Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Xiaomi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Xiaomi – Sama seperti komponen HP lainnya, memori internal juga memegang peranan yang sangat penting pada sebuah HP android. Memori internal ini sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua data atau file android, mulai dari data sistem hingga file media lainnya. Memori internal ini sendiri banyak varian kapasitasnya, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan seterusnya.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Xiaomi

Untuk HP Xiaomi keluaran baru khususnya, umumnya disematkan dengan memori internal seluas 16GB ke atas. Ini karena HP Xiaomi keluaran terbaru membutuhkan ruang file sistem yang cukup besar agar kinerja HP lebih maksimal. Tetapi, apa jadinya jika ruang penyimpanan yang sudah disediakan di HP android sudah penuh? Sementara pengguna masih membutuhkan ruang lagi untuk penyimpanan file dan data.

Baca Juga:

Tenang saja, ada kok cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi yang bisa kamu terapkan. Cara ini bukan berarti bisa memperbesar kapasitas ROM atau memori internal, melainkan ruang penuh tersebut bisa ditekan agar lebih lega lagi. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Xiaomi

Hampir sama dengan di HP android lainnya, cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi juga mudah dilakukan. Bahkan untuk kamu yang masih awam atau pengguna baru Xiaomi juga bisa dengan mudah menerapkan cara tersebut.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di HP Xiaomi

Ruang memori internal yang penuh ini sendiri umumnya disebabkan oleh data-data di dalamnya yang tersimpan di dalamnya. Ternyata tidak semua data bisa disimpan secara manual di ROM android, ada beberapa file data yang tersimpan tanpa sepengetahuan penggunanya. Beberapa data dan file yang tersimpan di ROM tersebut seperti, file video, audio, foto, game, aplikasi hingga cache. Adapun langkah-langkah mengatasi ROM Xiaomi penuh tersebut, sebagai berikut:

1. Memindah atau menghapus file foto, video, dan musik

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi yang pertama adalah dengan memilah file foto, video dan musik yang tersimpan di memori internal Xiaomi. Jika ada file foto, video dan musik yang sekiranya tidak penting, sebaiknya kamu menghapusnya dari memori internal. Namun, jika file yang tersimpan di ROM tersebut bersifat penting, maka kamu bisa memindahkannya ke microSD.

MicroSD menjadi alternatif penyimpanan terbaik untuk file foto, video atau musik yang aman. Kamu bisa membeli microSD atau SD Card dengan kapasitas yang juga beragam. Untuk kapasitasnya sendiri sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhanmu.

2. Menghapus aplikasi dan game yang tidak digunakan

Selain file foto, video dan music, aplikasi serta game yang tersedia di HP Xiaomi juga bisa memakan banyak ruang memori internal. Karena itulah, sebaiknya kamu hapus atau uninstall saja beberapa aplikasi dan game yang tidak atau jarang digunakan. Dari pada tetap terinstall namun jarang digunakan, ini akan membuat sesak ruang penyimpanan internal.

Untuk melakukan uninstall atau penghapusan aplikasi dan game di HP Xiaomi sangatlah mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Selanjutnya cari dan klik aplikasi atau game yang ingin kamu hapus.
  • Setelah ketemu, langsung saja klik Uninstall sekarang.

3. Hapus data dan cache aplikasi terinstall

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi berikutnya adalah dengan menghapus data dan juga cache dari aplikasi terinstall. Cara ini bisa kamu lakukan jika aplikasi yang terinstall di HP android dirasa cukup penting dan tidak boleh dihapus atau uninstall. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, file cache dan data aplikasi terinstall juga menjadi salah satu penyebab penuhnya ruang penyimpanan internal di HP Xiaomi khususnya.

Untuk menghapus file data atau cache aplikasi terinstall juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan Hp Xiaomi.
  • Setelah itu, scroll ke bawah kemudian pilih opsi Aplikasi terinstall.
  • Selanjutnya kamu cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan datanya.
  • Pada halaman berikutnya kamu klik Hapus Cache dan Hapus Data.

Perlu kamu ingat, menghapus data aplikasi berarti kamu sudah menghapus berbagai informasi dan juga pengaturan di dalam aplikasi tersebut. Jadi, pikir-pikir dulu aplikasi atau game mana saja yang ingin dihapus datanya.

4. Memanfaatkan fitur cleaner Xiaomi

Hampir semua merek HP android dibekali dengan fitur untuk menghapus file cache atau sampah di sistem. Di HP Xiaomi juga demikian, dimana juga sudah ada fitur khusus yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus data atau file cache android.

File cache yang tersimpan secara otomatis di memori internal ini juga bisa menyebabkan memori penuh. Karena itulah kamu perlu menghapusnya agar ruang di memori internal lebih lega. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu klik opsi Penyimpanan.
  • Untuk melanjutkan, kamu tinggal klik opsi Pembersih.
  • Proses scanning file sedang berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses scan selesai, langsung klik tombol Bersihkan.

5. Melakukan root HP Xiaomi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di HP Xiaomi juga bisa dengan melakukan root HP Xiaomi. Dengan melakukan root, kamu bisa dengan bebas melakukan oprek sistem android. Selain itu, kamu juga bisa menghapus semua aplikas bawaan android yang tidak digunakan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, menghapus aplikasi android juga bisa melegakan ruang kosongnya. Tetapi, cara ini tidak terlalu saya rekomendasikan untuk dilakukan. Karena seperti yang kita tahu, banyak bahaya root android yang bisa kamu dapatkan.

6. Melakukan reset HP Xiaomi

Dan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi yang terakhir adalah dengan melakukan reset pabrik. Dengan cara ini semua data dan file di androd akan dihapus dan semua pengaturannya dikembalikan ke setelan pabrik.

Untuk langkah-langkah melakukan reset HP Xiaomi sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu, klik pada opsi Setelan Tambahan.
  • Pada halaman berikutnya pilih Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Dan terakhir klik tombol Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Xiaomi yang mudah diterapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?