Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti”

Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” – Aplikasi Whatsapp adalah sebuah media sosial perpesanan instant yang memiliki jumlah pengguna terbesar di era smartphone sekarang ini, yang mana di setiap hari nya ada sekitar 1 milliar pengguna aktif dan sampai mencapai jumlah pesan hingga miliaran juga setiap hari nya. Bahkan di tahun baru 2018 kemarin, Whatsapp telah berhasil mencapai rekor perpesanan yang menyentuh hingga ke angka yang sangat fantastis, yaitu berjumlah 75 miliar pesan. Dominasi dari aplikasi Whatsapp di dalam industri layanan pesan singkat tidak lepas dari berbagai macam inovasi untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti”

Selama di tahun 2017 saja sudah beragam banyak fitur baru yang mereka tambahkan pada aplikasi nya tersebut. Di antara nya beberapa fitur baru yang telah mereka hadir di tahun 2017 yaitu seperti pengguna bisa melacak lokasi teman, fitur menghapus pesan salah kirim, keamanan verifikasi dua langkah, mengirim dokumen berbagai format file, membuat status story seperti yang ada pada Instagram, mengelompok kan foto dalam berbagai album, dan juga fitur pemutaran video YouTube langsung dari aplikasi Whatsapp. Selain memiliki banyak fitur yang membuat ia menjadi primadona bagi semua kalangan warganet adalah karena pada aplikasi Whatsapp sendiri kita tidak akan menemukan sebuah iklan atau hal mengganggu lain nya, di mana dengan begitu akan bisa membuat semua pengguna nya menjadi sangat nyaman dalam penggunaan Whatsapp.

Akan tetapi dengan seiring nya waktu berlalu ternyata ada saja kendala yang membuat sebagian kecil pengguna nya merasa terganggu dalam menggunakan aplikasi Whatsapp. Meski pun jarang terjadi, tapi ada beberapa user WA yang mengeluhkan mengenai notif error yang bertulis kan “Unfortunately Whatsapp Has Been Stopped” atau “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti”. Pesan pop up itu sendiri memiliki arti yaitu aplikasi WA yang kita miliki akan menutup secara tiba – tiba atau biasa disebut force close. Semua masalah tersebut bisa terjadi di semua merk hp android, mulai dari Oppo, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Advan, HTC, Asus Zenfone, Vivo, Smartfreen, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Sebelum kalian mengatasi error tersebut dengan menggunakan berbagai cara yang sudah saya rangkum pada artikel ini, ada baik nya untuk terlebih dulu kalian mengetahui beberapa faktor penyebab yang menimbulkan error tersebut antara lain adalah :

  • Sinyal Internet Lemah
    Secanggih seperti apa pun smartphone yang kita miliki, kalau sinyal internet yang di punya terbilang lemah maka tidak ada guna nya, karena pada masa sekarang ini hampir semua aplikasi termasuk Whatsapp akan berjalan dengan sempurna dengan menggunakan sinyal internet yang stabil. Apa lagi kalau sinyal internet di tempat kamu sering putus – putus maka itu akan sangat mempengaruhi kelancaran aplikasi WA saat bekerja.
  • Terlalu Banyak Beban
    Walaupun ukuran kapasitas RAM yang di miliki oleh smartphone kalian sangat besar, tapi jika aplikasi yang berjalan sudah melebihi dari kapasitas RAM tersebut maka bisa di pastikan aplikasi utama yang sering di buka akan terasa lag atau juga dapat memuncul kan notif “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” serta di iringi dengan tindakan tutup paksa pada aplikasi yang bersangkutan tersebut.
  • Kinerja Smartphone Yang Sedang Tidak Stabil
    Tidak hanya manusia, perangkat elektronik berupa smartphone juga jika di gunakan secara terus menerus tanpa jeda istirahat pasti akan mengalami kelelahan kalau kita operasikan tanpa jeda meskipun hp memang di rancang untuk bisa aktif 24 jam. Tapi bukan berarti 24 jam nonstop hp bekerja, jika hp sudah mengalami kenaikan suhu yang mulai tinggi ada baik nya untuk berhenti sejenak memainkan nya atau bisa dengan cara mematikan perangkat.
  • Memory Penuh
    Pada dasar nya ada dua tipe penyimpanan yang ada pada smartphone android kita, yaitu memory internal dan memory eksternal. Sedikit tips dari saya agar memory internal anda tidak terlalu penuh ialah dengan cara menyimpan file yang tidak terlalu penting atau file pribadi anda ke dalam memory eksternal saja, contoh file tersebut antara lain berupa gambar, music, video, dan file dokumen lain nya. Apabila memory penyimpanan internal atau pun eksternal anda sudah terlanjur penuh, maka ada baik nya untuk menghapus file, aplikasi, video, atau apapun itu yang menurut anda tidak terlalu penting lagi. Sebab apabila memory internal sudah penuh dan tidak menyisahkan ruang hal tersebut akan sangat mengganggu semua aplikasi yang berjalan pada smartphone.

Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti”

Ok baiklah, setelah kita mengetahui banyak tentang Error “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” ini, sekarang tiba waktu nya untuk kalian mengetahui beberapa cara jitu untuk dapat mengatasi nya. Berikut di bawah ini beberapa cara jitu yang bisa kalian gunakan.

1. Lakukan Clean Data dan Force Close Whatsapp

Cara pertama yang harus kalian coba yaitu menghapus data aplikasi dan menghentikan aplikasi whatsapp adalah salah satu solusi paling jitu. Dengan menggunakan cara ini effek yang di berikan akan membuat WA menjadi terasa baru di install. Akan tetapi perlu kalian ketahui dengan menggunakan cara ini maka akan menghapus data Whatsapp anda seperti cache, history.

Lakukan Clean Data dan Force Close Whatsapp

Untuk langkah – langkah nya sendiri bisa kalian simak di bawah ini :

  • Pergi menuju menu Pengaturan pada smartphone > lanjut dengan memilih opsi Setelan Tambahan > klik Manajemen Aplikasi > cari aplikasi “Whatsapp” > kemudian klik “Paksa Berhenti” dan juga “Hapus Data”.

2. Hapus File Cache Pada Whatsapp

Setiap saat kita menjalankan sebuah aplikasi pasti nya akan menghasilkan file yang berjenis cache, history, temporary, atau bisa di sebut dengan file sampah. Secara otomatis file sampah tersebut akan tertimbun secara terus menerus di memory internal jika tidak kita hapus. Hal ini juga lah yang menyebab kan aplikasi Whatsapp dan lain nya sering mengalami error, lag, dan lemot. Hal ini juga tidak hanya terjadi pada WA saja, tetapi juga dapat terjadi pada aplikasi lain nya, seperti LINE, BBM, Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Untuk cara mengatasi nya sendiri ada 2 tipe yang bisa kita lakukan, yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi dan kedua yaitu tanpa menggunakan aplikasi.

Hapus File Cache Pada Whatsapp

Berikut di bawah ini cara menghapus file cache Whatsapp tanpa aplikasi :

  • Pergi menuju menu Pengaturan pada smartphone > lanjut dengan memilih opsi Setelan Tambahan > klik Manajemen Aplikasi > cari aplikasi “Whatsapp” > kemudian klik “Hapus Cache”.

3. Menginstall Ulang Aplikasi Whatsapp

Jika anda telah menggunakan kedua cara di atas dan hasil nya tidak berhasil, maka sebaik nya melakukan install ulang pada aplikasi WA di smartphone yang anda miliki.

Menginstall Ulang Aplikasi Whatsapp

Berikut di bawah ini cara menginstall ulang aplikasi Whatsapp :

  • Pergi menuju menu Pengaturan pada smartphone > lanjut dengan memilih opsi Setelan Tambahan > klik Manajemen Aplikasi > cari aplikasi “Whatsapp” > kemudian klik “Hapus Instalasi”.
  • Setelah kamu berhasil melakukan penghapusan aplikasi WA, maka langkah selanjut nya adalah melakukan download dan installasi ulang Whatsapp melalui Google Play Store secara gratis.

4. Lakukan Update Pada Aplikasi Whatsapp

Perlu kalian ketahui bahwa mengupdate sebuah aplikasi akan bisa memperbaiki kerusakan dan menghilangkan bugs yang ada. Cara tersebut bisa kamu lakukan secara langsung melalui Google Play Store, yang mana terkadang aplikasi Whatsapp juga sangat membutuhkan update untuk bisa memperbaiki kerusakan dan penambahan fitur yang ada, perlu anda rutin kan update tersebut minimal satu kali dalam satu minggu untuk memastikan pembaharuan yang ada secara pasti.

Lakukan Update Pada Aplikasi Whatsapp

Berikut di bawah ini cara melakukan update pada aplikasi Whatsapp :

  • Buka Play Store di hp kalian > lalu cari aplikasi “Whatsapp” > kemudian klik “Update” dan “Terima”. Perhatikan gambar di atas untuk lebih jelas nya.

5. Menutup Semua Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Menutup Semua Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Cara jitu kelima adalah menutup semua aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang smartphone anda. Jika masih mengalami error, cobalah untuk menutup aplikasi Whatsapp di Recent Apps, lalu coba buka lagi aplikasi WA. Recent Apps tersebut memiliki fungsi untuk melihat serta mengatur semua aplikasi yang terakhir kita buka. Untuk bisa mengakses Recent Apps, pada setiap merk hp berbeda – beda, ada yang terletak pada salah satu tombol kanan atau kiri dari tombol home, dan ada juga mengharuskan kita untuk menekan tombol tertentu untuk memunculkan sebuah recent apps.

6. Update Sistem Android

Pada semua merk hp android pasti nya selalu memberikan update system android nya, yang mana pembaharuan tersebut akan dapat mengatasi bugs yang ada serta menambah kan fitur smartphone agar bisa bekerja secara lebih maksimal. Oleh sebab itu lah jika ada notif pembaharuan sistem android pada smartphone kalian, ada baik nya untuk melakukan update dengan segera. Jika notif update tersebut tidak muncul, kalian dapat melihat nya secara manual dengan cara berikut ini :

  • Masuk ke dalam Pengaturan hp > kemudian masuk ke dalam menu Tentang Ponsel, yang mana biasa nya terletak di bagian bawah menu pengaturan > lalu pilih Pembaruan Sistem. Download dan pasang pembaruan tersebut, setelah itu hp akan melakukan restart secara otomatis.

7. Reset Smartphone

Cara jitu yang terakhir agar bisa mengatasi masalah error “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” ini adalah dengan cara melakukan reset ke pengaturan awal pabrik pada smartphone tersebut. Yang mana seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan menggunakan cara ini dapat mengatasi semua masalah yang timbul pada smartphone. Langsung saja ikuti langkah – langkah nya di bawah ini :

  • Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa melakukan factory reset yaitu masuk ke dalam menu Pengaturan smartphone > lalu pilih opsi Setelan Tambahan > kemudian klik menu Buat Cadangan dan Reset > setelah itu tinggal kamu klik Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Penutup

Baiklah itu lah tadi beberapa Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti” yang perlu kalian ketahui agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Jangan lupa share artikel ini ya, dengan cara menekan salah satu opsi tombol share di bawah artikel ini, dengan begitu kalian dapat membantu orang di sosial media kamu yang mungkin mengalami masalah yang sama.