berbagai masalah error dan bug, update aplikasi ke versi terbaru juga memungkinkan kamu mendapatkan fitur terbaru di dalamnya. Adapun langkah-langkah untuk update aplikasi LINE selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu kunjungi Google Play Store di HP androidmu.
  • Setelah itu, klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi & Game Saya.
  • Cari aplikasi LINE, kemudian klik tombol Update yang ada di sebelah kanannya.
  • Selesai.

6. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi LINE

Jika sudah melakukan update namun aplikasi LINE tetap tidak bisa digunakan untuk video call, maka cara ini bisa kamu lakukan. Sebaiknya kamu lakukan penghapusan atau uninstall aplikasi LINE.

Kalau sudah, selanjutnya kamu lakukan restart HP android agar tidak ada lagi sisa file aplikasi. Sekarang kamu bisa melakukan install ulang aplikasi LINE melalui Google Play Store.

7. Cek Kamera Depan HP Android

Dan cara yang terakhir yakni dengan melakukan pengecekan kamera depan atau kamera selfie. Buka menu kamera di HP android, lalu atur untuk menampilkan kamera depan. Apakah kamera depan berfungsi dengan baik atau tidak sama sekali?

Jika memang kamera depan tidak dapat diakses melalui menu kamera biasa, sudah pasti inilah yang menjadi penyebab tidak bisa video call di LINE. Sebaiknya kamu bawa HP ke tukang servis untuk memperbaiki kerusakan pada kamera depan HP android tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi tidak bisa video call di LINE Messenger android yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.