Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul – Siapa yang hingga sekarang ini belum punya WhatsApp? Bisa dipastikan hampir semua orang pasti punya aplikasi WhatsApp di smartphone mereka. WhatsApp sudah menjelma menjadi salah satu aplikasi chatting atau messenger yang paling populer di dunia. Penggunanya sangat banyak, tidak lain karena kemudahan dalam menggunakannya.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

WhatsApp tidak hanya bisa dijadikan sarana chattingan saja, di dalamnya sudah terdapat fitur untuk video call. Ada pula fitur berbagi cerita layaknya Instagram Stories atau Facebook Story. Di sini pengguna bisa membagikan momen penting mereka baik dalam bentuk gambar ataupun video. Satu lagi fitur yang cukup penting bagi pengguna dari WhatsApp yakni fitur notifikasi. Dengan adanya notifikasi pengguna bisa tahu siapa yang mengirim chat atau panggilan ke nomor WhatsApp mereka.

Baca Juga:

Tetapi sayangnya, terkadang beberapa pengguna menemukan masalah pada fitur notifikasi WhatsApp mereka. Masalah tersebut yakni notifikasi WhatsApp tidak muncul. Masalah seperti ini tentu cukup meresahkan bagi pengguna, pasalnya mereka harus bolak-balik mengecek WhatsApp untuk memastikan ada chat atau panggilan masuk atau tidak. Tetapi tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengatasi notifkasi WhatsApp tidak muncul paling mudah. Simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul

Untuk mengatasi notifikasi WhatsApp error alias tidak terlalu sulit, bahkan bagi pengguna awam pun bisa melakukannya. Adapun cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP Android

Cara pertama untuk mengatasi masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah dengan melakukan restart. Cara ini akan membersihkan file cache atau file sampah yang tersimpan di RAM. Selain itu, sistem android akan dimuat ulang agar kembali kondisi default.

Dengan cara restart android biasanya berbagai masalah yang terjadi pada sistem android atau aplikasi terinstall akan segera teratasi. Termasuk juga masalah notifikasi tidak muncul di WhatsApp, masalah ini akan teratasi dengan baik.

2. Memastikan Koneksi dalam Keadaan Stabil

WhatsApp termasuk aplikasi chatting yang membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung dengan pengguna lain. Karena itulah, jika perangkat androidmu belum terhubung ke internet sudah pasti notifikasi tidak akan muncul. Jika menggunakan data seluler, coba cek apakah kuota datamu masih ada atau sudah habis. Sementara jika menggunakan jaringan wifi, pastikan jaringan tersebut tidak error dan bisa terhubung ke internet.

Selain hal di atas, masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa disebabkan juga oleh koneksi internet perangkat yang kurang stabil. Carilah lokasi yang punya sinyal yang kuat, lebih disarankan pula HP terhubung ke jaringan 4G agar lebih stabil koneksinya. Untuk memaksimalkan koneksi 4G, beberapa pengguna biasanya melakukan lock sinyal 4G di HP android mereka.

3. Aktifkan Background Data WhatsApp

Cara mengatasi notif WhatsApp tidak muncul berikutnya adalah dengan tidak membatasi penggunaan data latar belakang aplikasi WhatsApp. Hal ini bertujuan agar aplikasi WhatsApp masih bisa berjalan di latar belakang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WhatsApp merupakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk prosesnya. Ia juga akan berjalan di latar belakang agar bisa mendapatkan update notifikasi secara real-time.

Dalam hal ini beberapa pengguna biasanya memang menonaktifkan background data aplikasi, termasuk aplikasi WhatsApp. Tujuannya untuk menghemat ruang di RAM serta membuat daya baterai tidak cepat habis. Tetapi sayangnya, cara ini justru membuat beberapa aplikasi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk mengaktifkan data latar belakang aplikasi WhatsApp, yakni:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Aplikasi, lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Jika sudah ketemu, klik aplikasi WhatsApp dan pilih opsi Data Seluler.
  • Dan terakhir aktifkan opsi Izinkan Penggunaan Data Latar Belakang.

4. Set Prefensi WhatsApp ke Pengaturan Default

Suatu aplikasi tidak akan berjalan atau bekerja dengan baik jika setelan prefensi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku pada aplikasi WhatsApp, di mana salah satu masalah yang timbul adalah WhatsApp tidak bisa menampilkan notifikasi. Meski begitu, terkadang juga ada masalah lain yang terjadi pada WhatsApp yang juga diakibatkan oleh prefensi dari aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengembalikan prefensi aplikasi WhatsApp ke pengaturan awal atau default. Caranya juga sangat mudah, lihak langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Setelah itu, klik pada opsi Aplikasi.
  • Pada halaman ini kamu klik ikon tiga titik vertikal, lalu pilih opsi Reset Prefensi Aplikasi.
  • Selesai.

Cara ini akan mengembalikan prefensi semua aplikasi yang terinstall di HP android ke mode awal atau default. Jika sudah melakukan cara ini biasanya berbagai masalah pada aplikasi bisa teratasi, termasuk juga notifikasi WA tidak muncul.

5. Logout Layanan WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan salah satu layanan dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna menggunakan WhatsApp melalui layar desktop atau komputer. Pengguna bisa lebih mudah mengirim chat atau file dari laptop atau PC di WhatsApp tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu ke HP android. Cukup manfaatkan layanan WhatsApp Web untuk melakukan hal tersebut dengan mudah.

Tetapi terkadang, saat menggunakan layanan WhatsApp Web pengguna lupa melakukan logout setelah penggunaannya. Biasanya pengguna akan langsung melakukan close tanpa harus logout. Kebiasaan ini terkadang juga berdampak pada aplikasi WhatsApp di android, salah satunya notif WA tidak muncul. Agar masalah tersebut tidak terjadi, sebaiknya lakukan logout dari layanan WhatsApp Web. Caranya juga tidak begitu sulit, yakni:

  • Buka aplikasi WhatsApp di android.
  • Pada menu Obrolan, kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya klik opsi WhatsApp Web.
  • Jika ada layanan WhatsApp Web yang masih terhubung biasanya akan muncul di halaman ini. Tetapi jika sudah tidak ada yang terhubung, biasanya akan muncul halaman untuk Scan Barcode.
  • Jika memang masih terhubung, cukup kamu klik tulisan Log out from all computers untuk mengeluarkannya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?