Cara Mengatasi Suara Telepon Yang Bergema 2021

Cara Mengatasi Suara Telepon Yang Bergema 2021 Pernah gak sih kamu mengalami suara yang bergema atau memantul ketika sedang menelepon seseorang. Hal ini tentunya akan sangat menggangu sekali karena membuat kita menjadi tidak fokus mendengar percakapan dari lawan bicara. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, yang mana terdapat dua suara yang saya dengar yaitu suara lawan bicara dan suara saya sendiri yang memantul dari speaker HP. Kejadian ini sendiri saya alami dalam penggunaan panggilan suara pada panggilan telepon biasa ya, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada aplikasi lainnya.

Cara Mengatasi Suara Telepon Yang Bergema 2021

Masalah suara feedback atau bergema ini sendiri bukanlah hal yang baru khususnya pada era smartphone ini. Pasalnya dari jaman HP jadul seperti Nokia, sudah sering muncul permasalahan yang satu ini. Namun biasanya, suara telepon yang memantul muncul di saat kita sedang di suatu tempat yang minim akan sinyal. Atau ruangan yang terlalu sempit serta kedap sehingga menyebabkan sinyan yang di terima memantul pada metal lain. Selain itu juga microphone pada perangkat HP memang terkadang terlalu sensitif, apa lagi pada microphhone yang rusak yang kemungkinannya besar menyebabkan suara telepon menjadi bergema.

Baca Juga:

Akan tetapi, setelah saya bertanya-tanya sama orang terdekat ternyata tak sedikit orang yang pernah mengalami permasalahan ini lho. Mungkin sekarang ini kamu juga sedang mengalami masalah suara yang bergema ketika menelpon, dan bingung dalam menyelesaikannya bukan? Tenang saja. Karena pada kesempatan kali ini Bukandroid sudah berhasil merangkum beberapa cara sebagai solusi yang dapat kalian terapkan. Dan beberapa solusi yang akan kita bagikan ini juga bisa kok di terapkan pada semua merk smarphone android. Seperti halnya dengan tipe Xiaomi, Vivo, Samsung, Realme dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Suara Telepon Yang Bergema 2021

Sebelum kita lanjut membahas lebih jauh seputar judul kita kali ini, alangkah baiknya untuk kamu membagikan terlebih dulu artikel kita yang satu ini ke akun sosial media kamu ya. Jika sudah, mari kita lanjut ke inti pembahasan kita berikut ini.

1. Mengatur Besar Volume Panggilan Telepon

Seperti yang sudah saya bilang sebelumya di atas tadi bahwa, suara panggilan yang memantul ini bisa saja terjadi ketika kita sedang berada di ruangan yang sempit ataupun besar namun hampa. Nah untuk menyelesaikan masalah ini cukup lah gampang, yaitu melalui pengaturan volume yang harus kamu sesuaikan. Kalau yang tadinya suara panggilan kamu sangat lah besar yang mengakibatkan terjadinya pantulan, maka cobalah untuk mengecilkannya sedikit hingga suara kamu tidak terpantul. Walaupun cara ini sendiri juga jarang efektif di karenakan berbagai banyak penyebab yang dapat menimbulkannya permasalahan ini. Tapi, dengan mengatur volume setidaknya kita dapat mendengar lawan bicara lebih jelas.

2. Cek Sinyal SIM Card

Penyebab lainnya yaitu di karenakan oleh sinyal SIM Card yang anda gunakan sedang tidak stabil sehingga terjadinya suara pantulan ketika menelpon. Terlebih lagi kalau kamu menelpon menggunakan data untuk menelepon melalui aplikasi layaknya WhatsApp. Maka pertukaran koneksi data pun pastinya akan terganggu dan menyebabkan berbagai masalah seperti suara telepon yang bisa terdengar sendiri. Tapi tenang, terkadang tak sepenuhnya kesalahan jaringan kartu anda yang bermasalah, mungkin juga terdapat kesalahan pada sistem HP. Maka dari itu, untuk menyelesaikan masalah dari penyebab ini cukup kamu lakukan restart HP, dan coba lah untuk menelpon kembali.

