Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Vivo

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Vivo – Selain Xiaomi, Vivo juga menjadi salah satu brand smartphone asal Negeri China yang terkenal di Indonesia. Vivo sendiri juga selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru untuk setiap produk smartphone yang diluncurkannya. Ada banyak sekali tipe smartphone Vivo yang ada di pasaran, dan hampir semua produknya tersebut sangat laris diburu para pecinta gadget.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Vivo

Alasan HP dari Vivo selalu menjadi pilihan favorit, karena spesifikasi yang dibawanya sangat mumpuni dengan banderol harga terjangkau. Tidak hanya itu, fitur-fitur canggih yang disematkan di dalamnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna. Ditambah lagi dengan sematan spesifikasi unggulan sehingga membuat kinerja smartphone lebih cepat dan maksimal.

Baca Juga:

HP Vivo yang ada di pasaran dibekali dengan ruang penyimpanan yang bervariasi, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB. Semakin besar kapasitas ruang penyimpanan HP, tentunya akan mempermudah pengguna dalam menyimpan file atau data. Beda lagi jika ruang penyimpanan di HP Vivo yang kecil, tentunya sangat terbatas untuk menyimpan segala jenis file serta cepat penuh. Tapi tenang saja, ada cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Vivo yang mudah bisa kamu terapkan. Informasi selengkapnya lihat di bawah ini.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Vivo

Cara Mengatasi ROM Penuh di Vivo

1. Hapus aplikasi dan game yang jarang digunakan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Vivo yang pertama adalah dengan menghapus beberapa aplikasi atau pun game yang jarang digunakan. Dari pada membuat penuh kapasitas penyimpanan, lebih baik dihapus saja, bukan? Aplikasi atau game yang dibiarkan tetap terinstall namun jarang digunakan, tentu ini percuma.

Menghapus aplikasi dan game yang tidak atau jarang digunakan cukup ampuh untuk mengatasi ruang penyimpanan internal yang penuh. Untuk cara menghapus atau meng-uninstall aplikasi dan game di Vivo sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Vivo.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi & Notifikasi.
  • Cari dan klik aplikasi atau game yang ingin dihapus.
  • Setelah itu, klik Uninstall. Tekan tombol OK untuk mengkonfirmasi penghapusan aplikasi atau game.

2. Memindahkan aplikasi terinstall ke SD Card

Cara yang kedua ini juga diklaim ampuh untuk mengatasi ruang penuh di penyimpanan internal HP Vivo. Data aplikasi yang diinstall di android biasanya akan langsung tersimpan di ROM atau memori internal HP. Karena itulah, jika ingin ruan penyimpanan internal tetap lega maka kamu bisa memidah data aplikasi terinstall tersebut ke microSD atau SD Card.

Beberapa HP Vivo keluaran lama biasanya disediakan tombol untuk memindahkan aplikasi ke SD Card. Tapi untuk HP Vivo keluaran baru mungkin sudah tidak teredia. Solusinya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi Link2SD. Adapun langkah-langkah memindah aplikasi ke SD Card, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP Vivo.
  • Pilih opsi Aplikasi & Notifikasi.
  • Setelah itu, cari dan klik aplikasi yang ingin dipindah ke SD Card.
  • Pada halaman ini kamu tinggal klik tombol Pindahkan ke SD Card.

3. Memindahkan semua file ke Cloud Storage

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Vivo selanjutnya adalah dengan memindahkan file yang ada di memori internal ke Cloud Storage. Cloud Storage sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara virtual. File tersebut akan tersimpan aman di server penyedia cloud, dan kapan pun pengguna bisa mengaksesnya.

Sekarang ini ada banyak sekali layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan, bahkan gratis. Beberapa contohnya seperti Google Drive, Dropbox, Mega dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara satu ini bisa menjadi alternatif jika ruang penyimpanan internal HP Vivo cukup kecil dan tidak dilengkapi dengan SD Card.

4. Memindahkan file atau data ke SD Card

Selain memindah data aplikasi dan game, untuk semakin memperluas kapasitas memori internal kamu bisa memindahkan file atau data penting ke microSD atau SD Card. Sejatinya memori internal hanya digunakan untuk menyimpan data sistem android dan aplikasi yang terinstall. 

Jadi, sebaiknya berbagai data atau file lain seperti foto, video, dokumen, hingga musik sebaiknya pindah saja ke memori eksternal. Cara memindahkannya juga cukup mudah, cukup tandai semua file yang ingin dipindah lalu klik tombol pindahkan ke Kartu SD.

5. Menghapus cache dan data aplikasi

Chace dan data aplikasi biasanya juga bisa membuat penuh ruang penyimpanan internal. Karena itulah, sebaiknya lakukan penghapusan cache dan data aplikasi agar ruang penyimpanan internal lebih luas. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa dilihat di bawah ini:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP Vivo.
  • Selanjutnya klik opsi Aplikasi & Notifikasi.
  • Pada halaman ini kamu tinggal klik pada aplikasi yang ingin dihapus cache dan datanya.
  • Setelah itu, klik opsi Penyimpanan.
  • Baru klik tombol Hapus Cache. Jangan lupa juga klik tombol Hapus Data.

Perlu kamu tahu, jika menghapus data dari aplikasi maka kamu akan kehilangan settingan dan data lain di dalam aplikasi tersebut. Misalnya saja aplikasi yang membutuhkan data login, biasanya data login yang tersimpan sebelumnya akan dihapus.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di Vivo yang bisa kamu coba terapkan. Penggunaan microSD sangat diperlukan untuk menyiasati ruang internal HP yang penuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial peribadi kamu ya?