Cara Mengatasi RAM HP Android Cepat Penuh

Cara Mengatasi RAM HP Android Cepat Penuh – Saat akan membeli HP untuk pertama kali, apa hal yang paling kamu perhatikan? Sebagian besar orang mungkin akan langsung mengarah ke kapasitas RAM yang diusung oleh sebuah HP. RAM memang menjadi komponen penting yang bisa menentukan cepat tidaknya performa kinerja HP saat menjalankan aplikasi dan game. Meskipun, ada pula komponen lain yang menunjang hal tersebut seperti prosesor, GPU, dan ROM.

Cara Mengatasi RAM HP Android Cepat Penuh

RAM sendiri memiliki kepanjangan Random Access Memory berfungsi untuk menyimpan data sementara saat HP menjalankan aplikasi atau game tertentu. Adanya RAM membuat aktivita multitasking di HP android menjadi lebih cepat dan maksimal. Ini karena aplikasi dan game yang dijalankan akan disimpan datanya, dan data tersebut akan digunakan lagi untuk mempercepat loading saat akan membuka aplikasi atau game tersebut yang kedua kalinya.

Baca Juga:

Karena kapasitas RAM di HP android yang tidak terlalu besar, seringkali ruang di RAM menjadi penuh. Jika sudah seperti ini, pasti akan mengganggu performa kinerja HP. HP aka mengalami berbagai masalah seperti, nge-lag, crash, atau bahkan mati/restart dengan sendirinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi RAM HP android cepat penuh tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi RAM HP Android Cepat Penuh

Cara Mengatasi RAM HP Android Penuh

Bagi pengguna awam mungkin masih bingung bagaimana cara mengatasi RAM HP android cepat penuh atau habis. Sebenarnya tidak teralu sulit untuk melakukan hal tersebut, dan juga tidak membutuhkan alat khusus sebagai penunjangnya. Adapun langkah-langkah mengatasi ruang RAM cepat penuh tersebut, di antaranya:

1. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa (Force Close)

Cara mengatasi RAM HP android cepat penuh yang pertama adalah dengan melakukan penghentian aplikasi secara paksa. Seperti yang kita tahu, terdapat beberapa jenis aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meskipun tidak sedang digunakan. Hal ini tentunya akan banyak memakan ruang di RAM sehingga membuatnya cepat penuh. Kalau cuma satu aplikasi mungkin tidak terlalu bermasalah, tetapi bagaimana kalau banyak aplikasi?

Untuk menghetikan aplikasi secara paksa agar tidak berjalan di background, yaitu:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Setelah itu, pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (kebanyakan aplikasi chat).
  • Jika sudah, selanjutnya langsung klik pada tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Agar semakin maksimal, lakukan juga penghapusan file cache aplikasi dengan cara pilih opsi Penyimpanan, kemudian klik Hapus Cache.

2. Uninstall atau Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Jika spesifikasi HP androidmu termasuk kelas standar, sebaiknya jangan menginstall aplikasi yang terlalu banyak. Hal ini juga bisa menjadi penyebab ruang RAM cepat penuh sehingga membuat kinerjanya menurun. Sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi atau yang sekiranya tidak terlalu kamu butuhkan.

Selain itu, beberapa aplikasi bawaan juga bisa kamu lakukan uninstall jika memang tidak terlalu berguna. Beberapa aplikasi bawaan atau bloatware mungkin tidak tersedia opsi uninstall, solusinya adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Untuk caranya sendiri sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian, pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi bawaan (bloatware) yang ingin dinonaktifkan.
  • Dan terakhir klik pada tombol Nonaktifkan.

3. Membersihkan Cache Perangkat Secara Rutin

File cache biasanya akan tersimpan di dalam ruang RAM, dan jika dibiarkan file sampah tersebut akan terus menumpuk dan membuatnya semakin sesak atau penuh. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya lakukan pembersihkan ruang RAM secara rutin. Kamu bisa melakukan pembersihkan setidaknya 3 hari sekali.

Untuk membersihkan file cache yang tersimpan di RAM bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan memanfaatkan fitur bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penggunaan aplikasi pihak ketiga diklaim lebih efektif karena bisa membersihkan RAM secara sempurna. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah CCleaner. Atau juga, jika ingin lebih mudah maka bisa menggunakan fitur bawaan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Scroll ke bawah dan cari opsi Perawatan Perangkat atau Pemeliharaan Perangkat.
  • Secara otomatis fitur akan melalukan scan dan penghapusan file sampah.
  • Sebagian besar perangkat android sudah dibekali fitur semacam ini. Dan yang saya jelaskan ini adalah fitur yang ada di HP Samsung.

4. Memanfaatkan Aplikasi Booster

Cara mengatasi RAM HP android cepat penuh selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi booster. Sesuai dengan namanya, aplikasi booster berfungsi untuk memaksimalkan kinerja RAM agar semakin optimal dan tidak lemot.

Cara kerjanya sendiri cukup sederhana, yakni dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, menghapus cache perangkat dan mengoptimalkan kinerja RAM. Dengan begitu, ruang di RAM akan selalu lega sehingga meminimalkan timbulnya berbagai masalah seperti, nge-lag, chars, lemot atau bahkan HP restart sendiri. Salah satu aplikasi RAM booster yang paling direkomendasikan adalah CM Booster.

5. Memindah Aplikasi ke SD Card

Cara yang terakhir ini memang tidak ada hubungannya dengan ruang di RAM yang cepat penuh. Tetapi, memindahkan aplikasi dari memori internal HP ke SD Card akan membuat ruang penyimpanan HP menjadi lebih lega. Cara ini juga memungkinkan membuat HP android lebih maksimal kinerjanya saat menjalankan berbagai aplikasi dan game. Untuk memindah aplikasi ke SD Card, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama LINK2SD. Bagi kamu pemilik HP Xiaomi, bisa baca di sini >> Cara Memindah Aplikasi ke SD Card di Xiaomi

Penutup

Itu tadi beberapa cara mengatasi RAM HP android cepat penuh paling mudah bisa kamu coba terapkan. Ruang RAM yang lega akan membuat performa HP lebih cepat dan membuat penggunanya nyaman.