Cara Mengatasi RAM Penuh Terus Paling Ampuh

299
Cara Mengatasi RAM Penuh Terus
Cara Mengatasi RAM Penuh Terus

Cara Mengatasi RAM Penuh Terus – Saat pertama kali membeli sebuah smartphone android, komponen mana yang paling kamu perhatikan? Kebanyakan pengguna pasti akan melihat sematan RAM yang dibawa oleh sebuah smartphone. Menurut mereka semakin besar kapasitas RAM yang dibekalkan pada HP android, maka hal tersebut akan membuat performa kinerja multitasking HP menjadi lebih cepat dan lancar. Apalagi saat digunakan untuk bermain game berat, sama sekali tidak akan mengalami lag sedikit pun.

Cara Mengatasi RAM Penuh Terus
Cara Mengatasi RAM Penuh Terus

Penyataan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, karena memang RAM sangat berkontribusi dalam mendukung kinerja HP saat dioperasikan. Kapasitas RAM yang besar juga memungkinkan kamu menginstall banyak aplikasi dan menjalankannya dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami lag atau HP lemot. Tetapi, tentunya untuk hal performa kinerja HP juga perlu bantuan komponen lain agar semakin maksimal, seperti prosesor, chipset, dan juga GPU.

Baca Juga:

Akan tetapi, kapasitas RAM yang terlalu kecil juga bakal menyebabkan masalah serius. Salah satunya kinerja HP yang menjadi sangat lambat atau lemot karena ruang di RAM yang terlalu penuh. Jika sudah seperti ini, tentunya aktivitas apapun dalam hal pengoperasian smartphone menjadi kurang maksimal. Lantas, bagaimana cara mengatasi RAM penuh terus tersebut? Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah saya rangkuman bagaimana cara ampuh untuk mengatasi RAM selalu penuh tersebut.

Cara Mengatasi RAM Penuh Terus Paling Ampuh

Cara Mengatasi RAM Android Penuh Terus
Cara Mengatasi RAM Android Penuh Terus

HP dengan RAM berkapasitas 2GB ke bawah biasanya memang sering mengalami yang namanya ruang selalu penuh. Hal ini semakin diperparah jika kamu menginstall banyak aplikasi di dalam smartphone android tersebut. Seperti yang kita tahu, ada beberapa jenis aplikasi android yang akan tetap berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang kamu gunakan. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan di background agar saat ada notif yang masuk maka aplikasi bisa langsung memberitahukan pada penggunanya.

Adapun cara mengatasi RAM penuh terus paling mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Cache Aplikasi Android

Cara mengatasi RAM sering penuh yang pertama yakni dengan menghapus cache aplikasi android. File cache atau file sampah aplikasi biasanya akan disimpan di RAM. Jika terlalu banyak aplikasi yang dijalankan di android, maka hal tersebut akan membuat ruang di RAM semakin sesak dan penuh. Jika sudah seperti ini maka akibatnya HP menjadi lemot atau bahkan mengalami hang saat menjalankan aplikasi tertentu.

Untuk menghapus cache aplikasi android caranya sangat mudah. Ada dua metode untuk menghapus cache aplikasi android. Metode yang pertama dengan menggunakan aplikasi cleaner dan kedua melalui menu Pengaturan. Tetapi lebih efektif melakukan penghapusan aplikasi cache melalui menu Pengaturan, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus file cache-nya.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

2. Paksa Berhenti Aplikasi dan Hapus Data

Selain cara di atas, kamu juga memungkinkan untuk memperbesar ruang di RAM dengan cara melakukan paksa berhenti pada aplikasi tertentu. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, salah satu penyebab ruang RAM selalu penuh yakni karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jadi, untuk memperluas ruang kosong di RAM maka kamu perlu menghentikan aplikasi yang berjalan di background tersebut.

Cara menghentikan aplikasi di latar belakang juga bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni menggunakan aplikasi khusus dan juga melalui menu Pengaturan. Namun yang akan saya bahas kali ini yakni cara menghentikan aplikasi melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi yang sering berjalan di latar belakang, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.
  • Dan terakhir kamu klik tombol Paksa Berhenti.
  • Agar lebih maksimal, lanjutkan dengan menghapus data aplikasi. Caranya klik opsi Penyimpanan, lalu klik pada tombol Hapus Data.
  • Selesai.

Perlu kamu tahu, menghapus data aplikasi android akan membuat pengaturan dan semua basis data di dalamnya akan hilang. Jadi, aplikasi akan kembali ke mode default seperti pertama kali kamu menginstallnya.

3. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Aplikasi android yang kita install umumnya data dari aplikasi tersebut akan tersimpan secara otomatis di ruang memori internal. Karena itulah, semakin banyak aplikasi yang kamu install di HP android, maka akan membuat memori internal menjadi penuh. Selain berpengaruh pada ruang penyimpanan internal, hal ini juga memungkinkan untuk memenuhi ruang di dalam RAM.

Agar ruang di dalam RAM tidak selalu penuh, maka kamu perlu melakukan pemindahan data aplikasi dari memori internal ke memori eksternal atau microSD. Cara ini juga menjadi alternatif terbaik jika memang ruang memori internal di HP androidmu juga hampir penuh. Namun, pada HP keluaran terbaru umumnya sudah menghapus fitur untuk pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Jadi, alternatifnya kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan aplikasi ke microSD yakni LINK2SD.

4. Menghapus atau Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android

Saat baru pertama kali membeli HP android, umumnya di dalam HP tersebut sudah terinstall aplikasi bawaan atau yang dikenal dengan bloatware. Aplikasi bawaan tersebut dihadirkan untuk memanjakan para penggunanya. Namun, ternyata tidak jarang aplikasi bawaan android tersebut justru tidak dibutuhkan oleh pengguna. Karena itulah, dari pada hanya memenuhi ruang RAM dan memori internal HP, sebaiknya kamu menghapusnya.

Memang ada beberapa aplikasi bawaan atau bloatware android yang bisa diuninstall secara manual. Tetapi itu tidak semua, karena ada beberapa bloatware yang justru tidak bisa dihapus. Alternatifnya kamu bisa memilih untuk menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan di android.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin diuninstall atau dinonaktifkan.
  • Dan terkhir klik Hapus Instalasi atau Nonaktifkan.
  • Selesai.

5. Menggunakan Aplikasi Booster

Dan cara mengatasi RAM penuh terus yang terakhir yakni dengan memanfaatkan aplikasi booster android. Aplikasi ini akan membantu pengguna menghapus file cache android hingga menghentikan aplikasi di background. Dengan demikian, kinerja RAM akan semakin optimal dan bisa mengatasi masalah HP yang lemot atau lambat

Ada banyak pilihan aplikasi booster yang bisa kamu gunakan, seperti Clean Master, CM Booster, Ccleaner dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi booster terbaik android tersebut untuk diinsall di HP android kesayangan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi RAM penuh terus paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Tidak Bisa Follow Instagram Orang Lain
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini