Cara Terbaik Mengatasi Suara HP Android Yang Semakin Kecil

Cara Terbaik Mengatasi Suara HP Android Yang Semakin Kecil – Pasti nya banyak di antara kalian bertanya – tanya bagaimana sih cara terbaik untuk mengatasi suara pada smartphone yang semakin hari semakin mengecil ? Yang mana jika suara yang di hasilkan oleh speaker android tersebut mengecil akan mampu menghambat segala sesuatu aktivitas kita sehari – hari. Tentu saja mempunyai hp android dengan harga yang cukup relatif lebih mahal serta telah di dukung oleh sebuah fitur canggih terbaru merupakan idaman untuk semua orang, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga kalau hp yang memiliki harga yang lebih mahal dari harga rata – rata pasar untuk mengalami masalah pada suara speaker nya.

Cara Terbaik Mengatasi Suara HP Android Yang Semakin Kecil

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa speaker sendiri merupakan salah satu komponen pada smartphone yang sangat penting. Dengan ada nya komponen speaker pada smartphone akan memungkinkan kita para pengguna nya untuk bisa mendengar berbagai suara yang di timbul kan oleh sebuah aktivitas yang sedang kita lakukan pada smartphone, yaitu seperti mendengar musik, menonton sebuah video, bermain game, nada ringtone, suara telepon, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, jika hp telah di pakai cukup lama yang mana akan dapat menimbulkan suatu masalah baru seperti mengecil nya suara speaker walaupun pengaturan suara dari smartphone sudah kita atur dengan maksimal. Hal seperti itu merupakan masalah yang wajar timbul pada hp kita, yang mana pemakaian nya sendiri sering di luar batas kemampuan nya yaitu hidup 24 jam nonstop tanpa istirahat atau mati sedikit pun dan batas pemakaian yang tidak wajar.

Pada kita manusia saja yang kalau di paksa melakukan aktifitas tanpa jeda istirahat sedikit pun akan merasa kan kelelahan, yang mana lama kelamaan akan merusak kita secara perlahan – lahan. Kerusakan yang akan terjadi tersebut sendiri pasti lah sering tidak bisa kita prediksi, begitu juga dengan smartphone, jadi kalau kalian mengalami beberapa kerusakan pada hp seperti suara hp yang tiba – tiba mengecil jangan lah untuk panik, sebab hal tersebut merupakan suatu kejadian yang wajar.

Baca Juga :

Yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum kita membahas cara terbaik mengatasi suara hp android yang semakin kecil yaitu adalah penyebab timbul nya masalah itu sendiri. Seperti kebanyakan masalah lain nya yang mana perlu di ketahui bahwa jika kita sudah tau penyebab dari timbul nya masalah itu terjadi, maka secara tidak langsung akan dapat membantu kita untuk mempermudah mengatasi masalah tersebut dengan pasti. Berikut di bawah ini beberapa penyebab yang bisa menimbul kan masalah terhadap speaker hp android :

  • Penyebab pertama yaitu speaker telah terkontaminasi oleh debu yang sudah banyak melekat pada sisi kulit speaker android kalian, sehingga hal ini menghambat arus pengeluaran suara dan getar dari dalam speaker.
  • Selain itu juga bisa di sebab kan oleh kabel (-) (+) pada smartphone android tidak lagi melekat dengan kuat, sehingga terkadang bunyi yang seharus nya di hasilkan oleh speaker terdengar lebih jelas, tetapi malah terdengar lebih kecil dan menyerupai suara pecah karena di sebab kan oleh kabel volume nya kendor.
  • Dan speaker yang memiliki kecacatan fisik berupa robek juga merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan nada suara yang seharus nya normal menjadi rusak. Selain penyebab yang telah saya sebutkan ini juga masih banyak terdapat penyebab lain nya, jadi jika kalian tidak dapat mencocokan penyebab masalah nya dengan yang sudah saya sebutkan ini maka anda bisa mencari tahu nya sendiri.

Cara Terbaik Mengatasi Suara HP Android Yang Semakin Kecil

Jika kamu mengalami masalah seputar suara speaker android yang tidak berkerja dengan baik, ada baik nya untuk kamu mengingat terlebih dahulu kegiatan apa yang kamu lakukan beberapa saat yang lalu sebelum masalah tersebut timbul. Sebab ada kemungkinan nya juga jika hp android tidak mengeluarkan suara yang normal tersebut di akibatkan dari kegiatan anda sendiri tanpa di sadari secara tidak langsung, seperti mengupgrade atau juga salah melakukan langkah sesuatu yang mengakibatkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu lah untuk bisa mengatasi nya dengan mudah, di bawah ini sudah saya rangkum beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menyelesaikan masalah yang satu ini.

1. Mati Hidupkan Smartphone

Penyebab pertama yang mungkin menyebabkan suara speaker android semakin kecil bisa jadi di karena kan oleh ada nya gangguan kecil pada sistem operasi berupa error atau pada aplikasi yang bersangkutan. Untuk bisa mengatasi masalah error pada sistem operasi tersebut, kalian bisa melakukan restart pada smartphone yang memiliki error, sehingga akan dapat kembali seperti sedia kala. Untuk langkah – langkah melakukan restart pada smartphone itu sendiri tidak lah sembarang memati hidup kan kembali sebuah smartphone, melainkan ada trik khusus untuk bisa memperbaiki error pada sistem operasi tersebut.

Mati Hidupkan Smartphone

Demikian lah di bawah ini cara untuk melakukan restart pada smartphone yang memiliki kerusakan pada speaker suara :

  1. Langkah pertama yaitu mematikan hp seperti biasa, lalu setelah itu cabut baterai hp, SIM Card, dan Micro SD (Memory Card).
  2. Jika sudah tercabut semua diam kan saja terlebih dulu dengan jeda waktu yang tidak begitu lama, hal ini di lakukan agar tidak ada daya satu pun yang mengalir ke dalam smartphone, yang mana akan berdampak seperti penyegaran bagi smartphone tersebut.
  3. Kemudian pasang dan aktifkan kembali ponsel android kamu tadi.

2. Cek Volume Pada Smartphone

Cek Volume Pada Smartphone

Penyebab kedua ini sering kali kita alami, yang mana secara tidak sadar volume suara sebelum nya telah kita kecil kan secara sengaja maupun tidak sengaja. Coba kalian cek volume pada smartphone kalian apakah telah di besarkan atau belum, dengan cara mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Cek volume hp android kamu apakah telah di besar kan atau belum, dengan cara tekan tombol Volume Up pada smartphone untuk memperbesar volume hingga maksimal.
  2. Selain itu juga cek pengaturan suara volume hp dari panggilan, musik, dan notifikasi melalui fitur suara. Yang mana dapat kalian temukan di dalam menu Pengaturan > klik Suara > dan pilih opsi Volume.

3. Melakukan Proses Unroot Pada Smartphone Root

Root sendiri merupakan salah satu proses yang bisa membuat si pengguna smartphone tersebut untuk mendapatkan akses penuh terhadap kinerja dari sistem software atau pun hardware dari si hp. Untuk cara unroot nya sendiri bisa kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi SuperSU atau aplikasi lain yang sejenis nya.

Melakukan Proses Unroot Pada Smartphone Root

Langkah – langkah melakukan unroot pada smartphone dengan menggunakan aplikasi SuperSU :

  1. Langkah pertama yaitu mendownload dan install aplikasi SuperSU dari dalam Google Play Store secara gratis.
  2. Kemudian langkah selanjut nya adalah membuka aplikasi tersebut dan pergi menuju menu Settings.
  3. Setelah itu gulir ke bagian bawah menu dan klik opsi pilihan Full Unroot. Kalian hanya tinggal menunggu proses unroot hingga selesai pada smartphone anda.
  4. Jika proses unroot berhasil, maka hp akan secara otomatis melakukan restart dengan sendiri nya.

4. Melakukan Factory Reset

Biasa nya apabila suatu sistem operasi pada smartphone mengalami error atau kerusakan pada sistem kerja nya maka dapat berimbas juga kepada kinerja komponen lain nya, termasuk pada suara speaker yang mengecil. Untuk itu lah kalian perlu mencoba cara yang satu ini jika sudah mencoba cara lain dan tidak berhasil. Melakukan factory reset ini bertujuan supaya semua sistem operasi pada smartphone berjalan kembali seperti pengaturan awal pabrik nya atau seperti baru lagi. Akan tetapi perlu anda ingat sebelum melakukan cara ini ada baik nya untuk membackup terlebih dulu seluruh data anda yang ada di dalam memory internal smartphone, agar semua data penting tersebut tidak terhapus atau hilang begitu saja.

Melakukan Factory Reset

Untuk cara melakukan Factory Reset itu sendiri bisa kalian simak selengkap nya di bawah ini :

  1. Pergi menuju menu Pengaturan pada hp. Jika sudah lalu gulir ke bagian bawah dan klik opsi menu Backup and Reset.
  2. Kemudian gulir lagi ke bagian bawah menu dan klik opsi Factory Data Reset.
  3. Dan klik pada opsi RESET DEVICE, lalu klik pilihan OK/YES untuk melakukan konfirmasi pilihan kamu.
  4. Kalian hanya tinggal menunggu proses factory reset hingga selesai pada smartphone anda. Jika proses reset berhasil, maka hp akan secara otomatis melakukan restart dengan sendiri nya.

5. Membersihkan Speaker HP Dari Debu

Apabila kamu terlalu sering menggunakan smartphone tentu akan dapat menyebabkan speaker menjadi kotor karena debu yang menempel, apa lagi jika smartphone kamu tidak di lengkapi oleh double casing maka akan mudah membuat nya menjadi berdebu. Untuk itu lah penting bagi kita membersihkan smartphone secara berkala supaya menjadi bersih dan tidak mengganggu kinerja dari hardware atau komponen smartphone lain nya. Untuk cara membersihkan nya kalian hanya tinggal membuka body hp dan langsung saja angkat speaker secara perlahan dari sanggahan nya atau melepas nya dari perekat speaker secara perlahan – lahan supaya kabel penghubung android tidak terputus.

Pada sisi daun speaker biasa nya terdapat banyak debu yang menempel, bersihkan la secara perlahan dengan menggunakan kuas kecil, dan setelah bersih segera pasang kembali. Tutup lagi body hp tadi tapi jangan di pasang terlebih dulu baut nya jika ada, coba lah untuk menghidupkan hp dan memutar musik terlebih dulu untuk mencoba kualitas dari si suara speaker. Bila menurut kalian sudah sesuai dengan keinginan maka tinggal kamu pasang baut speaker tersebut seperti semula, akan tetapi jika suara yang di hasil kan oleh speaker masih tidak normal coba lah untuk mengecek nya kembali, mungkin ada kerusakan lain nya.

Penutup

Baiklah sekian sedikit penjelasan dari saya yang mana pada kesempatan kali ini kita telah membahas masalah seputar suara speaker hp android yang tiba – tiba mengecil beserta beberapa cara jitu untuk bisa mengatasi nya. Jangan lupa share artikel ini ya guys ke dalam akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol share yang ada di bawah postingan ini.