Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android – Hampir semua orang sekarang ini pasti mempunyai yang namanya HP android. HP android sudah menjelma menjadi sebuah perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Bahkan penggunanya tidak hanya dari kalangan remaja saja, anak-anak hingga dewasa pasti memiliki sebuah smartphone pribadi. Pengoperasiannya yang mudah menjadi salah satu alasan banyak orang memilih untuk memiliki sebuah smartphone android.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android
Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android

Tidak sampai disitu saja, HP android juga memiliki banyak sekali fungsi dan kehadirannya mampu mempermudah berbagai aktivitas harian penggunanya. Hingga sekarang ini sudah ada banyak sekali seri HP android yang dihadirkan oleh berbagai vendor. Beberapa HP ada yang dibanderol dengan harga murah, sedang hingga harganya yang cukup fantastis. HP android yang murah banyak dijadikan pilihan, pasalnya performa yang dihasilkan tetap maksimal dan nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas harian.

Baca Juga:

Daya tarik lain dari HP android yakni banyaknya fitur keren yang disematkan di dalamnya. Fitur-fitur inilah yang nantinya bertugas untuk mempermudah berbagai aktivitas harian penggunanya. Meskipun terbilang canggih, namun terkadang HP android mengalami masalah error. Salah satunya yang sering dialami oleh beberapa pengguna yakni HP android yang tidak bisa menginstall aplikasi. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin sama sekali tidak disadari oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara mengatasi tidak bisa install aplikasi android tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android
Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

HP android yang tidak bisa melakukan penginstalan aplikasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab tersebut bisa dari sisi aplikasi yang corrupt, sistem yang tidak kompatibel, penyimpanan yang sudah penuh dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, yang terpenting di sini bagaimana cara mengatasi tidak bisa install aplikasi android tersebut.

Apliksai yang gagal saat diinstall biasanya menampilkan notifikasi pop up yang bertuliskan “not enough space on device”, “Application cannot be installed in the default instalation location”, “out of space”, “Insufficient storage available” dan masih banyak lagi pesan error lainnya. Pesan error tersebut akan muncul sesuai dengan masalah yang terjadi pada perangkat HP androidmu. Adapun cara mengatasi tidak bisa menginstall aplikasi di HP android, antara lain:

1. Pastikan ruang penyimpanan internal masih cukup

Jika pesan error yang muncul bertuliskan “Penyimpanan tidak memadai” atau “not enough space on device, berarti masalahnya ada pada memori internal. Ruang kosong di memori internal sudah habis alias penuh sehingga tidak bisa lagi melakukan penginstalan aplikasi baru.

Untuk mengatasi masalah seperti ini bisa dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan. Atau jika file bersifat penting, maka kamu bisa mencoba memindahkan file tersebut ke memori eksternal atau microSD. Atau alternatif lainnya untuk memperluas ruang di memori internal yakni dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

Selain itu, agar ruang di memori internal lebih lega maka harus dilakukan penghapusan file cache atau sampah. Selain bisa membuat ruang di memori internal menjadi penuh, file cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan masalah error. Salah satunya error saat melakukan penginstalan aplikasi. Untuk menghapus file cache di memori internal sangat mudah, yakni buka menu Pengaturan >> pilih Setelan Tambahan >> pilih Penyimpanan >> lalu klik Pembersihan File.

2. Memberi izin pada aplikasi

Aplikasi yang tidak bisa diinstall biasanya juga disebabkan oleh izin install aplikasi dari sumber tidak dikenal yang belum diaktifkan. Masalah ini biasanya terjadi jika kamu ingin mengisntall aplikasi dari luar Google Play Store. Sistem android dibekali dengan fitur keamanan dan privasi dengan tujuan melindungi data dan privasi para penggunanya. Karena itulah, secara default penginstalan aplikasi dari luar Google Play Store tidak diperkenankan.

Namun, jika kamu ingin tetap melakukan penginstalan aplikasi dari luar Google Play Store, maka izin install dari sumber tidak dikenal perlu diaktifkan. Untuk mengaktifkan izin penginstalan tersebut, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Setelah itu, pilih opsi Setelan Tambahan.
  • Selanjutnya klik opsi Keamanan dan Privasi.
  • Dan terakhir aktifkan pada opsi Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal.
  • Selesai. Kamu bisa mengulangi penginstalan aplikasinya.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Cara berikutnya ini sebenarnya masih berhubungan dengan cara pada nomor 1 di atas. Jika memang ada aplikasi yang jarang atau bahkan tidak digunakan, sebaiknya kamu lakukan penghapusan atau uninstall. Membiarkan aplikasi tidak terpakai tetap terinstall di HP android hanya akan membuat memori internal cepat penuh. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memori internal yang penuh bisa menjadi penyebab kegagalan saat install aplikasi baru.

Selain itu, beberapa aplikasi juga terkadang tetap berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini akan membuat RAM menjadi sesak sehingga tidak bisa melakukan penginstalan aplikasi baru. Alangkah baiknya kamu lakukan uninstall pada aplikasi yang tidak digunakan tersebut. Beberapa aplikasi bawaan juga bisa kamu uninstall jika memang tidak diperlukan.

4. Hapus data aplikasi Google Play Store

Masalah tidak bisa install aplikasi android mungkin disebabkan oleh aplikasi Google Play Store yang mengalami masalah. Cara untuk mengatasinya biasanya paling ampuh dengan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya. Layaknya aplikasi lain, file cache atau data yang menumpuk pada Google Play Store juga bisa menyebabkan error pada HP androi. Salah satunya error saat melakukan penginstalan aplikasi baru.

Untuk menghapus data Googled Play Store sendiri, sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Pilih opsi Aplikasi, kemudian cari dan klik pada aplikasi Google Play Store.
  • Sebelumnya klik tombol Paksa Berhenti untuk menghentikan aplikasi agar tidak terus berjalan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

5. Melakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan belum bisa mengatasi masalah tidak bisa install aplikasi android, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Perlu diingat, melakukan factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di dalamnya. HP akan kembali ke pengaturan awal pabrik sehingga layaknya HP yang masih baru pertama kali dibeli dan digunakan. Solusinya, sebelum melakukan factory reset kamu lakukan backup data terlebih dahulu. Backup data sendiri bisa menggunakan Google Drive atau bisa juga menggunakan cloud bawaan dari masing-masing brand smartphone.

Untuk melakukan factory reset yakni dengan masuk ke menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Buat Cadangan dan Reset > Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi yang Dapat Dibongkar.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tidak bisa install aplikasi android paling ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.