Cara Mengatasi Notifikasi yang Tidak Muncul di Android

Cara Mengatasi Notifikasi yang tidak Muncul – HP android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling banyak digandrungi sekarang ini. Hampir semua orang pasti memiliki yang namanya HP android. Baik itu kalangan anak-anak, remaja, atau bahkan dewasa. Smartphone android banyak dipilih karena kegunaannya yang cukup beragam dan mampu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Di dalamnya sudah disediakan beragam fitur canggih yang pastinya sangat berguna bagi penggunanya. Ditambah lagi dengan spesifikasi unggulan untuk mendukung performa terbaiknya.

Cara Mengatasi Notifikasi yang tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi yang tidak Muncul

Meskipun terbilang canggih, namun bukan berarti HP android tidak memiliki kekurangan sama sekali. Pada kondisi tertentu HP android bisa saja mengalami masalah atau error, baik itu dari segi hardware maupun software. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna android yakni notifikasi yang tidak muncul. Notifikasi sendiri merupakan fitur penting yang berfungsi untuk memberitahu pengguna saat ada sesuatu. Misalnya saja saat ada chat yang masuk, pesan dari sistem, terdapat panggilan yang tidak terjawab dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Jika notifikasi tidak muncul, hal ini tentu akan membuat fungsi HP menjadi kurang maksimal. Karena pengguna tidak akan tahu jika ada notifikasi yang masuk di HP android dan justru akan mengabaikannya. Cukup merepotkan juga jika harus mengecek satu per satu aplikasi untuk mengetahui pesan yang masuk di dalamnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi notifikasi tidak muncul di HP android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Notifikasi yang Tidak Muncul di Android

Cara Mengatasi Notifikasi yang tidak Muncul di Android
Cara Mengatasi Notifikasi yang tidak Muncul di Android

Notifikasi yang tidak muncul di smartphone android bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya mungkin karena sistem android yang mengalami error sehingga tidak bisa memunculkan notifikasi yang masuk. Atau bisa juga kamu dengan sengaja menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu dan lupa untuk mengaktifkannya kembali. Yang pasti, tidak banyak pengguna tahu bagaimana cara mengatasi notifikasi yang tidak muncul tersebut.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi masalah atau error tersebut. Langkah-langkah mengatasi notifikasi error di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara untuk mengatasi notifikasi yang tidak muncul pertama yakni dengan melakukan restart HP android. Merestart HP android memang bisa membantu mengatasi berbagai error ringan yang terjadi, termasuk notifikasi yang tidak muncul. Inilah cara yang paling mudah bisa kamu lakukan, dan tentunya sangat ampuh mengatasi masalah tersebut.

Tidak hanya bisa mengatasi masalah notifikasi di android yang tidak muncul, restart HP android juga akan mampu meningkatkan performa HP. Saat HP direstart maka semua file cache di RAM akan dihapus secara permanen. Jadi, hal ini pastinya akan mampu membuat kinerja HP menjadi lebih cepat dan maksimal kembali.

2. Aktifkan Fitur Notifikasi pada Setiap Aplikasi

Mungkin saja penyebab notifikasi tidak muncul disebabkan oleh fitur notifikasi pada setiap aplikasi yang ternyata dalam keadaan nonaktif. Bisa saja kamu telah menonaktifkan fitur notifikasi tersebut dan lupa untuk mengaktifkannya kembali. Fitur notifikasi pada masing-masing aplikasi biasanya akan aktif secara default. Namun, terkadang ada beberapa aplikasi lain yang memungkinkan untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi tersebut secara otomatis.

Untuk mengaktifkan notifikasi pada aplikasi caranya cukup mudah. Kamu bisa mengaktifkannya langsung melalui menu pengaturan HP android. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Setelah itu, pilih opsi Pemberitahuan atau Notifikasi.
  • Pada halaman tersebut, kamu klik tombol Lihat semua untuk menampilkan semua aplikasi terinstall.
  • Cari aplikasi mana yang notifikasinya tidak muncul. Misalnya aplikasi WhatsApp, maka kamu bisa mengaktifkan notifikasinya dengan menggeser tombol slider yang ada di sebelah kanannya.
  • Selesai.

Selain cara tersebut, ada alternatif lain untuk mengaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu. Cara ini bisa dilakukan jika di HP androidmu tidak disediakan opsi untuk mengatur notifikasi melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi yang notifikasinya tidak muncul. Klik pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Pemberitahuan.
  • Kemudian geser tombol slider pada opsi Tampilkan Notifikasi.
  • Kamu juga bisa mengatur opsi lain untuk notifikasi aplikasi tersebut.
  • Selesai.

3. Melakukan Update Aplikasi

Cara mengatasi masalah notifikasi tidak muncul di HP android berikutnya yakni dengan mengupdate aplikasi. Mungkin saja notifikasi yang tidak muncul untuk aplikasi tertentu disebabkan oleh aplikasi yang sudah usang. Hal ini juga bisa menyebabkan aplikasi sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi android yang sedang dijalankan. Selain itu, aplikasi yang tidak diperbarui bisa saja terdapat banyak bug, termasuk juga bug pada fitur notifikasinya sehingga tidak bisa dimunculkan oleh sistem.

Sekarang kamu coba periksa aplikasi yang notifikasinya tidak muncul melalui google Play Store. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka aplikasi Google Play Store di HP android.
  • Klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi & Game Saya.
  • Pada menu Update, lihat apakah aplikasi yang notifikasinya tidak muncul memang belum diupdate. Jika belum diupdate, sekarang kamu langsung klik tombol Update.
  • Tunggu sampai proses update selesai. Biasanya error pada fitur notifikasinya sudah bisa diatasi dan berfungsi normal lagi.
  • Selesai.

4. Melakukan Factory Reset HP Android

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun notifikasi tetap tidak bisa muncul, maka bisa mencoba alternatif satu ini. Melakukan factory reset HP android biasanya akan mampu mengatasi berbagai masalah atau error berat.  Termasuk juga masalah notifikasi di HP android yang tidak muncul.

Namun perlu kamu tahu, factory reset akan membuat semua data di dalam HP akan terhapus secara permanen. Jadi, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu agar data penting di HP tidak hilang. Mengenai langkah-langkah reset HP android sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Reset.
  • Pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Dan terakhir klik tombol Reset.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi notifikasi yang tidak muncul di HP android bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke