Cara Mengatasi Panas Pada Semua Tipe Xiaomi

Cara Mengatasi Panas Pada Semua Tipe Xiaomi – Sesuai judul kita kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi hp merk Xiaomi yang cepat panas atau overheat. Panas yang timbul dari hp xiaomi milik kita akan mengakibatkan rasa yang tidak begitu nyaman ketika di pegang, ada banyak hal yang bisa menyebabkan hp xiaomi kita overheat, oleh karena itu penting untuk kalian ketahui kalau ada cara manual yang bisa untuk di coba agar panas yang timbul tersebut dapat berkurang.

Cara Mengatasi Panas Pada Semua Tipe Xiaomi

Seperti yang sudah saya bilang tadi kalau ada banyak sekali hal yang dapat menimbulkan rasa panas pada hp xiaomi, salah satu nya yaitu seperti banyak nya penggunaan aplikasi yang berjalan di luar mau pun dalam background, dengan membuka aplikasi yang terlalu banyak tersebut akan dapat mengakibatkan panas pada hp xiaomi. Akan tetapi, jika semua aplikasi tersebut memang perlu untuk di gunakan, apakah ada cara agar bisa mengatasi nya? tentu ada, dan oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk bisa mengatasi panas pada xiaomi yang nantinya akan dapat kalian gunakan.

Sebelum membahas beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi panas pada hp Xiaomi, ada baik nya mengenal jauh tentang merk hp ini terlebih dahulu. Xiaomi sendiri sekarang telah memiliki banyak pengguna di kalangan masyarakat indonesia, terutama bagi kaum muda. Sesuatu yang berbeda di hadirkan oleh brand yang satu ini, dimana ia selalu menarwarkan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi serta harga yang amat murah dari para kompetitor lain nya, seperti hal nya dengan xiaomi Redmi 5A yang mana harga pasar nya di indonesia bisa di bilang lebih murah dari negara lain nya. Dan semestinya beberapa bulan kedepan lagi mereka akan meluncurkan seri smartphone baru nya, yaitu redmi 6.

Tipe redmi pada merk xiaomi adalah smartphone yang bersaing pada harga jual menengah ke bawah yang biasa nya rentang dengan harga maksimal 2,5 juta. Salah satu kendala yang kerap kali di jumpai pada tipe redmi ini adalah tingkat suhu yang di miliki nya sering kali panas atau overheat ketika sedang digunakan. Salah satu tipe redmi yang terdapat banyak keluhan yaitu pada tipe redmi 4X walau pun sebenarnya kendala tersebut juga sering di jumpai pada semua seri nya.

Redmi 4X sendiri telah banyak di keluhkan oleh para pengguna nya sebab kerap kali terjadi overheat dalam pemakaian nya, hal tersebut benar ada nya dengan mengecek forum resmi Xiaomi itu sendiri di MI.com. Tidak terlepas dari persoalan itu juga bahwa pengguna dari redmi 4X ini mempunyai banyak sekali jumlah nya di indonesia sebab ia memang mensajikan suatu tampilan yang menarik dan spek tinggi serta di tunjang dengan baterai kuat hingga mencapai 4100 Mah.

Baca Juga:

Untuk processor nya sendiri sudah menggunakan Snapdragon 435 dengan kecepatan 1,4GHz Octa-core Cortex A53. Bisa menjadi kemungkinan jika menggunakan processor ini yang menyebab kan tipe redmi 4X cenderung mudah panas, selain bukan cpu terbaik Qualcom ia juga mempunyai ukuran semokonduktor yang masih menggunakan fabrikasi 28nm, yang mana ia sangat berbeda dengan seri terbaru nya yaitu snapdragon 625 yang telah di pasangkan fabrikasi dengan ukuran 15nm, di mana seri 625 terbaru ini terkenal dengan pengatasan hawa panas nya. Namun selain itu memang ada beberapa hal yang wajib untuk di perhatikan supaya smartphone xiaomi nya tidak terlalu cepat panas.

Cara Mengatasi Panas Pada Semua Tipe Xiaomi

Panas yang sering muncul secara tiba tiba pada smartphone kerap kali membuat kita risih karena dapat menyebabkan timbul nya keringat pada telapak tangan, yang mana hal tersebut akan membuat kita tidak nyaman ketika memegang si smartphone tersebut. Akan tetapi, di bawah ini sudah saya siap kan beberapa cara yang bisa untuk kalian coba agar bisa mengatasi panas yang sering kali muncul pada smartphone merk xiaomi.

1. Matikan Data Seluler Ketika Sedang Tidak Digunakan

Matikan Data Seluler Ketika Sedang Tidak Digunakan

Jika saat smartphone anda sedang tidak digunakan dalam pengaksesan apa pun itu yang bersangkut paut pada data seluler, ada baik nya untuk di matikan saja jaringan data seluler nya untuk sementara. Karena secara tidak langsung jika jaringan data seluler anda matikan, maka secara otomatis hal tersebut akan dapat memperhemat daya baterai itu sendiri. Nyata nya jika kalau penggunaan daay baterai yang semakin mengecil akan bisa memberikan suhu yang lebih stabil dan nyaman pada smartphone anda tentunya.

2. Jangan Terlalu Lama Membuka Aplikasi Berat

Jangan Terlalu Lama Membuka Aplikasi Berat

Jika anda adalah seorang yang gemar membuka aplikasi berat seperti youtube atau pun bermain game dengan durasi waktu yang cukup lama, ada baik nya untuk mengurangi waktu nya sedikit, karena aktivitas tersebut dapat membuat suhu hp menjadi naik yang di sebabkan oleh pengatasan hawa panas pada processor kurang baik. Apabila suhu pada processor tadi telah naik, maka akan membuat si hp xiaomi tadi terasa panas ketika di genggam. Selain itu juga di sebab kan karena bahan dari casing xiaomi sendiri ialah terbuat dari bahan metal , sehingga panas yang akan di timbulkan oleh processor tadi akan terasi lebih panas ketimbang dengan case yang terbuat dari bahan plastik.

3. Jangan Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi

 

Jangan Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi

Tips ketiga dari cara mengatasi panas pada hp xiaomi ini yaitu jangan terlalu banyak membuka aplikasi, sebab ada begitu banyak sekali aplikasi gratis serta menarik yang dapat anda download melalui google play store di smartphone anda, yang mana hal tersebut sering kali membuat kita lupa aplikasi mana saja yang sudah terdownload tadi. Karena dengan ada nya aplikasi yang terlalu banyak di download maka akan bertambah banyak juga memory yang terpakai serta hal tersebut bisa membuat kinerja Processor menjadi berat dan dapat mengakibatkan kenaikan suhu yang secara drastis pada smartphone kamu. Oleh sebab itu penting untuk anda ingat bahwa install lah aplikasi yang benar benar anda gunakan dan sering melakukan uninstall pada aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi agar dapat memperingan kerja CPU pada smartphone xiaomi milik anda.

4. Mematikan Fitur Yang Tidak Berguna

Mematikan Fitur Yang Tidak Berguna

Dan yang menduduki posisi ke empat pada tips mengatasi panas pada hp xiaomi adalah dengan cara menonaktifkan beberapa fitur yang sedang tidak digunakan. Terkadang tanpa kita sadari pada saat mengaktifkan fitur seperti bluetooth, wifi, hotspot, gps, dan fitur lain nya sering kali lupa untuk mematikan nya kembali. Yang perlu untuk anda ketahui jika fitur tersebut terus aktif yaitu ia akan memakan banyak resource pada saat penggunaan nya tersebut, yang mana tentu hal tersebut akan bisa memperberat kerja cpu di dalam handphone anda. Oleh karena itu lah ada baik nya untuk selalu mengingat fitur fitur yang tadi nya aktif dan sudah tidak terpakai untuk menonaktifkan nya kembali, supaya hal tersebut tidak akan memperberat kinerja cpu yang tidak membuat nya jadi gampang panas.

5. Jangan Gunakan dan Nyalakan HP Ketika di Charge

Jangan Gunakan dan Nyalakan HP Ketika di Charge

Dengan pemakaian dari benda elektronik ini sendiri sudah cukup tinggi dalam hal menunjang aktivitas hidup anda sehari hari, sering sekali ketika hp sedang dalam proses charge masih tetap digunakan dengan alasan berbagai hal. Secara tidak sadar dengan hal yang anda lakukan tersebut akan mudah membuat baterai si hp tadi cepat rusak dengan berbagai kerusakan yang nanti nya akan ia alami dan anda rasakan. Dan pada saat handphone anda tersebut dalam proses charge ada baik nya untuk di matikan atau mode pesawat kan saja. Selain untuk mempercepat pengisian daya baterai, hal ini juga dapat membantu agar hp kalian tidak terlalu panas serta baterai akan jadi tahan lama.

6. Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat Kecerahan Layar

Tanpa anda sadari kalau dalam penggunaan tingkat kecerangan pada smartphone sangat tinggi akan dapat mengakibatkan muncul nya panas. Pasalnya yang di keluarkan oleh layar hp anda juga akan berdampak pada tingkat suhu yang berpengaruh pada tingkat kepanasan hp. Sangat di saran kan memang mengatur tingkat cahaya ke setting otomatis atau pun manual dengan tingkat kecerahan yagn tidak terlalu tinggi.

7. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

 

Salah satu penyebab hp anda cepat panas dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama bisa jadi di sebabkan oleh pemakaian live wallpaper. Jadi ada baik nya kalau anda tadi nya menggunakan aplikasi tersebut untuk tidak memakai nya lagi, sebab live wallpaper tersebut hanya akan memperberat kinerja smartphone ketimbang tidak memakai nya. Dan sedikit tips dari saya agar hp xiaomi milik anda tidak terlalu panas, gunakan lah smartphone dengan sewajarnya tidak berlebihan supaya akan lebih awet. Sewajar nya maksud saya tadi dalam artian sebagai jika anda memutar musik, video, game maka sebaiknya tidak terlalu lama, atau lebih baik menggunakan durasi yang memang tidak lama supaya hp tidak gampang panas.

Penutup

Bisa kita simpulkan bahwa ada banyak sekali cara yang bisa untuk kita coba agar bisa mengurangi tingkat panas yang muncul dari hp xiaomi, dan diharapkan beberapa info di atas tadi akan dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan yang sedang di alami serta akan membuat anda mengerti lebih dalam tentang smartphone.