Cara Mengatasi QFIL Error Saat Flashing HP Android

189
Cara Mengatasi QFIL Error
Cara Mengatasi QFIL Error

Cara Mengatasi QFIL Error – Flashing HP android biasa dilakukan untuk memperbaiki berbagai masalah error yang dialami di dalamnya. Proses flashing berarti akan mengganti firmware atau ROM yang digunakan di dalam HP. Beberapa masalah error pada HP android yang bisa diatasi dengan cara flashing, seperti HP bootloop, mati atau restart sendiri, tidak bisa download dan instal aplikasi, aplikasi tidak bisa dibuka, HP selalu masuk ke fastboot mode dan masalah error lainnya.

Cara Mengatasi QFIL Error
Cara Mengatasi QFIL Error

Selain itu, melakukan flashing HP android biasanya juga bertujuan untuk mengupdate versi firmware yang digunakan di dalamnya. Dengan begitu, HP akan lebih kaya fitur, masalah bug teratasi hingga lebih nyaman dalam pengoperasiannya. Untuk melakukan flash HP android ini sendiri setidaknya bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni menggunakan PC dan tanpa PC atau laptop. Keduanya sama mudahnya untuk dilakukan, dan tata caranya bisa dilihat melalui internet. Sudah ada banyak website yang membahas mengenai cara flash HP android tanpa PC atau menggunakan bantuan PC tersebut.

Baca Juga:

Dalam proses flashing HP menggunakan bantuan PC, kamu membutuhkan software tambahan. Salah satunya adalah menggunakan software bernama QFIL. Ini merupakan software flashing khusus untuk android yang bisa digunakan pada perangkat HP dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon. Meskipun mudah, namun terkadang ada beberapa masalah error yang terjadi sehingga membuat proses flashing HP gagal. Lantas, bagaimana cara mengatasi QFIL error saat proses flashing HP tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi QFIL Error Saat Flashing HP Android

QFIL merupakan salah satu flashtool terbaik yang biasa digunakan pada HP berbekal chipset Qualcomm Snapdragon. Menggunakan aplikasi tersebut kamu membutuhkan bantuan perangkat PC atau laptop untuk mempermudah proses flashing HP. Proses flashing HP menggunakan QFIL terbilang mudah, sama halnya seperti saat menggunakan SP Flashtool, Mi Flash atau aplikasi sejenis lainnya.

Akan tetapi, memang terkadang ada masalah error yang terjadi pada aplikasi sehingga proses flashing tidak dapat dilakukan. Ada beberapa penyebab QFIL error saat melakukan flash HP yang menjadi faktor utamanya, di antaranya:

  • Kabel data yang digunakan sudah rusak atau tidak berfungsi maksimal.
  • Port kabel data di HP atau PC/laptop tidak berfungsi baik.
  • Fitur USB Debugging belum diaktifkan di HP.
  • Software QFIL mengalam corrupt.
  • Versi QFIL yang digunakan tidak kompatibel dengan perangkat PC atau laptop.
  • USB driver Qualcomm tidak terpasang atau mengalami data corrupt.
  • Firmware atau file ROM tidak cocok.
  • File Firmware rusak atau corrupt.

Dari beberapa penyebab yang disebutkan di atas, kita jadi lebih tahu bagaimana cara mengatasi QFIL error tidak bisa flash HP tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Cara Memperbaiki QFIL Error
Cara Memperbaiki QFIL Error

1. Instal Qualcomm USB Driver

Salah satu penyebab utama proses flashing HP menggunakan QFIL mengalami kegagalan karena kamu belum memasang Qualcomm USB Driver di perangkat PC atau laptop yang digunakan. Ini berfungsi sebagai jembatan antara PC dan HP agar chipset bisa terbaca di PC sehingga proses flashing lewat PC bisa berjalan dengan lancar.

Kamu bisa download dulu Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 melalui internet secara gratis. Di situs penyedia software Qualcomm USB Driver tersebut biasanya juga akan dijelaskan bagaimana cara untuk instalasinya di PC atau laptop. Setelah memasang USB driver Qualcomm tersebut, kamu bisa lanjut lagi proses flashing HP menggunakan QFIL.

