Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan Internet

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan – Google Play Store merupakan gudangnya aplikasi dan game untuk perangkat android. Hingga sekarang ini jumlah keseluruhan aplikasi dan game yang ada di dalamnya sudah mencapai angka 3.9 juta lebih. Sebagian besar aplikasi dan game yang disediakan di Play Store bisa diinstall secara gratis oleh para penggunanya. Meskipun demikian ada pula beberapa aplikasi dan game yang hanya bisa pengguna gunakan setelah membelinya. Harga banderolnya tidak terlalu mahal kok, kebanyakan harganya di bawah Rp 100 ribuan.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan
Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan

Google Play Strore ini sendiri biasanya sudah terinstall secara default di smartphone atau tablet android. Jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall secara manual layaknya aplikasi-aplikasi lainnya. Meskipun sudah disediakan gudang aplikasi dan game, kamu sebagai pengguna juga dibebaskan untuk menginstall aplikasi dan game dari luar Play Store. Hanya saja, menginstall aplikasi dari luar Play Store akan memperbesar risiko HP terkena fitur atau dibobol hacker. Tentunya jika ini dialami, tentunya akan sangat merugikan kamu sebagai pengguna setia android.

Baca Juga:

Namun yang namanya buatan manusia tentunya Google Play Store juga punya kelemahan, salah satunya terkadang mengalami error saat digunakan. Error pada Google Play Store juga cukup beragam, misalnya saja Google Play Store tidak ada sambungan atau no connection. Masalah seperti ini sering dialami oleh para pengguna dan kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi Play Store tidak ada sambungan atau no connections tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan
Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan

Google Play Store yang muncul notifikasi tidak ada sambungan atau no connection biasanya disebabkan oleh sambungan internet di HP yang mengalami masalah. HP android tidak bisa menjangkau server Google Play Store karena koneksi internet HP yang bermasalah tersebut. Karena itulah, sebaiknya periksa terlebih dahulu sambungan internet di HP androidmu. Apakah dalam keadaan normal atau memang bermasalah.

Jika memang sambungan internet di HP dalam kondisi baik, berarti penyebabnya bisa karena sistem android yang bermasalah atau justru Google Play Store itu sendiri. Apapun penyebabnya, cara mengatasi Play Store tidak ada sambungan tersebut bisa dibilang cukup mudah. Adapun langkah-langkah selengkapnya, antara lain:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara untuk mengatasi Play Store tidak ada sambungan atau no connection yang pertama yakni dengan melakukan restart HP android. Dengan merestart HP maka sistem akan mulai bekerja dari awal lagi. Semua file sampah yang tersimpan dan menumpuk di dalamnya akan direset kembali. Hal ini tentunya akan membuat performa HP menjadi lebih ringan dan cepat.

Merestart HP android memang diklaim mampu mengatasi berbagai masalah error ringan yang terjadi di HP, termasuk juga masalah Google Play Store tidak ada sambungan ini.

2. Mengatur Waktu dan Tanggal Otomatis

Dilihat dari fungsinya memang seperti tidak ada hubungannya antara pengaturan tanggal dan waktu HP dengan Play Store yang tidak ada sambungan. Jangan salah, inilah yang menjadi salah satu penyebab koneksi di HP android terganggung atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Karena itulah, penting sekali mengatur waktu dan tanggal HP agar sesuai dengan lokasi atau tempat kamu berada saat ini.

Agar lebih mudah, sebaiknya kamu gunakan mode otomatis untuk keperluan mengatur waktu dan tanggal di HP. Dengan cara ini, waktu dan tanggal akan langsung disesuaikan dengan sinyal telepon atau operator yang digunakan. Untuk mengatur waktu dan tanggal ke mode otomatis, sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Setelan HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Tanggal dan Waktu.
  • Sekarang kamu beri centang atau geser toogle ke kanan pada opsi Tanggal & Waktu Otomatis dan Zona Waktu Otomatis.
  • Selesai.

3. Mengubah APN pada Kartu SIM

Jika yang menjadi penyebab Google Play Store tidak ada sambungan karena sinyal operator, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Mengatur atau mengubah Access Point Name (APN) pada operator akan mampu mengatasi masalah koneksi pada HP android. Dengan demikian, koneksi internet pada HP akan kembali normal dan bisa digunakan seperti biasa.

Namun, cara ini cukup rumit bagi pengguna yang masih awam, jika salah mengaturnya maka yang terjadi koneksi jaringan HP tetap tidak bisa digunakan. Untuk mengubah APN pada kartu SIM atau operator, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu pilih opsi Jaringan Lainnya.
  • Selanjutnya pilih opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih menu APN, baru kamu bisa tambahkan APN baru.
  • Selesai.

4. Menghapus File Cache dan Data Aplikasi

Jika sambungan internet di HP androidmu dalam keadaan normal, namun Google Play Store  tetap tidak ada sambungan, cara satu ini bisa coba kamu terapkan. Menghapus cache akan mampu menghilangkan error pada aplikasi, termasuk juga aplikasi yang tidak terhubung ke server. Selain itu, untuk memaksimalkannya kamu juga perlu melakukan penghapusan data aplikasi.

Namun perlu kamu ingat, menghapus data aplikasi akan membuat semua pengaturan dan apapun yang disimpan di dalamnya akan hilang. Google Play Store akan kembali ke mode default seperti saat kamu pertama kali menggunakannya. Kamu juga perlu melakukan login ulang ke akun Google Play Store agar bisa digunakan kembali. Untuk langkah-langkah menghapus cache dan data Play Store, sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Setelah itu, cari dan klik aplikasi Google Play Store.
  • Klik pada opsi Penyimpanan.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Cache dan terakhir Hapus Data.
  • Selesai.

5. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang biasanya akan memberatkan kinerja smartphone. Jika hal ini dibiarkan maka kemungkinan untuk membuka aplikasi lain akan kurang maksimal. Dan parahnya lagi, aplikasi yang dibuka tersebut akan mengalami error, tidak ada sambungan misalnya.

Karena itulah kamu perlu menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut. Caranya sangat mudah, cukup tekan fitur pembersihan dan pengoptimalan sistem di smartphone. Hampir semua HP sudah dibekali dengan fitur seperti ini, jadi kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Play Store tidak ada sambungan yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?