Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Tidak bisa dipungkiri smartphone android khususnya sekarang ini sudah menjadi salah satu perangkat teknologi yang paling banyak digandrungi. Apalagi sekarang ini sudah semakin banyak vendor baru dengan smartphone unggulannya. Selain spesifikasi smartphone yang bersaing ketat, harga banderol masing-masing smartphone juga demikian. Beragam fitur baru dihadirkan, pastinya semakin membuat banyak pengguna tidak bisa lepas dari yang namanya ponsel pintar tersebut.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Salah satu keunggulan HP android sehingga diminati banyak pengguna yakni kebebesan bagi pengguna untuk menginstall aplikasi apapun di dalamnya. Berbagai jenis aplikasi dan game sudah disediakan di Google Play Store. Masing-masing aplikasi punya fungsi tersendiri dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Apalagi sebagian besar aplikasi dan game yang disediakan di Play Store rata-rata bisa digunakan secara gratis. Meskipun ada beberapa aplikasi yang berstatus berbayar.

Baca Juga:

Berbicara mengenai Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi dan game android, terkadang pengguna menemukan beberapa masalah saat membukanya. Salah satu masalah yang dialami pengguna pada Play Store-nya tersebut yakni tidak bisa dibuka seperti biasanya. Aplikasi Google Play Store sama sekali tidak menampilkan jendela baru. Atau juga meskipun berhasil masuk ke halaman utama aplikasi, berselang beberapa waktu aplikasi langsung keluar dengan sendirinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Google Play Store tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan terkadang beberapa pengguna tidak menyadarinya. Beberapa faktor yang menjadi penyebab error pada Play Store tersebut, seperti sambungan internet bermasalah, pengaturan tanggal dan waktu tidak sesuai, RAM penuh, menumpuknya file cache dan data aplikasi, aplikasi mengalami corrupt, terjangkit virus dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya tersebut, sekarang kamu bisa langsung menerapkan cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Tidak sulit kok, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Memeriksa Sambungan Internet

Cara yang pertama untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka yakni dengan mengecek sambungan internet di HP android. Apakah koneksi jaringannya masih dalam kondisi stabil atau justru tidak. Seperti yang kita tahu, Google Play Store merupakan aplikasi online yang membutuhkan koneksi internet stabil agar bisa mengaksesnya.

Jika memang masalah yang terjadi pada data seluler HP, maka kamu bisa mencoba menghubungkan smartphone ke jaringan Wifi. Jaringan Wifi umumnya mempunyai koneksi yang stabil dan lancar sehingga tentunya akan mampu mengatasi masalah error tersebut.

2. Menyesuaikan Tanggal dan Waktu di HP

Hal yang satu ini mungkin terbilang sepele, tetapi ternyata punya efek yang cukup besar jika salah dalam mengaturnya. Salah satu efeknya yakni koneksi jaringan seluler akan terganggu atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Jika ini terjadi tentunya bakal menyebabkan error saat kamu membuka aplikasi yang berstatus online.

Agar lebih mudah, sebaiknya kamu atur tanggal dan waktu di HP ke mode otomatis. Jadi, nantinya HP akan menyesuaikan tanggal dan waktu tersebut sesuai lokasimu.

3. Melakukan Restart HP Android

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka paling mudah berikutnya yakni dengan melakukan restart HP android. Dengan merestart HP android diklaim bakal mampu mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi, termasuk aplikasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka atau force close.

Merestart HP android akan menghapus semua file cache sementara yang tersimpan di RAM. Dengan demikian, performa HP akan jauh lebih cepat dari sebelum dilakukan restart tersebut.

4. Menghapus File Cache Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, file cache aplikasi yang menumpuk menjadi salah satu penyebab Play Store tidak bisa dibuka atau force close. Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu tentunya harus menghapus file cache yang tertimbun tersebut. Untuk langkah-langkah menghapus file cache Play Store, sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache / Hapus Memori.

Agar lebih maksimal, kamu juga perlu menghapus file cache dari aplikasi Google Play service for instant apps. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, klik pada opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan klik pada aplikasi Google Play service for instant apps.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache.

5. Menghapus Data Aplikasi

Jika dengan menghapus file cache aplikasi masih belum cukup untuk mengatasi masalah Google Play Store tidak dapat dibuka, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Menghapus data aplikasi akan cukup ampuh mengatasi masalah tersebut. Yang perlu diingat, melakukan cara ini berarti akan mereset pengaturan ke mode default dan menghapus semua data, seperti data login, history, basis data dan lain sebagainya.

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan.
  • Klik pada opsi Aplikasi.
  • Setelah itu, cari dan klik pada aplikasi Google Play Store.
  • Klik tombol Paksa Berhenti.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.

Agar lebih maksimal, lakukan juga penghapusan data pada Google Play service for instant apps, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Klik opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Play service for instant apps.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.

Terkadang cara tersebut juga masih kurang maksimal jika masih belum menghapus data dari Layanan Google Play. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Klik opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Layanan Google Play.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Data.

6. Menginstall Antivirus

Masalah Google Play Store tidak bisa dibuka mungkin juga disebabkan oleh HP yang terkena virus. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya kamu perlu menginstall aplikasi antivirus yang disediakan khusus untuk perangkat android. Ada banyak sekali pilihan aplikasi antivirus yang bisa kamu install, berikut ini beberapa rekomendasinya:

7. Melakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun tetap tidak mampu mengatasi masala Play Store tidak bisa dibuka, cara satu ini bisa coba kamu terapkan. Melakukan factory reset akan mampu mengatasi berbagai macam masalah error pada perangkat android, baik itu error ringan hingga yang berat sekalipun.

Perlu diingat, melakukan factory reset itu berarti kamu akan mengembalikan android ke setelan pabrik. Itu artinya semua file dan data yang ada di dalamnya akan terhapus secara permanen. Karena itulah, sebelum melakukannya maka kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.