2. Cek Kabel USB dan Port USB

Kabel USB yang digunakan bukan bawaan dari HP android yang diflashing? Jika iya, kemungkinan besar penyebab utama gagalnya proses flashing menggunakan QFIL ini karena hal tersebut. Pastikan kamu menggunakan kabel data atau kabel USB ORI yang merupakan bawaan dari HP android yang diflashing tersebut. Jangan lupa memasang konektor kabel USB secara benar pada port di PC dan HP.

Jika memang tetap tidak bisa, mungkin saja kabel USB yang digunakan tersebut sudah rusak. Tanda-tandanya adalah HP tidak terbaca di PC atau laptop meskipun sudah dipasang driver USB Qualcomm. Cobalah untuk menggantinya dengan kabel data lain yang masih berfungsi secara normal.

Selain kabel data, kamu juga perlu mengecek port USB pada PC atau laptop. Biasanya port USB ini sering mengalami error sehingga tidak bisa membaca perangkat lain yang dihubungkan. Cobalah untuk menancapkan konektor kabel ke port USB lain yang ada di PC atau laptop. Bersihkan port jika memang di dalamnya terdapat banyak debu atau kotoran yang bersarang.

3. Mengaktifkan Fitur USB Debugging

Hal lainnya yang bisa membuat HP gagal flash menggunakan QFIL yakni karena HP tidak terbaca oleh PC. Selain dua hal di atas, penyebab lainnya HP tidak terbaca di PC atau laptop yakni karena pengguna belum mengaktifkan fitur USB debugging di HP. Mengaktifkan fitur tersebut akan memberikan hak administrator terhadap perangkat lain yang terhubung, dalam hal ini PC Windows.

Untuk mengaktifkan USB Debugging di smartphone android tersebut sangat mudah, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Informasi Perangkat Lunak.
  • Lalu klik sebanyak 7 kali pada opsi Nomor Versi hingga terdapat notifikasi Mode Pengembang Telah Aktif atau Developer Option Aktif.
  • Kembali lagi ke halaman Pengaturan, selanjutnya kamu masuk ke opsi Pilihan Pengembang atau Developer Option.
  • Kemudian kamu cari opsi USB Debugging, tinggal aktifkan fitur tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke kanan.

Setelah mengaktifkan USB Debugging, selanjutnya kamu matikan HP dan masuk ke Mode MTP (Media Transfer Protocol) atau Mode Download. Biasanya dengan cara ini HP akan langsung terbaca di PC dan siap untuk diflashing menggunakan aplikasi QFIL.

4. Download Ulang Firmware atau ROM HP

Melakukan flashing berarti akan memasang firmware baru pada perangkat HP android. Firmware ini sendiri terdiri dari 2 jenis yakni firmware ORI dan firmware custom atau modifikasi. Lebih disarankan untuk menggunakan firmware atau ROM ORI yang merupakan bawaan dari tipe HP android yang kamu gunakan.

Firmware ORI ini sendiri bisa didownload secara gratis melalui situs resmi dari setiap brand HP. Pastikan juga kamu mendownload firmware yang sesuai dengan tipe HP android milikmu. Kesalahan memilih tipe firmware membuat proses flashing gagal, pasalnya firmware yang digunakan tidak cocok dengan tipe HP.

Selain itu, faktor lainnya karena kamu mendownload firmware melalui situs abal-abal, bukan melalui situs resmi brand HP. Atau juga menggunakan firmware custom yang ternyata tidak kompatibel dengan HP android milikmu.

5. Instal Ulang Aplikasi QFIL

Dan hal terakhir yang menjadi penyebab utama proses flashing gagal yakni karena aplikasi QFIL yang digunakan corrupt atau rusak. Atau bisa juga versi aplikasi QFIL yang kamu gunakan sudah tidak kompatibel lagi dengan PC atau laptop.

Untuk mengatasi masalah tersebut cara terbaiknya yakni dengan mendownload QFIL flash tool versi terbaru melalui situs QFIL Tool Official. Hapus software QFIL lama di PC, kemudian instal ulang versi barunya tersebut. Jika sudah, maka kamu bisa lanjut melakukan proses flashing pada HP android.

Selain itu, terkadang masalah compatibility ini bukan hanya software QFIL Tool yang digunakan merupakan versi lama. Bisa juga karena perangkat Windows yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan versi QFIL versi baru sehingga perlu downgrade ke versi yang di bawahnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi QFIL error saat proses flashing HP android yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Memperbaiki Layar HP Berubah Warna yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Akun Snapchat Secara Permanen di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini