Cara Mengatasi Suara HP Yang Hilang

Cara Mengatasi Suara HP Yang Hilang Dalam memilih handphone yang di nilai bukan saja soal tampilan, tapi ada beberapa aspek yang harus di lihat. Salah satu aspek yang penting dalam memilih handphone yaitu mengeluarkan suara yang memiliki kualitas terbaik. Karena purcuma saja handphone dengan tampilan yang menarik tetapi suara nya tidak bagus atau tidak jernih.

Cara Mengatasi Suara HP Yang Hilang

Speker HP adalah sumber suara yang ada di hp, seperti suara ketika memutar lagu dan vidio. Coba kamu bayangkan, jika di HP tidak ada suara ketika memutar lagu atau bermain game. Pasti bosan dan kebingungan kan? belum lagi tidak ada suara ketika orang menelpon, SMS, dan pemberitahuan lainnya. Hal ini bisa bikin kamu panik dan tidak mengetahui ada pemberitauan yang masuk.

Baca Juga:

Suatu hal yang sangat sering sekali terjadi pada beberapa masalah pada HP yang di alami oleh pengguna smartphone. Masalah speaker ini sangat membuat kesal, apalagi masalah suara HP ini sering terjadi secara tiba-tiba. Ada banyak sekali solusi yang bisa di pakai dalam masalah ini. Tetapi sebelum melakukannya alangkah baiknya kita mengingat atau mengecek terlebih dahulu. Apakah suara HP kita rusak gara- gara terjatuh, kemasukan air atau bahkan tidak pernah melakukan update. Jadi kalau HP kamu tidak bisa mengeluarkan suara padahal volume sudah full, jangan terlalu cepat mengambil tindakan gegebah.

Cara Mengatasi Suara HP Yang Hilang

Banyak sekali faktor yang bisa membuat speaker di HP tidak mengeluarkan suara, salah satunya yang paling umum adalah di karenakan HP terjatuh. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, di artikel kali ini akan memberitahu bagaimana cara mengtasi suara HP yang hilang.

1. Cek Status Mode Hp

Pada smartphone terdapat beragam mode serta fungsinya. Seperti untuk menonaktifkan suara, menggetarkan suara, dan bahkan memblokir gangguan visual. Dengan menggunakan mode HP ini kamu bisa memilih hal yang akan di izinkan dan yang akan di blokir. Mode HP ini adalah hal pertama yang bisa di lakukan untuk mengecek status mode di HP tersebut. Kadang kita sering lupa kalau mengaktifkan mode silent, yang membuat suara di HP kita tidak berbunyi. Untuk mengembalikannya ke normal kamu bisa mengubahnya di profile, lalu beralih dari Mode Silent ke Mode Normal, setelah itu status speaker menjadi aktif kembali.

2. Matikan Daya HP

Cara yang ini merupakan cara yang sangat mudah untuk di lakukan dan sangat efektif menghilangkan bug yang ada di sistem HP. Karena kemungkinan masalah ini ada dari bug sistem operasi HP, dan sangat mudah sekali untuk menghilangkannya. Coba matikan HP kamu, kemudian cabut SIM Card, baterai dan memori card. Diamkan selama 1 menit supaya tida ada daya yang masuk. Lalu hidupkan kembali HP kamu, maka secara otomatis masalah bug tersebut akan hilang.

3. Cek Kondisi Speaker

Pengecekan kondisi speaker bisa kamu lakukan dengan cara membersihkan lubang speaker. Mungkin saja HP tidak memgeluarkan suara di karenakan kotor atau tersumbat oleh debu, maka dari itu coba di bersihkan. Gunakan kompresor udara dalam membersihkan debu di lubang speaker. Selain itu, untuk mengetahui kondisi speaker HP, yang harus kita lakukan adalah melakukan pengecekan speaker. Pertama, kita perlu mencoba dengan cara memasangkan headphone di perangkat android, jika tidak ada suara juga maka bisa di pastikan ada kerusakan pada speker HP kita.

4. Hapus Cache Hp

Cache partisi sistem merupakan tempat file sistem yang di simpan sementara yang terletak di direktori yang pastinya terpisah dari cache aplikasi. Dengan melakukan hapus cache bisa menormalkan kembali hal yang rusak pada sistem. Untuk menghapus cache kamu bisa melakukannya dengan cara yang sangat mudah yaitu, tekan tombol Power kemudian matikan HP. Setelah itu tekan tombol Power + Volume Up tahan selama beberapa detik. Lalu masuk di Recovery Mode, masuk ke bagian WIPE dan klik Wipe Cache dan di Konfirmasi.

5. Factory Reset

Jika belum berhasil mengatasi masalah suara dengan melakukam beberapa cara di atas, maka dari itu kamu perlu melakukan factory reset. Factory reset bisa mengatur kemabli berbagai pengaturan yang sudah rusak menjadi pengaturan default. Hal ini terjadi karena factory reset memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem yang memang sedang mengalami kerusakan. Saat kamu reset pengaturan HP ke default, mungkin program yang menajadi penyebab speaker tidak mengeluarkan suara. Kamu bisa masuk ke Settings, lalu ketuk General Management dan ketuk Reset Settings.

6. Matikan Bluetooth

Terkadang kita sering sekali lupa mematikan bluetooth Hp saat mendengarkan musik dengan menggunakan speaker. Hal ini juga yang bisa menyebabkan suara di HP tidak ada. Kenapa begitu? karena Hp yang di hubungkan dengan speaker melalui bluetooth, semua suara yang ada di HP akan keluar di speaker tersebut. Jika masalah seperti ini yang membuat suara di HP kamu tiba-tiba hilang, maka untuk mengatasi masalah ini dapat melakukannya dengan cara yang sangat mudah sekali, cukup matikan saja bluetoothnya.

7. Hapus Aplikasi Yang Mencurigakan

Bila kamu sering sekali menginstal aplikasi di luar playstore, kamu harus memastikan kalau aplikasi itu aman jika di pasang di HP. Karena aplikasi yang di luar playstore bisa saja membawa virus, dan virus itu akan menimbulkan kerusakan sistem. Kerusakan sistem karena virus bisa menyebabkan Hp tidak menimbulkan suara. Jika suara Hp kamu hilang di karenakan hal ini, maka segeralah memeriksa aplikasi itu dengan cara masuk ke pengaturan. Setelah itu ke menu pengelolaan aplikasi, lalu lihat apliaksi dan segera menghapusnya. Langkah seperti ini biasanya berhasil dan sudah ada yang menerapkannya.

8. Menggunakan Aplikasi Suara Hp

Menggunaka aplikasi suara Hp memiliki fungsi yang cukup membantu dan bisa mengatur suara di HP kamu. Kita bisa mengatasi HP yang tidak memiliki suara karena masalah penggunaan speaker bluetooth yang masih aktif. Kamu bisa mencarinya di google playstore, salah satu contoh aplikasi suara adalah Soundabout. Kadang cara sederhana seperti ini, malahan ampuh untuk meperbaiki suara pada HP.

9. Servis Speaker Hp

Cara terakhir ini adalah cara yang memang bener-benar sudah tidak bisa lagi di perbaiki dengan cara yang di atas. Servis speaker HP di lakukan, bisa jadi karena speaker internal HP kamu memang sudah rusak. Speaker internal HP rusak bisa jadi peyebabnya bermacam-macam, salah satunya karena HP terkena air dan terlalu panas. Servis speaker HP bisa di lakukan sendiri dengan cara membeli komponennya atau bisa juga menggunakan jasa servis. Cek juga apakah masih HP kamu masih ada garansi atau tidak, kalau masih ada garansi kamu bisa servis tanpa mengeluarkan biaya.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi suara HP yang hilang, semoga cara di atas bisa membantu masalah pada speaker HP kalian. Dengan cara ini, saya harap speaker HP kamu yang tidak keluar suaranya bisa normal kembali. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian, dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini