Cara Mengatasi Shopee Error di Android Paling Ampuh

Cara Mengatasi Shopee Error – Sekarang ini sudah masuk ke era digital, di mana hampir semua aktivitas bisa dipermudah dengan penggunaan perangkat teknologi. Misalnya saja belanja perlengkapan atau kebutuhan sehari-hari, sekarang kita bisa dengan mudah melakukannya secara online. Kita hanya perlu memilih barang yang kita suka melalui contoh gambar yang disediakan, kalau memang cocok maka bisa langsung memilih dan membayarnya via transfer bank atau metode lainnya. Barang akan langsung dikirim ke alamat rumah, kamu hanya perlu menunggunya datang saja.

Cara Mengatasi Shopee Error
Cara Mengatasi Shopee Error

Berbicara mengenai belanja online, sekarang ini sudah ada banyak sekali marketplace lokal yang cukup populer. Salah satunya yang menjadi favorit banyak oran yakni Shopee. Shopee ini sendiri selain bisa diakses melalui browser, disediakan pula versi aplikasi androidnya. Kamu bisa menginstall aplikasi Shopee secara gratis di Google Play Store. Berbelanja melalui Shopee App dianggap lebih mudah dan efisien, karenanya banyak pengguna menginstall aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Tetapi, terkadang aplikasi Shopee juga mengalami berbagai masalah yang disebabkan oleh banyak faktor. Aplikasi shopee yang error tentu akan menyulitkan pengguna saat ini beraktivitas di dalamnya. Apalagi bagi kamu yang statusnya sebagai penjual barang di Shopee, ini tentunya bakal menjadi petaka besar. Tidak perlu khawatir, ada kok cara mengatasi Shopee error tersebut. Informasi selengkapnya bisa di simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Shopee Error di Android Paling Ampuh

Cara Mengatasi Shopee Error di Android
Cara Mengatasi Shopee Error di Android

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab aplikasi Shopee error. Bisa dikarenakan sistem android yang bermasalah, aplikasi Shopee corrupt, aplikasi sudah usang, terkena virus atau malware dan masih banyak lagi yang lainnya. Apapun penyebabnya, yang pasti aplikasi Shopee yang mengalami error berdampak negatif bagi pengguna.

Aplikasi Shopee error sendiri juga bermacam-macam gejalanya, mulai dari aplikasi tidak bisa dibuka atau keluar sendiri, tidak bisa login akun, tidak bisa belenja, dan lain sebagainya. Adapun cara mengatasi Shopee error di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1.  Menghapus Cache Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengatasi aplikasi Shopee yang mengalami error  yakni dengan menghapus cache aplikasi. Salah satu penyebab aplikasi yang error dikarenakan file cache atau sampah yang menumpuk di RAM dan memori. Sejatinya file cache berfungsi untuk mempercepat loading aplikasi saat penggunaan di momen kedua.

Tetapi, terkadang jika sudah terlalu lama tersimpan cache bisa saja menjadikan aplikasi error, seperti aplikasi tidak bisa dibuka atau force close. Untuk menghapus file cache ini sendiri tidaklah sulit, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang Shopee yang mengalami error tersebut.
  • Selanjutnya pilih opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Cache atau Hapus Memori.

2. Menghapus Data Aplikasi

Selain file cache, data aplikasi juga bisa menyebabkan aplikasi Shopee mengalami error. Hampir sama seperti file cache, file data aplikasi bisa membuat aplikasi Shopee tidak bisa dibuka, tidak bisa login, hingga aplikasi force close. Jika ingin mengatasi masalah tersebut, kamu tentunya harus menghapus data aplikasi Shopee tersebut.

Caranya tidak berbeda jauh dengan penghapusan file cache, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Shopee.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

3. Merestart HP Android

Cara mengatasi Shopee error paling ampuh berikutnya yakni dengan melakukan restart HP android. Cara satu ini memang terbilang sederhana, namun cukup ampuh untuk mengatasi error pada aplikasi dan termasuk juga aplikasi Shopee. Dengan me-restart HP maka akan menghapus semua file sementara di RAM dan memori internal HP.

Melakukan restart HP juga akan mampu mengatasi berabagai masalah yang terjadi pada HP, termasuk juga error saat menjalankan aplikasi. Cukup kamu lakukan restart HP android, kemudian coba buka kembali aplikasi Shopee.

4. Memperbarui Aplikasi Shopee

Salah satu error yang sering dialami pengguna Shopee yakni tidak bisa login atau bahkan aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Masalah satu ini saja disebabkan oleh aplikasi Shopee yang sudah usang atau masih menggunakan versi lawas. Sejatinya mengupdate aplikasi ke versi terbaru akan mengatasi berbagai bug dan permasalahan yang sering terjadi di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, mengupdate aplikasi juga membuatmu bisa merasakan fitur-fitur baru yang dihadirkan. Jadi, jika memang tersedia versi terbaru dari aplikasi Shopee, sebaiknya kamu langsung memperbaruinya. Hal ini tentu akan mengatasi berbagai masalah error atau bug yang terjadi tersebut. Untuk mengupdate atau memperbarui aplikasi Shopee sangat mudah, kamu cukup mengunjungi Google Play Store dan cari aplikasi Shopee. Klik tombol Perbarui untuk mulai menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Jika dengan memperbarui aplikasi Shopee masih belum cukup untuk mengatasi masalah Shopee error, cara satu ini bisa kamu coba terapkan. Melakukan uninstall aplikasi akan menghapus semu file dan data aplikasi tersebut hingga tanpa tersisa. Sekarang kamu langsung saja uninstall aplikasi Shopee. Jika sudah berhasil, cobalah lakukan restart HP android agar semua data aplikasi terhapus semuanya.

Kalau sudah, coba install ulang aplikasi Shopee melalui situs resmi Google Play Store. Jangan sekali-kali menginstall aplikasi Shopee dari luar Play Store, karena hal tersebut memperbesar kemungkinan aplikasi mengalami error bahkan tersusupi virus.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Shopee error paling mudah dan ampuh bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?