5 Cara Mengatasi Play Store Download Loading Terus

Cara Mengatasi Play Store Download Loading Terus Google Play Store merupakan tempat resmi bagi pengguna android untuk mengunduh aplikasi, game dan lainnya. Semua aplikasi yang ada di Google Play Store sudah dinyatakan aman untuk digunakan. Artinya HP android akan sangat minim terkena serangan malware, berbeda dengan saat kamu menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Meskipun bersifat resmi, tapi terkadang pengguna mengalami beberapa masalah saat akan mengunduh dan menginstall aplikasi dari Google Play Store.

Cara Mengatasi Play Store Download Loading Terus
Cara Mengatasi Play Store Download Loading Terus

Salah satu masalah yang cukup sering dirasakan pengguna adalah tidak bisa mengunduh dan menginstall secara sempurna. Baik itu proses download loading terus, error dipertengahan pengunduhan, atau gagal saat install aplikasi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan beberapa masalah tersebut. Bisa jadi dikarenakan koneksi yang terputus, memori internal yang sudah penuh, sistem error dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :

Namun pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai cara mengatasi Play Store download loading terus. Entah apa penyebabnya, saat akan mengunduh aplikasi atau game downloadnya tidak mau jalan. Yang keluar hanya tulisan “Downloading, tidak kunjung muncul berapa kapasitas MB yang sudah diunduh dan berjalan.

Cara Mengatasi Play Store Download Loading Terus

Sebagai pengguna baru ataupun yang sudah lama, mungkin akan kebingungan mendapati masalah seperti ini. Sebagian akan berpikir kalau kuota data internet sudah habis, atau sistem smartphone android yang error. Tenang saja, mudah kok cara mengatasi Play Store download loading terus, bahkan kamu yang masih pemula sekalipun. Saya sendiri juga pernah mengalami masalah seperti ini sebelumnya, dan sekarang sudah normal lagi.

1. Restart smartphone android

Cara mengatasi Play Store download loading terus atau tidak jalan-jalan yang pertama adalah dengan melakukan restart. Inilah cara paling mudah dan biasanya ampuh mengatasi masalah tersebut. Kalau untuk cara merestart HP android pasti kamu sudah paham, bukan?

Melakukan restart pada smartphone android, itu artinya cache dan file sampah yang tersimpan di RAM akan dihapus sehingga RAM menjadi kosong. Kebanyakan kasus download aplikasi di Play Store loading terus dikarenakan RAM penuh oleh cache.

2. Hapus cache dan data aplikasi

Cache dan data aplikasi tidak sama dengan cache smartphone di atas. Disini kamu bisa menghapus cache dan data dari aplikasi Google Play Store-nya. Kemungkinan download aplikasi tidak jalan-jalan disebabkan oleh cache atau data error dari aplikasi itu sendiri. Cara hapus cache dan data aplikasi Google Play Store, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Setelah itu scroll ke bawah, klik pada opsi “Aplikasi / Apps”.
  • Cari dan klik aplikasi “Google Play Store”, selanjutnya klik pada bagian “Penyimpanan”.
  • Silahkan dilanjut dengan klik “Hapus Data” dan “Hapus Memori / Cache”.
  • Selesa. Coba download ulang aplikasi, apakah masih loading terus atau sudah tidak.

3. Mengatur waktu dan tanggal smartphone

Penyebab Google Play Store dowload loading terus atau tidak mau jalan mungkin dikarenakan pengaturan waktu dan tanggal yang tidak sesuai. Meskipun jarang terjadi, yang pasti pernah ada kasus tidak bisa dowload di Play Store dan penyebabnya pengaturan otomatis waktu dan tanggal ponsel. Untuk mencegah hal yang serupa, sebaiknya kamu mengatur waktu dan tanggal ponsel secara manual saja. Untuk caranya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Pertama kamu buka menu “Setting / Pengaturan”.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi “Manajemen Umum”.
  • Berikutnya pilih atau klik “Tanggal dan Waktu”.
  • Pada halaman pengaturan tanggal dan waktu, non-aktifkan “Tanggal dan Waktu Otomatis” dengan slide ke kiri.
  • Cobalah atur tanggal dan waktu agar tidak sesuai dengan waktu sebenarnya. Kemudian kembali ke tampilan utama.
  • Buka kembali pengaturan tanggal dan waktu, kemudian atur sesuai waktu dan tanggal saat ini.
  • Terakhir aktifkan kembali “Tanggal dan Waktu Otomatis”. Cobalah melakukan download ulang aplikasi di Play Store.

4. Menghapus aplikasi ke microSD

Cara mengatasi Play Store download loading terus selanjutnya adalah dengan memastikan ruang kosong di memori internal cukup luas. Apalagi jika aplikasi atau game yang akan kamu download dan install kapasitasnya besar, sudah pasti tidak akan bisa. Cara paling mudah memperluas sisa ruang kosong di memori internal adalah dengan menghapus atau paling tidak memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau microSD.

Tapi kebanyakan smartphone keluaran baru sekarang ini tampaknya tidak menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan aplikasi ke microSD. Karena itulah, solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting.

5. Update aplikasi Google Play Store

Dan cara mengatasi Google Play Store download loading terus yang terakhir adalah dengan update aplikasi itu sendiri. Mungkin saja versi Google Play Store yang kamu gunakan sekarang ini sudah usang, sehingga butuh update baru. Beberapa kasus atau masalah tidak bisa download aplikasi di Play Store juga bisa diatasi dengan cara ini. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu:

  • Buka atau masuk ke menu “Pengaturan / Setting”.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi “Aplikasi”.
  • Cari dan klik aplikasi “Google Play Store” dan pilih “Uninstall updates”.
  • Konfirmasi notifikasi dengan pilih “OK”.
  • Kembali lagi ke menu Home, lalu buka lagi Google Play Store.
  • Tunggu loading aplikasi, sekarang Google Play Store sudah berhasil di update.
  • Cobalah untuk mengunduh ulang aplikasi yang kamu inginkan.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi Play Store download loading terus paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial pribadi kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.