3. Mengedit Sistem Redmi 4 Menggunakan Root Explorer

Perlu di ketahui sebelumnya bahwa cara ke 3 ini cuma di tujukan pada kalian pengguna Xiaomi Redmi 4, seri A maupun Prime yang mengalami masalah yang sama. Sebab, permasalahan ini sendiri sering muncul di karenakan adanya suatu bug pada sistem microphone di perangkat smartphone Xiaomi tersebut. Hal ini sendiri dapat terlihat dari berbagai laporan bug microphone yang ada pada forum Miui. Jadi, bagi anda yang sedang mengalami masalah ini jangan terlalu pusing ya. Perlu di ingat, karena kita akan mengedit system maka pastikan HP kam usudah dalam keadaan Root. Kalau belom silahkan root terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak lah begitu ribet, yuk langsung saja simak caranya:

  1. Karena kita akan menggunakan Root Explore maka silahkan download terlebih dulu disini, atau juga bisa dengan mengunduhnya langsung dari Play Store yang tentu berbayar
  2. Setelah berhasil terdownload, segera install dan buka Root Explore
  3. Lalu buka Root Explore dan buka folder direktori system\etc\audio_platform_info.xml
  4. Jika sudah maka lanjut dengan membuka audio_platform_info.xml dengan Text Editor
  5. Kemudian gulir sedikit ke bagian bawah dan tambahkan baris script berikut <device name =” SND_DEVICE_IN_VOICE_DMIC “acdb_id =” 100 “/>
  6. Kalau kamu bingung bisa melihat contohnya di bawah ini ya:
    <acdb_ids>
    <device name = “SND_DEVICE_OUT_SPEAKER_PROTECTED” acdb_id = “136” />
    <device name = “SND_DEVICE_OUT_VOICE_SPEAKER_PROTECTED” acdb_id =
    “136” />
    <device name = “SND_DEVICE_OUT_SPEAKER_PROTECTED_VBAT” acdb_id = “136”
    />
    <device name = ” SND_DEVICE_OUT_VOICE_SPEAKER_PROTECTED_VBAT “acdb_id
    =” 136 “/>
    <device name =” SND_DEVICE_IN_CAPTURE_VI_FEEDBACK “acdb_id =” 137 “/>
    <device name =” SND_DEVICE_IN_VOICE_DMIC”acdb_id =” 100 “/>
    </ acdb_ids>
    </ audio_platform_info>
  7. Setelah itu silahkan klik Simpan dan kemudian lakukan Reboot smartphone milikmu dan Selesai.

4. Menonaktifkan Fitur Pengurangan Bising

Cara selanjutnya yang akan kita bahas adalah dengan mematikan fitur pengurangan bising yang ada pada perangkat smartphone. Akan tetapi, tidak semua brand HP yang memiliki fitur yang satu ini. Pengurangan bising ini sendiri jika di aktifkan akan sangat berguna dalam menstabilkan jaringan yang sedang tidak bagus atau juga sedang di tempat yang ramai untuk meminimalisir kebisingan. Namun dalam penggunaannya pun terdapat dampak yang buruk, yaitu bisa mengakibatkan suara telepon menjadi menggema atau memantul kalau di aktifkan pada kondisi semestinya.

Anda penasaran dan ingin menemukan fitur ini? Yuk simak langkha-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Pengaturan Panggilan pada smarhpone milikmu
  2. Dan klik menu Aksesibilitas
  3. Kalau terdapat pilihan Pengurangan Bising yang aktif, maka tinggal kamu nonaktifkan saja.

5. Mengganti Perangkat Microphone Ponsel

Jika sudah menerapkan ke 4 cara di atas namun masih tidak mendapatkan hasil, barulah anda bawa HP tersebut ke tukang service smartphone. Yang mana penyebab terbesarnya ialah pada perangkat mic dalam HP itu sendiri yang telah rusak dan perlu di ganti. Kondisi microphone sendiri sangat mempengaruhi keadaan suara pada smartphone selain permasalahan sistem. Jadi, mau sekeras apapun kita berusaha memperbaikinya melalui sistem, maka gal tersebut akan sia-sia saja

Penutup

Itu dia tadi isi pembahasan kita pada kali ini yang berjudul Cara Mengatasi Suara Telepon Yang Bergema 2021. Setelah membaca isi artikel ini, di harapkan dapat membantu kamu dalam menyelesaikan kejenuhan pada penampilan tema HP milikmu ya. Jangan lupa juga share artikel kita ke temen-temen ok, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini