Cara Mengatasi Smartphone Lupa Sandi, Pola dan PIN

Cara Mengatasi Smartphone Lupa Sandi, Pola dan PIN Ponsel pintar merupakan sebuah perangkat keras yang tiap harinya tak luput dari genggaman kita. Yang mana segala hal pribadi kita yang berbentuk digital, misalnya gambar dan video pasti terdapat pada perangkat tersebut. Oleh karena itu, agar terhindar dari orang yang iseng memakai HP kita tanpa izin perlu melindungi sistem smartphone supaya tidak mudah di akses oleh orang asing. Dalam melakukan pencegahan untuk melindungi data pribadi pada smartphone, tentu saja cara mudahnya yaitu melalui penguncian HP dengan menggunakan kata sandi, pola atau juga PIN.

Cara Mengatasi Smartphone Lupa Sandi, Pola dan PIN

Memang dengan cara mengunci sistem smartphone dengan ketiga cara tadi sangatlah aman dalam menjaga privasi kita dari orang lain. Namun, tak sedikit orang bahkan termasuk saya pribadi, yang pernah mengalami lupa kata sandi, pola ataupun PIN sehingga mengakibatkan HP tidak bisa di akses oleh kita pribadi. Tentu saja kalau sudah mengalami masalah ini akan membuat siapa saja menjadi panik. Cara gampang mengatasi memang membawanya ketukang service, tapi sebelum kamu merogoh gocek untuk mengatasi masalah tersebut, alangkah baiknya menyimak artikel kita kali ini ya.

Baca Juga:

Jika kalian mengalami lupa kunci pada HP jangan panik dulu ya. Karena ada beberapa cara mengatasinya yang dapat kamu lakukan sendiri. Nah oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini Bukandroid akan sharing beberapa Cara Mengatasi Smartphone Lupa Sandi, Pola dan PIN. Beragam metode dalam menyelesaikan permasalahan ini memang gampang-gampang susah ya, semua itu tergantung dari kemauan kamu. Dan juga, kalau satu cara telah kamu lakukan dan hasilnya belum berhasil, jangan dulu menyerah oke. Coba lah untuk mempraktikan langkah lainnya yang belum kamu lakukan.

Cara Mengatasi Smartphone Lupa Sandi, Pola dan PIN

Mengamankan ponsel pintar memanglah penting dengan cara mengunci sistemnya, agar terhindar kebocoran file yang tidak di inginkan. Akan tetapi, akan sangat rumit kalau sudah mengalami kejadian lupa sandi yang telah di pasang tersebut. Oleh karena itulah, sangat penting untuk anda mengetahui beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam membuka kembali kunci HP itu. Yuk simak rangkumannya berikut ini ya.

1. Melalui Fitur Forgot Pattern

Metode pertama yang akan kita coba dalam mengatasi lupa sandi ini ialah melalui fitur bernama forgot pattern, yang biasanya muncul ketika pengguna salah memasukan sandi sebanyak 5x. Akan tetapi, perlu anda ketahui sebelum mencoba langkah yang satu ini, bahwa cara ini hanya dapat di lakukan dengan ponsel Android yang memiliki versi sistem 4.4 KitKat dan dibawahnya. Karena pada versi Android di atas Kitkat, tidak tersedia lagi fitur Forgot Pattern pada saat salah memasukan kata sandi, pola atau PIN. Memakai fitur ini tidak akan mereset HP kamu kok, hanya saja pastikan HP sudah terkoneksi ke jaringan internet.

Melalui Fitur Forgot Pattern

Setelah memahami sedikit penjelasan di atas tadi, sekarang waktunya untuk kamu mencoba mempraktikan metode satu ini. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini ya:

  1. Cobalah mengingat dan menekan sandi anda hingga salah 5 atau 6x. Sehingga nanti akan muncul notif berupa “Tunggu hingga 30 detik dan coba lagi” atau sejenisnya
  2. Setelah menunggu, tekan opsi Forgot Pattern pada bagian bawah menu
  3. Selanjutnya maka akan ada 2 pilihan yang bisa kalian gunakan yaitu, Answer Question dan Enter Google Account
  4. Jika anda memilih Answer Question, maka hanya perlu menjawab sebuah pertanyaan. Dan Enter Google Account hanya memerlukan login akun ke Gmail yang sebelumnya sudah login pada smartphone tersebut
  5. Untuk pilihan Enter Google Account, setelah login kamu akan mendapatkan sebuah Email berupa sandi yang berguna dalam membuka HP milikmu.

2. Masukke Safe Mode

Jika lock screen HP kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga dari PlayStore maka bisa mencoba metode yang satu ini yaa. Aplikasi canggih yang memiliki keamanan lock screen sebenarnya terdapat cara untuk menonaktifkannya tanpa harus masuk ke sistem ponsel. Yaitu melalui boot Safe Mode, dengan kata lain kita nanti akan mencoba menghapus aplikasi pengunci layar tersebut melalui Sade Mode smartphone. Sehingga masalah ini akan terselesaikan, jadi langkah satu ini akan sangat mudah untuk kalian terapkan nantinya yaa. Tapi perlu di ingat, cara ini cuma berlaku untuk Lock Screen pihak ketiga saja.

Masukke Safe Mode

Setelah paham sama ketentuan pemakaian cara ini, yuk simak langkah-langkah masuk ke Safe Mode berikut dibawah ini:

  1. Masuk ke dalam menu Safe Mode dengan cara tekan tombol Power hingga muncul menu Reboot
  2. Lalu tekan Reboot atau Muat Ulang
  3. Ketika logo smartphone tampil segera tekan tombol Volume Bawah
  4. Maka secara otomatis kalian akan masuk kedalam Safe Mode
  5. Setelah berhasil masuk ke layar HP anda, langsung saja Uninstall aplikasi Lock Screen yang digunakan ya
  6. Jika sudah selesai maka lakukan reboot ulang untuk keluar dari Safe Mode. Yaitu tekan tombol Power dan klik Reboot.

catatan: Untuk cara masuk ke Safe Mode sendiri pada setiap merk HP sedikit berbeda. Jadi kalau caranya berbeda pada ponsel kamu, maka dapat mencari cara yang sesuai merk HP di Google

3. Bantuan Smartphone Lain

Pada cara ketiga ini bisa dilakukan oleh semua brand HP, tapi tetap saja akan ada yang berhasil dan tidak dalam mempraktikannya. Yang perlu kamu siapkan sebelum memulai langkah ini adalah dengan menyiapkan satu buah smartphone, yang nantinya akan berguna pada metode ini. Kamu bisa meminjam HP teman, adik, maupun orang tua ya, jadi saya kira tidak terlalu susah untuk menjalankan langkahnya. Mungkin di antara kalian ada yang bertanya, apakah bisa menggunakan komputer atau laptop sebagai alat bantu pengganti HP? Jawabannya tidak. Sebab kita akan melakukan panggilan telepon terhadap smartphone yang terkunci.

Bantuan Smartphone Lain

Kalau sudah penasaran sama langkah-langkahnya, yuk langsung simak aja dibawah ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu 1 Smartphone, bisa dengan cara meminjam HP teman, ataupun keluarga ya
  2. Jika sudah, maka lakukan Panggilan Telepon kepada smartphone yang terkunci tadi
  3. Segera Angkat panggilan masuk tadi kalau sudah masuk
  4. Lalu dalam keadaan sedang menelpon tersebut, cobalah untuk menekan tombol Home, yang nantinya akan mengarahkan HP terkunci tadi ke menu utama
  5. Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan dan segera Menonaktifkan Pola, Sandi ataupun PIN milikmu.

4. Hapus Kata Sandi Dari ADB

Cara berikut ini hanya dapat dilakukan jika anda memiliki Laptop atau Komputer, sebab akan membutuhkan pemakaian program ADB berbasis CMD. Bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan Rooting, maka tak pasti tak asing lagi dengan software bernama ADB.

Hapus Kata Sandi Dari ADB

Langsung saja yuk simak langkahnya berikut ini:

  1. Terlebih dulu pastikan sudah terinstall Program ADB pada perangkat PC atau Laptop milikmu ya. Untuk software dan cara installnya dapat kamu cari tahu di google, sebab disini kita akan membahas langkah dalam menghapus sandi saja
  2. Sambungkan HP kamu ke Laptop/PC dengna kabel USB
  3. Kemudian buka jendela CMD yang sudah terinstalasi ADB
  4. Lalu ketikan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key dan tekan Enter
  5. Maka secara otomatis smartphone melakukan Reboot dan Lockscreen sudah ternonaktifkan.

5. Melakukan Factory Reset

Terlebih dahulu pahami resiko yang akan kalian dapatkan jika memakai cara satu ini, resikonya yaitu akan kehilangan semua data pada memori internal. Dalam kata lain, ponsel pintar kalian akan kembali semula seperti awal pabrik. Namun, cara ini terbukti ampuh bisa menyelesaikan permasalahan anda tersebut.

Melakukan Factory Reset

Kalau sudah memahami betul resiko dari metode ini, yuk simak langkahnya dibawah ya:

  1. Matikan HP melalui tombol Power
  2. Setelah itu idupkan dengan cara menekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan
  3. Maka ponsel kamu akan otomatis hidup dan masuk ke menu Recovery Mode
  4. Lanjut dengan memilih menu Wipe Data/Factory Reset menggunakan tombol Volume Up untuk atas, dan Volume Down kebawah
  5. Tekan Yes dengan tombol Power
  6. Dan tunggu prosesnya hingga Selesai masuk ke menu utama smartphone.

Penutup

Cukup sekian pejumpaan kita kali ini, semoga melalui artikel ini dapat membantu anda ya. Jangan lupa juga untuk share artikel kita ketemen-temen yaa, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini