Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Support di HP Android

Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Support di HP – Bermain game merupakan salah satu aktivitas seru yang pastinya disukai oleh sebagian besar pengguna android khususnya. Di Android ada banyak sekali pilihan game seru yang bisa coba dimainkan. Mulai dari game yang ringan hingga yang memberikan tantangan berat bagi para pemainnya. Game-game seru tersebut bisa ditemukan dan diinstall dengan mudah melalui Google Play Store. Sebagian besar game disediakan secara gratis dan ada pula beberapa yang bersifat premium alias berbayar.

Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Support di HP
Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Support di HP

Dari sekian banyaknya game di android, salah satu yang paling populer dan banyak diminati sekarang ini adalah game PUBG Mobile. PUBG Mobile awalnya hanya tersedia dalam versi PC saja. Namun, seiring berjalannya waktu game tersebut akhirnya dihadirkan pula versi mobile androidnya. Game PUBG Mobile bisa diinstall secara gratis melalui Google Play Store. Namun, di dalamnya juga disediakan beberapa item premium yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja.

Baca Juga:

Game PUBG mengusung genre Battle Royale, di mana para pemain harus saling menyerang dan bertahan hingga akhir permainan. Siapa yang paling akhir bertahan dan hidup, maka dialah pemenangnya. Meskipun seru, namun ternyata game PUBG Mobile tidak support dengan semua jenis HP android. Ada beberapa HP android yang tidak support game PUBG tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi PUBG Mobile tidak support di HP tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak Support di HP Android

Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak kompatibel di HP Android
Cara Mengatasi PUBG Mobile Tidak kompatibel di HP Android

Masing-masing game android yang ada pasti mempunyai standar tersendiri untuk bisa dijalankan di HP tertentu. Jika HP android tidak bisa memenuhi syarat tersebut, tidak heran jika akhirnya game tidak bisa dijalankan. Hal yang sama juga berlaku untuk game PUBG Mobile tersebut.

HP android yang tidak kompatibel dengan game PUBG Mobile biasanya akan menampilkan pesan “Your device not supported” atau “Perangkat Anda tidak mendukung”. Untuk masalah seperti ini umumnya masih bisa diatasi, sehingga game PUBG bisa dimainkan nantinya. Adapun cara mengatasi game PUBG Mobile tidak support di HP selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Upgrade Sistem Operasi Android

Cara yang pertama untuk mengatasi game PUBG Mobile tidak kompatibel di HP android yakni dengan mengupdate OS Android. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, game PUBG juga memiliki standar tersendiri agar nantinya bisa diinstall dan dimainkan. Untuk masalah sistem operasi sendiri, game PUBG Mobile hanya bisa dimainkan di HP dengan minimal ber-OS Android 5.1.1 Lollipop.

Jika ternyata HP android masih mengusung versi Sistem Operasi Android dibawahnya, sudah pasti tidak akan bisa menjalankan game PUBG Mobile. Karena itulah, kamu perlu melakukan upgrade Sistem Operasi Android ke versi 5.1.1 atau versi di atasnya agar bisa kompatibel.

Untuk urusan upgrade OS Android ini sendiri, setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu lakukan. Pertama upgrade OS Android melalui menu Settings atau OTA, upgrade OS Android melalui software di PC atau laptop dan juga upgrade OS Android dengan melakukan rooting HP. Namun yang perlu diingat, untuk melakukan upgrade OS Android pastikan HP yang kamu miliki cocok dengan OS Android versi baru yang ingin digunakan. Jika tidak, hal tersebut hanya akan membuat HP semakin bermasalah.

2. Install APK Game PUBG Mobile

HP android yang tidak support game PUBG Mobile, biasanya tidak akan menemukan game tersebut saat search di Google Play Store. Agar tetap bisa memainkan game PUBG Mobile tersebut, alternatif terbaiknya yakni dengan menginstall game PUBG Mobile versi APK MOD. Dengan versi ini akan memungkinkan game PUBG Mobile dimainkan di HP dibawah standar spesifikasinya.

Untuk menginstall game PUBG Mobile Mod ini sendiri cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Yang pertama pastinya kamu perlu mengunduh game PUBG Mobile versi MOD.
  • Jika sudah, sekarang langsung lakukan penginstalan.
  • Berikan izin Install dari sumber tidak dikenal untuk game PUBG Mobile MOD tersebut.
  • Selain mengunduh file game, kamu juga diharuskan untuk mengunduh file OBB dari game PUBG Mobile tersebut.
  • Setelah game berhasil diinstall, jangan langsung jalankan game. Pindahkan terlebih dahulu file OBB yang sudah diunduh tadi ke dalam folder OBB di memori internal HP android.
  • Selesai.

3. Menginstall Game PUBG Mobile Versi China

Perlu kamu tahu, game PUBG Mobile terdiri dari 2 versi yakni game versi global dan versi China. Khusus untuk game PUBG Mobile versi China diklaim masih support di OS Android versi 4.4 Kitkat. Selain itu, game versi ini juga memungkinkan untuk dijalankan di HP android yang berspesifikasi di bawah standar.

Jadi, jika memang HP androidmu tidak support dengan game PUBG Mobile versi global, maka alternatifnya bisa mencoba versi ini. Cukup menginstallnya melalui situs penyedia game android resmi versi China. Tetapi sayangnya, menginstall game PUBG Mobile versi China bahasa di dalamnya dirancang dengan Bahasa Tiongkok. Kamu yang tidak mengerti sama sekali Bahasa Tiongkok, mungkin akan cukup kesulitan untuk memainkannya.

4. Bermain Game PUBG Mobile Lite

Tim developer game PUBG Mobile mengerti betul apa yang menjadi kendala bagi para pecintanya. Salah satunya tidak semua pengguna android bisa memainkan game PUBG Mobile dengan alasan HP yang tidak support atau tidak kompatibel. Untuk mengatasi masalah ini akhirnya tim developer merilis game PUBG Mobile versi lite atau kecil.

Game PUBG Mobile Lite ini memungkinkan dijalankan di HP android yang berspesifikasi di bawah standar. Game satu ini hanya membutuhkan Sistem Operasi Android 4.0.3 agar bisa menjalankannya. Meskipun versi Lite, namun untuk urusan keseruan dalam permainannya tidak berbeda jauh dengan vetsi aslinya.

5. Melakukan Rooting HP Android

Dan cara mengatasi game PUBG Mobile tidak support di HP android yang terakhir yakni dengan melakukan rooting. Root umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap sistem android. Dengan demikian pengguna bisa melakukan oprek sistem android sesuka hati.

Selain itu, rooting HP android juga bakal memaksa HP tetap bisa menjalankan aplikasi atau game yang sebelumnya tidak kompatibel atau tidak support.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi PUBG Mobile tidak support di HP yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?