Cara Mengatasi Process Acore Telah Berhenti di Android

Cara Mengatasi Process Acore Telah Berhenti – HP android dengan segala kecanggihannya, membuat banyak orang terlena dan ingin memilikinya. Bukan hal yang sulit, pasalnya sekarang ini ada banyak vendor smartphone yang menghadirkan produk smartphone berkualitas dengan harga murah. Seperti Xiaomi misalnya, di mana hampir semua produk smartphonenya ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun murah, namun kualitas yang dibawanya juga cukup tinggi, sehingga manghasilkan performa yang maksimal.

Cara Mengatasi Process Acore Telah Berhenti
Cara Mengatasi Process Acore Telah Berhenti

HP android seakan menjadi perangkat wajib bagi sebagian kalangan masyarakat modern sekarang ini. Disamping itu, HP android tersebut memang punya banyak sekali fungsi menarik dan memungkinkan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Fungsinya semakin maksimal berkat semakin banyaknya dukungan aplikasi yang disediakan. Aplikasi-aplikasi android tersebut memungkinkan untuk diinstall secara gratis melalui Google Play Store.

Baca Juga:

Meskipun terbilang canggih, namun terkadang ada saja masalah error yang dialami di HP android. Salah satunya error pada android.process.acore yang terus berhenti. Hal ini tentu akan membuat fungsi dari HP android menjadi kurang maksimal. Apalagi bagi pengguna yang masih awam, pasti langsung kebingungan saat mendapati HP androidnya yang error tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi Process Acore telah berhenti tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Process Acore Telah Berhenti di HP Android

Cara Mengatasi android.process.acore Telah Berhenti
Cara Mengatasi android.process.acore Telah Berhenti

android.process.acore yang telah berhenti tersebut biasanya terjadi ketika kita membuka menu Kontak. Dan pesan error yang muncul di layar biasanya bertuliskan “Sayangnya, proses android.process.acore telah berhenti” atau “Unfortunately, the process android.process.acore has stopped”. Setelah muncul pesan error tersebut nantinya menu Kontak akan keluar sendiri.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab android.process.acore telah berhenti tersebut. Bisa karena penghapusan kontak, pemindahan kontak, atau aktivitas lain yang berhubungan dengan menu Kontak. Itu tidak penting, yang harus dilakukan sekarang yakni bagaimana cara untuk mengatasi Process Acore telah berhenti tersebut.

1. Menghapus Cache di Android

Cara yang pertama untuk mengatasi proses acore yang terus berhenti yakni dengan menghapus cache di android. File cache yang dibiarkan menumpuk dalam waktu lama memang bisa membuat error pada HP. Salah satunya membuat menu Kontak tidak bisa diakses atau error.

Untuk menghapus file cache atau sampah di HP android, bisa kamu lakukan dengan 2 metode. Metode yang diamksud tersebut yakni menggunakan aplikasi tambahan dan juga dengan menggunakan fitur di HP android. Saya sarankan untuk menggunakan fitur bawaan HP saja untuk menghapus cache. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Perawatan perangkat.
  • Tunggu sampai proses scan selesai dilakukan oleh fitur bawaan tersebut.
  • Jika memang ditemukan banyak file sampah, maka kamu bisa langsung menghapusnya. Caranya dengan klik pada tombol Optimalkan Sekarang.
  • Lanjut dengan klik pada opsi Memori, gunanya untuk menghapus file sampah di RAM.
  • Tunggu sampai proses scan selesai. Jika sudah, lanjut dengan klik tombol Hapus Sekarang.
  • Selesai.

Catatan: Cara di atas saya lakukan di HP brand Samsung. Untuk HP brand lain biasanya juga sudah dibekali fitur semacam ini dan caranya pun tidak berbeda jauh.

2. Menghapus Data Aplikasi Kontak

Alternatif lain untuk mengatasi proses Android Process Acore telah berhenti yakni dengan menghapus data Kontak. Cara ini juga diklaim sangat ampuh untuk mengatasi error pada menu Kontak tersebut.

Namun yang perlu diingat, menghapus data Kontak maka akan membersihkan semua data di dalamnya secara total. Jadi, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu agar daftar Kontak bisa diamankan dan direstore lagi nanti. Untuk langkah-langkah menghapus data Kontak, sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP androidmu.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Sekarang cari dan klik pada aplikasi Kontak.
  • Selanjutnya kamu klik pada tombol Paksa Berhenti.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

3. Lakukan Update OS Android

Mungkin saja android.process.acore yang error tersebut disebabkan oleh OS Android di perangkat yang belum diupdate ke versi terbaru. Biasanya para vendor smartphone rutin memberikan update OS Android terbaru pada produknya. Update OS terbaru tersebut akan langsung tersedia di dalam sistem dan bisa diupdate sendiri oleh pengguna secara gratis.

Jika memang sudah tersedia versi OS Android terbaru, kamu bisa mengeceknya di menu Pengaturan, lebih tepatnya di opsi Pembaruan Sistem. Lakukan pengunduhan file OS Android terbaru dan langsung install di perangkat androidmu. Melakukan update OS Android ke versi baru biasanya akan mengatasi berbagai error di android, baik itu error ringan hingga error berat.

4. Unroot HP Android

Jika masalah error pada menu Kontak tersebut terjadi ketika kamu selesai melakukan rooting HP android, maka melakukan unroot menjadi cara terbaik untuk dipilih. Lakukan unroot HP android agar fungsinya kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa lagi. Untuk melakukan unroot HP android kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus, seperti SuperSu misalnya.

Terkadang saat melakukan rooting smartphone android, di tengah-tengah proses terjadi kesalahan. Akhirnya dari kesalahan inilah yang akhirnya menimbulkan error pada sistem android, termasuk pada bagian android.process.acore.

Catatan: Rooting HP android hanya akan membuka celah keamanan bagi smartphone android, sehingga membuatnya sangat rentan terhadap virus dan malware.

5. Reset HP Android

Cara mengatasi android proses acore telah berhenti lainnya yang juga diklaim ampuh yakni dengan melakukan reset. Cara satu ini tidak hanya bisa mengatasi error pada process acore saja, melainkan juga masalah error lainnya.

Untuk melakukan reset HP android bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni melalui menu Pengaturan dan juga melalui menu Recovery Mode. Di sini akan saya contohkan bagaimana cara reset HP android melalui Recovery Mode atau yang sering dikenal juga dengan sebutan hard reset. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu matikan HP android seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan kembali HP dengan cara menekan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga HP bergetar atau muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan langsung dibawa ke menu Recovery Mode.
  • Pada menu tersebut kamu navigasikan pilihan ke Wipe Data. Gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan. Kemudian pilih Yes, Wipe All Data.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Cache, dan lanjut dengan pilih opsi Yes, Wipe All Cache.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu pilih Reboot System Now.
  • Tunggu sampai HP menyala kembali.

Catatan: Melakukan reset HP akan menghapus semua data yang ada di dalamnya, termasuk data aplikasi. Jadi, lakukan backup data terlebih dahulu jika memang ada data yang penting di dalamnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi process acore telah berhenti di HP android yang paling mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

Related news

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini