Cara Ampuh Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Pada Xiaomi

Cara Ampuh Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Pada Xiaomi – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa solusi bagi anda bagaimana cara ampuh untuk bisa mengatasi masalah pada Whatsapp yang tidak berbunyi atau tidak muncul notifikasi nya di hp Xiaomi. Pada umum nya nada notifikasi WA yang tidak bunyi dan tidak muncul ketika ada sebuah pesan masuk merupakan suatu hal yang sering kali terjadi pada semua merk smartphone android ternama lain nya. Mulai dari merk hp android Oppo, Lenovo, Vivo, Xiaomi, Asus Zenfone, Samsung, dan lain sebagai nya tentu pernah atau pun bisa mengalami masalah pada nada notifikasi nya. Walaupun bukan sebuah masalah yang begitu besar akan tetapi kita tetap perlu untuk bisa mengatasi nada pemberitahuan WA yang tidak bunyi tersebut, sebab hal itu sendiri akan sangat menjadi masalah yang mana kita bisa tidak mengetahui bahwa ada sebuah pesan yang masuk atau pun panggilan telpon.

Cara Ampuh Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Pada Xiaomi

Pada dasar nya ketika kita menerima sebuah chat Whatsapp dari hp android kita akan di muncul sebuah pemberitahuan berupa notifikasi suara dan pop up di bagian atas pada layar smartphone. Namun terkadang juga pemberitahuan WA tersebut tidak muncul, bahkan malah pesan dan pemberitahuan tersebut tidak masuk jika aplikasi Whatsapp tidak kita buka. Jadi, bagaimana cara ampuh mengatasi notifikasi whatsapp tidak bunyi pada xiaomi kalau ada chat yang masuk ke dalam WA hp kita ? Hal ini pasti nya akan sangat mengganggu kalian yang mana menggunakan aplikasi tersebut sebagai suatu wadah komunikasi sehari – hari.

Oleh karena itu lah pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa solusi kepada anda agar bisa mengembalikan dan memunculkan notifikasi beserta suara nada nya seperti semula. Dan untuk masalah pada aplikasi WA yang satu ini saya mencoba lakukan nya dengan menggunakan hp android Xiaomi. Meskipun saya menggunakan hp merk Xiaomi, tidak menutup kemungkinan untuk bisa di lakukan pada semua merk smartphone android lain nya, sebab untuk setiap langkah nya sendiri tidak lah jauh berbeda dengan semua tipe android tersebut. Akan tetapi, sebelum kita membahas bagaimana cara ampuh untuk mengatasi nya, ada baik nya untuk kamu mengetahui lebih sedikit lagi tentang aplikasi perpesanan yang satu ini.

Baca Juga :

Whatsapp atau biasa lebih sering di kenal dengan sebutan WA ini mampu menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer di semua kalangan pengguna media sosial android seluruh dunia, karena kepopuleran nya itu lah yang membuat aplikasi satu ini selalu ada pada semua smartphone pengguna internet. WA ini sendiri banyak di gunakan oleh para pengguna android karena merupakan aplikasi perpesanan gratis yang benar – benar kaya akan fitur. Dan selain itu juga sangat mudah untuk di gunakan, bahkan untuk orang awam di dunia internet sekalipun, meski tampilan nya sangat sederhana, aplikasi ini masih tetap terlihat sangat begitu profesional.

Cara Ampuh Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi Pada Xiaomi

Sebenar nya penyebab pesan notifikasi WA tidak bunyi tersebut di sebab kan oleh 2 hal yang pasti, yaitu pengaturan notifikasi untuk aplikasi Whatsapp di sistem android dalam posisi tidak aktif, dan ke dua adalah pada pengaturan notifikasi di WA dalam posisi tidak aktif. Dengan ada nya masalah ini akan membuat kita kesulitan untuk mengetahui kalau ada pesan yang baru masuk, maka dari itu supaya bisa membuat nada notifikasi muncul kembali pada saat ada pesan baru masuk, kita perlu memperbaiki nya selagi itu ada kerusakan pada sistem android nya bukan pada hardware si hp. Di bawah ini sudah ada beberapa cara ampuh yang bisa kalian coba sendiri agar dapar mengatasi masalah tersebut.

1. Pastikan Notifikasi Aktif Pada Pengaturan Whatsapp

Cara pertama yang akan saya bagikan adalah yaitu mengaktifkan notifikasi pada pengaturan aplikasi Whatsapp, yang mana dengan menggunakan cara ini juga kita telah memastikan agar notifikasi dari WA sendiri telah aktif sebelum nya. Yang mana jika notifikasi tersebut nonaktif atau mati maka notifikasi pesan dan juga telpon dari aplikasi WA tidak akan muncul serta tidak juga berbunyi.

Pastikan Notifikasi Aktif Pada Pengaturan Whatsapp

Langsung saja ikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Whatsapp pada hp Xiaomi kamu. Bukan hanya smartphone Xiaomi, cara ini juga berlaku untuk semua kalangan merk smartphone lain nya, seperti Asus Zenfone, Samsung, Oppo, dan masih banyak lagi.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi tersebut, segera klik tombol yang berbentuk Tiga Titik yang berada di sudut atas kanan aplikasi. Lalu pilih opsi Menu Setelan. Lebih jelas nya kalian bisa perhatikan gambar yang ada di atas.
  • Kemudian pada menu Pengaturan tadi langsung pilih opsi Menu Notifikasi. Pada opsi ini kalian harus pastikan jika nada percakapan sudah dalam keadaan aktif, jika belum aktif maka aktifkan lah terlebih dahulu. Lalu pastikan juga pada opsi nada getar pesan dan nada notifikasi group telah aktif serta tersetting dengan benar sesuai dengan keinginan kalian.

Umum nya notifikasi pada WA tidak bunyi dan tidak muncul biasa nya di karena kan pengaturan notifikasi dari sistem android untuk aplikasi WA dalam keadaan nonaktif. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga kalau masalah tersebut timbul oleh karena pengaturan notif pada Whatsapp itu sendiri dalam keadaan mati.

2. Aktifkan Notifikasi WA Pada Sistem Android

Penyebab tidak muncul nya bunyi chat WA kalian di smartphone android kemungkinan besar di sebab kan oleh pengaturan notifikasi Whatsapp pada sistem android hp kalian dalam keadaan aktif. Ketika ini terjadi maka notifikasi WA pada hp kamu tidak akan keluar meski pun notifikasi pada pengaturan aplikasi WA kamu telah aktif seperti pada cara yang pertama di atas tadi.

Langsung saja ikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Langkah awal yaitu membuka Setelan pada hp kamu. Lalu pilih lah opsi menu Notifikasi & Bar Status, kemudian di lanjut kan dengan melakukan klik pada opsi Notifikasi Aplikasi.
  • Sesampai nya pada halaman Notifikasi Aplikasi, silahkan pilih dan cari aplikasi Whatsapp. Dan di halan berikut nya pastikan kalau pilihan Tampil Notifikasi / Show Notification dalam posisi aktif.

Untuk di beberapa merk lain nya selain smartphone Xiaomi, kamu juga bisa mengaktifkan nya melalui cara ini :

  • Bukak Pengaturan > pilih Setelah Tambahan > pilih juga Manajemen Aplikasi > kemudian klik Semua > cari aplikasi Whatsapp > di lanjut kan dengan melakukan klik Kelola Pemberitahuan.

3. Pastikan Penggunaan Background Tidak Di Batasi

Seperti yang sudah saya katakan sebelum nya bahwa aplikasi Whatsapp ini sendiri akan bisa bekerja apabila sudah terhubung dengan koneksi internet. Salah satu faktor yang menyebabkan layanan nya tidak mempunyai akses internet yaitu di sebab kan karena data yang berjalan pada latar belakang aplikasi tersebut di batasi. Dengan melakukan pembatasan data pada background smartphone ini sendiri memang akan membuat kalian bisa lebih menghemat data pemakaian aplikasi yang menjadi lebih optimal, akan tetapi juga dampak buruk nya yaitu ia akan bisa membatasi kinerja beberapa aplikasi yang membutuhkan akses internet di setiap waktu, termasuk juga Whatsapp.

Pastikan Penggunaan Background Tidak Di Batasi

Langsung saja ikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Buka menu Pengaturan pada smartphone Xiaomi kamu, kemudian klik opsi menu Apps.
  • Setelah masuk ke dalam menu Apps, maka cari lah aplikasi bernama Whatsapp, jika sudah lalu buka opsi Data Usage.
  • Pada menu Data Usage ini pastikan bahwa opsi Background Data Aktif.

4. Keluar Dari Semua Layanan Whatsapp Web

Jika kamu mengaktifkan layanan whatsapp web, maka notifikasi akan muncul terlebih dulu ke layanan tersebut. Yang mana artinya akan memunculkan keterlambatan notifikasi pada aplikasi WA di hp kamu, sehingga hal tersebut juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab notifikasi WA tidak bunyi pada perangkat smartphone anda. Oleh sebab itu lah anda juga bisa mencoba mengatasi masalah notifikasi tidak berbunyi tersebut dengan cara mengelurkan semua perangkat dari layanan Whatsapp Web.

Keluar Dari Semua Layanan Whatsapp Web

Langsung saja ikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Untuk bisa mengeluarkan akses WA Web maka hal yang pertama harus kamu lakukan yaitu membuka aplikasi Whatsapp, lalu pilih menu yang berbentuk Titik Tiga di sudut kanan atas.
  • Lalu pilih opsi Whatsapp Web, dan klik pilihan Log Out From All Computers.

5. Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Selain masalah layanan web tadi, permasalahan lain yang bisa mengakibatkan notif WA tidak berbunyi yaitu menyangkut perihal preferensi dari aplikasi. Yang mana pasti nya setiap aplikasi yang terinstal ke dalam HP akan meminta gak akses dan juga meminta pengaturan tertentu pada sistem android. Jadi, kalau preferensi yang di gunakan berbeda – beda sesuai kebutuhan aplikasi tersebut, maka tentu aplikasi tersebut tidak bisa bekerja dengan full time atau baik di dalam perangkat android. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi WA dalam menjalankan setiap fitur nya dan juga termasuk untuk menampilkan notifikasi.

Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Langsung saja ikuti langkah – langkah nya berikut ini :

  • Agar bisa mengembalikan preferensi ke pengaturan awal kalian perlu membuka menu Settings pada smartphone android anda.
  • Jika sudah maka klik opsi Apps, dan lanjut klik menu di sudut kanan atas, dan klik Reset App Preferences. Untuk lebih jelas nya kamu bisa melihat penjelasan pada gambar di atas.

6. Memuat Ulang Smartphone

Memuat Ulang Smartphone

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah melakukan restart terhadap hp, yang mana cara ini sudah umum di gunakan jika ada permasalahan yang timbul pada perangkat smartphone. Memuat ulang sistem android memang sering kali bisa menjadi solusi yang terbaik dan cukup berhasil. Solusi ini juga berlaku pada aplikasi yang bermasalah seperti Whatsapp yang tidak menampilkan notifikasi. Karena memuat ulang sistem bisa menyegarkan kembali sistem perangkat android kita atau pun juga dapat menyegarkan aplikasi yang ada pada hp. Selain itu juga aplikasi akan kembali ke preferensi awal atau default untuk menjalankan aplikasi dari kondisi semula.

Penutup

Baiklah cukup sekian dari saya kali ini, lakukan lah setiap cara yang sudah saya rangkum di atas dengan teliti agar bisa mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa untuk share artikel ini, mudah kok, cukup pilih salah satu opsi share yang mana bisa kamu sesuaikan dengan sosial media yang kamu miliki di bawah ini.